Syarat & Ketentuan Selka.id

Terima kasih telah mengunjungi situs kami di Selka.id. Sebelum melakukan transaksi melalui situs kami, Selka.id, kami senantiasa mensyaratkan setiap Pelanggan untuk terlebih dahulu membaca dan memahami Syarat & Ketentuan ini secara menyeluruh dan seksama. Transaksi dan penggunaan situs ini sepenuhnya mengikuti aturan yang disebutkan dalam Syarat & Ketentuan ini. Dengan menggunakan layanan situs serta melakukan transaksi pemesanan dan pembelian melalui situs kami, berarti Pelanggan sudah menyetujui Syarat & Ketentuan sebagaimana diatur di bawah ini dan memahami serta menerima konsekuensi-konsekuensi yang mungkin dapat terjadi akibat transaksi pemesanan dan pembelian Pelanggan.

Perlindungan atas penggunaan kata sandi (password) dan area keanggotaan (member) hanya berlaku bagi Pelanggan yang telah mendaftar keanggotaan serta disetujui oleh kami melalui situs ini. Pemakaian, penggunaan atau perolehan akses tanpa ijin atau menggunakan area keanggotaan dengan cara tidak sah, baik untuk memperoleh informasi yang bukan milik Pelanggan ataupun untuk melakukan transaksi pemesanan dan pembelian merupakan suatu pelanggaran hukum yang diancam berdasarkan peraturan-perundang-undangan.

1. Penggunaan Layanan

  1. Pelanggan setuju untuk mematuhi setiap syarat dan ketentuan yang berlaku untuk situs ini. setiap ketentuan, kebijakan penggunaan atau akses ke situs dapat berubah sewaktu-waktu berdasarkan kewenangan penuh kami dan Pelanggan dianggap telah memahami dan wajib mematuhi serta tunduk atas setiap perubahan dimaksud.
  2. Pelanggan setuju untuk tidak memberikan informasi yang salah, atau secara tidak berwenang mengatasnamakan atau menggunakan data orang lain mengirimkan atau mempublikasikan materi terlarang, mengupload software yang mengandung virus atau bentuk lain yang dapat mengganggu atau merusak atau setidaknya dapat membuat penggunaan situs menjadi terganggu, dan menggunakan layanan secara tidak sah atau tidak mengikuti aturan yang ada.
  3. Dalam hal Pelanggan terdaftar dalam keanggotaan (member), selain tunduk pada layanan keanggotaan, Pelanggan juga diwajibkan untuk tunduk kepada kebijakan privasi yang telah dibuat untuk situs Selka.id.
  4. Kami berwenang penuh, tanpa pemberitahuan terlebih dahulu, untuk menghentikan layanan baik yang bersifat sementara ataupun tetap, menghentikan pengadaan, menghapus produk, melakukan perubahan atas setiap informasi yang tertera di dalam situs termasuk namun tidak terbatas pada, produk, spesifikasi atau harga, serta melakukan tindakan pencegahan dalam bentuk apapun atas akses Pelanggan ke layanan tertentu pada situs Selka.id.

2. Ketentuan Berbelanja - Pemesanan

  1. Sebelum melakukan pemesanan, pelanggan wajib untuk dengan seksama membaca informasi mengenai produk yang akan dipesan. Namun demikian, informasi mengenai produk yang disediakan oleh Selka.id hanya merupakan upaya Selka.id untuk memberikan gambaran yang akurat dari produk. Kami tidak menjamin bahwa deskripsi atas produk tersebut akurat, terkini atau bebas dari segala kesalahan.
  2. Pemesanan hanya dapat dilakukan melalui sistem dan mekanisme yang tersedia pada situs Selka.id.
  3. Dalam melakukan pemesanan, pelanggan wajib memberikan informasi yang benar dan akurat berkaitan dengan data diri, alamat pengiriman, dan informasi lainnya yang disyaratkan oleh sistem kami.
  4. Pelanggan wajib membaca ringkasan pemesanan yang disampaikan oleh sistem kami untuk memverifikasi kebenaran informasi serta produk yang telah dipesan. Segala kesalahan pemesanan setelah pelanggan melakukan validasi dan pembayaran kepada kami bukan merupakan tanggung jawab kami.
  5. Pemesanan yang membutuhkan faktur pajak harus langsung menginput kelengkapan NPWP beserta nama PT melalui website atau menginfokan kepada layanan pelanggan paling lambat 5 hari dari tanggal pemesanan.
  6. Pemesanan yang dalam 5 hari tidak dimintakan faktur pajak atau tidak memberikan informasi NPWP secara lengkap maka secara otomatis dilaporkan sebagai pajak perorangan dan tidak dapat diterbitkan faktur pajak.
  7. Apabila terdapat kesalahan pada informasi NPWP yang diberikan dan faktur pajak sudah dilaporkan, maka faktur pajak tidak dapat dibatalkan.

