0 Komentar
Apa Perbedaan Freon AC R32, R410a & R22 Lebih Dingin Yang Mana

Industri AC mengalami perubahan signifikan saat di tahun 2014 ketika pemerintah mengeluarkan aturan yang menghapuskan penggunaan R22 karena dipercaya ikut andil dalam merusak ozon di bumi ini. Sehingga sebagai gantinya harus menggunakan freon yang lebih ramah lingkungan yaitu R32 dan R410a.

Namun tidak perlu khawatir untuk anda yang masih menggunakan AC dengan freon R22 karena suku cadang untuk keperluan AC tersebut masih diperbolehkan sampai tahun 2030, hanya saja AC produksi yang baru tidak diperbolehkan lagi diproduksi dengan freon R22. Maka itu sekarang ini jika anda membeli unit AC baru dapat dipastikan jenis freonnya hanya 2 yaitu R32 atau R410a

Perbedaan Cooling Index

Berikut adalah data cooling index (Indeks pendinginan suatu freon) dimana semakin tinggi, berarti semakin baik kinerja sebuah freon dalam mendinginkan AC :

  • R22 : Cooling Index 100
  • R410a : Cooling Index 92
  • R32 : Cooling Index 160

Berdasarkan data diatas, maka R32 memiliki kinerja paling baik dengan indeks pendinginan yang lebih tinggi, namun tidak perlu khawatir memilih AC yang R410a, karena pada dasarnya sama saja, jika unit AC tersebut menggunakan R410a yang memiliki cooling index lebih rendah, maka pihak pabrikan akan menyesuaikan dengan memberikan isi freon yang lebih banyak sehingga kapasitas BTU/h yang dihasilkan tetap sesuai dengan spesifikasi AC berapa PK pun itu.

Perbedaan Tekanan Freon

Berikut adalah data tekanan masing" freon, semakin tinggi berarti dibutuhkan pipa yang lebih tebal agar pipa tidak bocor karena tekanan yang lebih tinggi :

  • R22 : 80 psi
  • R410a : 140 psi
  • R32 : 140 psi

Dengan tekanan yang lebih tinggi pada R410a dan R32, maka itu tidak disarankan menggunakan pipa tipis dibawah 0.55mm, seperti yang dulu digunakan pada AC freon R22 karena rentan bocor pada pipa. 

Pabrikan sendiri memberikan standard ketebalan pipa minimal adalah 0.6mm, untuk itu Selka menyediakan pipa kualitas Premium untuk menyanggupi kebutuhan standard minimal ini menggunakan merk Tateyama.

Selka masih menyediakan pipa dengan ketebalan 0.55mm, karena banyak yang juga berminat installasi dengan harga yang lebih ekonomis, namun kami memastikan penggunaan pipa 0.55mm ini masih aman, dan jangan sekali sekali mencoba menggunakan pipa yang lebih tipis dari 0.55mm.

Selain itu menggunakan freon R32 atau R410a wajib divakum, karena oli yang digunakan adalah oli sintesis, yang sangat terpengaruh oleh udara dan debu. Bisa dikatakan jenis oli ini lebih sensitif dibandingkan oli mineral yang digunakan oleh R22.

 

Diskusi & Pertanyaan (0)