36 Komentar
Kenapa Pasang AC Sebaiknya Harus Divakum ?

Apa itu Vakum ?

Seperti arti vakum pada umumnya, mungkin anda sudah lebih familiar dengan benda vacuum cleaner ? atau penyedot debu. Walaupun bentuk mesin nya berbeda, Vakum AC juga memiliki fungsi yang cukup mirip yaitu untuk melakukan penyedotan pada pipa sehingga pipa AC tersebut bebas dari uap air.

Pipa AC yang tidak kering karena belum divakum, maka banyak terdapat uap air yang dapat mengganggu proses pendinginan. Dengan mesin vakum, dilakukan pemvakuman dan pipa AC menjadi kering dan bersih dari uap air.

Pipa AC yang lembab ini juga akan membuat kompressor dan evaporator lama" mudah berkarat karena uap air yang tertinggal dan lama kemudian akan tersebar ke seluruh sistem pendingan.

AC Jaman Dulu Kok Tidak Perlu Divakum ?

Beda dengan AC jaman dulu, AC jaman sekarang memiliki 1 perbedaan penting yaitu jenis Freon. AC jaman sekarang menggunakan Freon yang lebih sensitif terhadap uap air, yaitu freon jenis R32 dan R410a.

Lebih sensitif artinya, freon jenis ini menggunakan jenis oli yang dapat membuat uap air bereaksi menjadi jelly dan lumpur. Anda bisa bayangkan dalam beberapa waktu pemakaian, karena uap air yang terus mengendap bercampur dengan oli maka menjadi jelly dan lumpur yang melekat pada bagian dalam pipa, sehingga kemudian mengganggu proses kerja sistem pendinginan pada AC.

Kalau Tidak Punya Mesin Vakum Bagaimana ?

Ada cara alternatif menggunakan air purging atau digenjos menggunakan freon yang sudah ada didalam outdoor. Ini adalah teknik yang sudah lama digunakan, namun memiliki dua kelemahan.

Kelemahan air purging yang pertama, jika estimasi tidak tepat, maka bisa jadi freon yang terbuang terlalu banyak dari unit outdoor, sehingga perlu diisi kembali atau AC menjadi tidak dingin. Lalu kelemahan yang kedua adalah, proses ini tidak sebaik proses pemvakuman AC, sehingga masih akan ada uap air yang tertinggal sebagian.

Diskusi & Pertanyaan (36)
Informasi yang kamu berikan kami jamin keamanan & kerahasiaannya. Kami akan menggunakan saluran email hanya untuk keperluan komunikasi.
Merry
15 December 2023
Mohon dibantu, apakah setelah cuci besar dikarenakan berlendir dan air menetes di indoor. Harus tetap melakukan Vacum/ Flushing dan diisi Freon baru dan isi oli? Makasih
Official Admin
Selka.id - Dahlia
15 December 2023
hai ka ^^ mohon maaf ka, saat ini kami belum tersedia jasa cuci ac besar ya
Elang
12 December 2023
Apakah abis divakum harus isi freon??
Official Admin
Selka.id - Padila
12 December 2023
Hai kak, jika pembelian Ac baru setelah di vakum tidak perlu isi freon kak, karna biasanya Ac baru freonya sudah tersedia ^^
Ifan
27 November 2023
Sore kak, mohon dibantu info. Saya beli ac bekas yang masih pakai freon R22, baru akan saya pasang. Unit indoor dan outdoor nya lama, tapi saya beli pipa ac baru. Apa ac tersebut perlu saya vakum dan flushing, sebelum saya pasang ? Atau cukup vakum saja ? Mengingat pipa ac nya saya beli baru. Mohon dibantu info nya ya kak. Salam sukses selalu. Terima kasih.
Official Admin
Selka.id - Dahlia
27 November 2023
hai ka ^^ untuk penggunaan pipa ac baru tidak perlu di flushing lagi ya ka, kaka cukup vakum ac nya saja untuk memastikan sistem benar-benar bersih dan steril dari uap air dan udara sehingga tidak ada yang tercampur agar AC terasa dingin
Show All Comments
Pusat Panduan AC Terlengkap #1