3. Ketentuan Berbelanja - Pembayaran

  1. Pelanggan hanya dapat membayar produk melalui salah satu sistem pembayaran yang telah disediakan oleh Selka.id. Kecuali disetujui oleh kami, dalam hal pembayaran dilakukan melalui mekanisme lain yang bukan merupakan sistem pembayaran yang telah disediakan oleh Selka.id, maka kami berhak untuk tidak memproses pengiriman produk yang dipesan.
  2. Hanya ketika Kami setujui, pembayaran melalui sistem cash on delivery dapat dilakukan terhadap pembelian Produk dengan total nominal pembelian maksimal sebesar Rp. 5.000.000,-
  3. Biaya pelaksanaan pembayaran termasuk biaya administrasi bank sepenuhnya menjadi tanggung jawab dari pelanggan, dan oleh karenanya pembayaran kami anggap telah sepenuhnya dilakukan apabila jumlah pembayaran yang disampaikan kepada kami adalah sama dengan harga Produk tanpa adanya pemotongan apapun baik yang dilakukan oleh Pelanggan maupun Bank.
  4. Kami tidak bertanggung jawab atas kegagalan pembayaran yang disebabkan oleh kegagalan sistem bank.
  5. Pembayaran dengan menggunakan voucher hanya dapat dilakukan dengan menggunakan yang dikeluarkan secara resmi oleh kami dan masih berlaku.
  6. Pembayaran dengan menggunakan voucher akan mengikuti ketentuan penggunaan sebagaimana telah diterangkan sebelumnya pada situs kami, ketentuan sebagaimana tertera dalam voucher, atau melalui email yang dikirimkan kepada Pelanggan.

4. Ketentuan Berbelanja - Pengiriman

  1. Kecuali disebabkan oleh hal-hal sebagaimana diatur dalam ketentuan pembatalan Syarat & Ketentuan ini, pengiriman hanya akan dilakukan apabila pelanggan telah melakukan validasi dan pembayaran, serta dan pembayaran telah kami terima dengan baik.
  2. Pengiriman produk akan ke alamat yang sudah ditentukan dalam pesanan pelanggan dalam informasi pemesanan atau alamat lain yang disepakati sebelumnya pada saat konfirmasi pemesanan dan pengiriman.
  3. Biaya pengiriman dapat berubah sesuai dengan alamat pengiriman sebagaimana disampaikan oleh Pelanggan melalui situs kami. Kami berhak merubah biaya pengiriman atau menambahkan biaya pengiriman dalam kondisi tertentu yang kami sampaikan sebelum pengiriman.
  4. Kami akan memberikan upaya terbaik untuk mengirimkan produk yang dipesan sesuai dengan estimasi waktu pengiriman sebagaimana tertera dalam situs kami. Namun demikian, Pelanggan dengan ini mengakui bahwa estimasi waktu pengiriman bergantung sepenuhnya pada ketersediaan produk. Oleh karena itu, kami berhak untuk mengubah estimasi waktu pengiriman apabila tidak terdapat ketersediaan produk, yang mana hal tersebut akan diberitahukan sebelum pengiriman dilakukan.
  5. Pelanggan mengakui dan menyadari bahwa dalam hal terjadinya force majeure ataupun hal-hal yang diluar kendali kami. Pelanggan dan kami akan berdiskusi antara lain metode, dan estimasi waktu pengiriman agar pengiriman dapat tetap terlaksana.
  6. Permintaan faktur pajak atas pembelian Produk hanya dapat dilakukan dengan mengajukan permintaan pada saat pemesanan atau selambat-lambatnya sebelum dilaksanakannya pengiriman sebagaimana telah dijadwalkan. Kami berhak untuk menolak permintaan faktur pajak apabila permintaan tersebut dilakukan setelah produk sudah terkirim.
  7. Pelanggan setuju untuk melakukan pemeriksaan barang dan material yang dikirimkan. Dalam hal serah terima diwakilkan ke pihak lain seperti anggota keluarga, pegawai, ataupun pihak lainnya, maka pelanggan memastikan agar pihak yang menerima melakukan pengecekan sebelum pihak pengirim meninggalkan lokasi. Kami tidak bertanggung jawab atas kekurangan kelengkapan barang apabila pihak pengirim sudah meninggalkan lokasi.
  8. Apabila pelanggan ingin melakukan penundaan pengiriman atau pemasangan produk, kami akan mengikuti sesuai permintaan dari pelanggan selama tidak melebihi batas waktu penundaan. Batas waktu penundaan pengiriman adalah 7 hari sejak tanggal order, batas waktu penundaan pemasangan adalah 14 hari sejak tanggal order.
  9. Jika melebihi batas waktu penundaan, maka kami memberikan opsi untuk melakukan refund uang pelanggan. Pelanggan akan dihubungi untuk kebutuhan informasi nomor rekening untuk melakukan refund.
  10. Untuk pelanggan yang membeli unit AC dengan harga subsidi paket pemasangan disediakan dua opsi. (1) Opsi pertama barang & material AC tetap dibeli oleh pelanggan dan hanya jasa pasangnya saja yang direfund, harga material yang sebelumnya sepaket dihitung kembali menggunakan harga rincian material ditambah 150rb (subsidi paket). (2) atau Opsi kedua pelanggan mengembalikan barang & material AC full ke toko fisik kami dan kami akan melakukan refund full setelah barang dikembalikan.
  11. Apabila dalam waktu 1 bulan sejak tanggal order nomor rekening pelanggan belum juga diberikan maka order dianggap batal dengan sendirinya dan pembayaran dianggap hangus.

5. Penukaran Produk dan Pembatalan Pemesanan Produk

  1. Penukaran Produk Oleh Pelanggan
    1. Dalam hal: (i) Produk yang Pelanggan terima pada saat penerimaan pengiriman di alamat pengiriman adalah secara fisik berbeda dari Produk seperti yang dijelaskan dalam situs dan pemesanan yang telah divalidasi oleh Pelanggan; dan/atau (ii) Produk yang telah diterima oleh Pelanggan tidak dapat berfungsi dengan baik atau cacat produk Pelanggan berhak melakukan penukaran produk dengan biaya pengiriman kembali yang ditanggung oleh kami dengan tunduk pada estimasi waktu pengiriman yang baru, namun dengan ketentuan: (a) permohonan penukaran maksimal 7 (tujuh) hari setelah penerimaan Produk yang dibuktikan dengan tanda terima penerimaan Produk disertai dengan alasan penukaran; (b) masih terdapat kemasan dus kondisi yang layak seperti kondisi awal , buku petunjuk, kartu garansi atau dokumen atau perlengkapan lainnya yang sama dengan pengiriman; dan (c) tidak terdapat cacat fisik maupun cacat fungsi pada Produk yang dikembalikan selain dari yang telah diungkapkan dalam permohonan penukaran dan berita acara serah terima Produk.
    2. Dalam hal salah satu dari ketiga syarat sebagaimana disebutkan pada point (i) di atas tidak terpenuhi, Kami berhak untuk tidak memproses penukaran dan/atau pengembalian uang Anda. Dalam hal demikian, maka Anda tetap dipersilahkan untuk memiliki Produk yang dikembalikan tersebut dengan ketentuan bahwa biaya pengiriman ke tempat Anda akan sepenuhnya ditanggung oleh Anda.
  2. Pembatalan Oleh Selka.id
    1. Kami berhak, atas pertimbangan kami sendiri, untuk (a) membatalkan pemesanan yang dilakukan oleh Pelanggan; atau (b) menawarkan pemesanan ulang, yang akan diberitahukan pada saat konfirmasi pemesanan dan pengiriman kepada Pelanggan, dalam hal terjadi (a) kesalahan pencantuman harga produk pada situs; (b) ketidaktersediaan Produk; atau (c) terdapat permintaan penukaran Produk dari Pelanggan.
    2. Dalam hal kami menentukan opsi pembatalan, maka uang pembayaran pesanan yang telah kami terima akan dikembalikan kepada Pelanggan dalam jumlah yang sama dengan yang jumlah pembayaran yang telah dibayarkan, atas biaya kami sendiri.
    3. Kami berhak melakukan pembatalan pemesanan dan pengiriman, termasuk menghentikan pengiriman produk yang telah berjalan, dalam kondisi dan alasan apapun termasuk namun tidak terbatas pada ketidakjelasan atau ketidakakuratan alamat atau lokasi pengiriman, dan Pelanggan tidak dapat dihubungi dan/atau memberikan konfirmasi terkait alamat atau lokasi pengiriman. Pengembalian uang pembayaran sebagaimana diatur ketentuan di atas akan diberlakukan terhadap pembatalan dalam ketentuan ini.
  3. Pembatalan Oleh Pelanggan
    1. Hak bagi pelanggan untuk melakukan pembatalan hanya berlaku sebelum konfirmasi pemesanan dan pengiriman.
    2. Pelanggan dapat membatalkan pemesanan dengan memberitahukan kami via email ataupun layanan pelanggan. Pengembalian uang pembayaran sebagaimana diatur ketentuan di atas akan diberlakukan terhadap pembatalan dalam ketentuan ini.
  4. Umum
    1. Pengembalian dana pembayaran akan dilakukan melalui transfer bank ditujukan ke rekening pembayaran asal, dengan syarat rincian rekening bank yang diberikan kepada kami sudah lengkap dan akurat.
    2. Kami tidak memberikan jaminan apapun terkait waktu masuknya pengembalian dana ke rekening Pelanggan karena proses pengembalian tersebut akan diserahkan kepada bank terkait setelah kami mengirimkan bukti transfer pengembalian uang pembayaran kepada Pelanggan.
    3. Pengembalian dana untuk transaksi menggunakan kartu kredit akan kami sampaikan kepada pihak Bank terkait, pengembalian dana sepenuhnya akan menjadi tanggung jawab pihak bank.
    4. Semua biaya yang dikenakan oleh bank terkait pengembalian dana tersebut akan ditanggung oleh kami.
    5. Para Pihak sepakat untuk mengesampingkan Pasal 1266 KUH Perdata Indonesia sehingga pemutusan kesepakatan pembelian sepanjang memerlukan persetujuan atau keputusan pengadilan atau lembaga lain di dalam wilayah Republik Indonesia.

6. Penyelesaian Perselisihan

  1. Dalam hal ditemukan kerusakan berikut : bocor air, terdapat bunyi pada produk diluar batas wajar, produk AC tidak dapat menyala, indikator kode error pada produk menyala dan masih dalam masa garansi 30 hari instalasi, maka kami akan menjadwalkan kunjungan ulang untuk memperbaiki masalah pelanggan.
  2. Dalam hal ditemukan kerusakan berikut : kerusakan atau kecacatan pada material pipa, bracket, kabel & pipa drain yang terjadi pada saat proses instalasi dan masih dalam masa garansi 30 hari instalasi, maka kami akan menjadwalkan kunjungan kembali dan mengganti material yang rusak selama material dan jasa instalasi dibeli melalui kami dan tidak ada campur tangan pihak teknisi atau tukang lain.
  3. Apabila ditemukan bahwa proses instalasi menggunakan teknisi atau tukang lain diluar teknisi yang bekerjasama dengan kami, maka kami berhak untuk tidak melakukan penggantian material atau produk yang bermasalah.
  4. Para Pihak sepakat bahwa transaksi pemesanan dan pembelian melalui situs kami diinterpretasikan berdasarkan hukum Negara Republik Indonesia. Setiap perselisihan atas sengketa yang timbul dari transaksi akan diselesaikan secara kekeluargaan untuk kepentingan dan keuntungan kedua belah pihak.