9 Komentar
Apakah Boleh Menggunakan Pipa AC Bekas atau Unit AC Bekas ?

Menggunakan Pipa AC Bekas Boleh ?

Harga pipa kan lumayan mahal yah, apalagi kalau kebutuhannya lumayan panjang sampe belasan meter karena penempatan outdoornya misalnya harus di dak sehingga pipa bisa sampai belasan bahkan puluhan meter, dan kita mungkin merasa sayang jika harus diganti dengan pipa baru.

Banyak orang juga karena rumahnya sudah didesain interior dengan rapih, sehingga pipa AC sudah tertanam dan rasanya kalau dibobok lagi bakal ribet karena harus bongkar tembok ulang. Atau bisa juga anda tinggal di apartemen yang jalur pipanya sudah disediakan dari developer.

Alasan - alasan di atas biasanya menjadi pertimbangan bagi banyak orang dalam menggunakan pipa AC bekas daripada mengganti untuk menggunakan pipa yang baru, jika anda berminat untuk menggunakan pipa AC bekas, maka sebaiknya anda melakukan prosedur yang tepat dengan melakukan checking serta melakukan flushing dan vakum.

Mengecek Pipa Layak Pakai

Pastikan pipa anda harus memenuhi beberapa kriteria berikut agar masih layak pakai

  • Tidak ada yang penyok karena tidak lama lagi akan menyebabkan bocor
  • Tidak ada yang bocor / berlubang karena freon bisa terbuang
  • Umur Pipa tidak lebih dari 10 tahun, Umur pipa yang terlalu tua menyebabkan pipa korosi dan rapuh

Jika kedua kriteria diatas bisa terpenuhi, maka kita dapat melakukan pembersihan menggunakan flushing dan vakum

Pembersihan Pipa Bekas

Pipa yang lama akan sudah terkontaminasi oleh oli dari AC yang lama, maka itu kita membersihkan dulu oli yang lama menggunakan proses flushing. Proses flushing bisa diibaratkan ketika anda menekan tombol flush di toilet. Maka akan mengalir air yang begitu deras untuk menyapu segala kotoran yang ada.

Proses flushing pada AC menggunakan zat seperti freon atau nitrogen, yang dialirkan ke pipa AC bekas, supaya segala macam kotoran, debu, kerikil, dan oli keluar dari pipa tersebut.

Jangan lupa setelah proses flushing, kita harus melakukan proses vakum AC. Lebih detail mengenai proses vakum AC dijelaskan pada artikel terpisah. Secara singkat bisa diibaratkan proses vakum ini adalah proses pengeringan setelah diflushing.

AC Bekas Boleh Untuk Dipasang di Tempat Lain ?

Semisalnya ada AC anda yang masih bagus, tapi anda hanya ingin pindahkan ke lokasi lain, bisa menggunakan pipa baru atau menggunakan pipa bekas yang sudah ada harus melalui prosedur yang sama dengan penggunaan pipa bekas. 

Artinya kita harus melakukan pengecekan kondisi pipa seperti yang ada di atas, lalu kita melakukan pembersihan pipa dan AC tersebut menggunakan proses flushing dan vakum.

Diskusi & Pertanyaan (9)
Informasi yang kamu berikan kami jamin keamanan & kerahasiaannya. Kami akan menggunakan saluran email hanya untuk keperluan komunikasi.
Grace
09 April 2021
AC saya suka tiba2 lampu timer nya berkedip-kedip, kenapa ya? Padahal saya tidak menyalakan timer nya.
Official Admin
Selka.id - ita
09 April 2021
klo itu coba kaka lporkan ke cs brandnya sja ka utk dilakukan pengecekan, siapa tau ada yg eror atau apa gtu ka
Egi
20 March 2021
Hallo admin Hanya sekedar ingin tahu, sy kan baru beli AC nah baru 3 minggu pemakaian AC tsb sudah tidak dingin, jadi sy panggil lah teknisi melalui aplikasi jasa service AC. Setelah di cek ternyata freon habis. Dan di lakukan pengisian freon. Tapi baru 25 hari setelah pengisian freon tsbt AC sudah tidak dingin lagi. Dan sy kembali menanyakan pada teknisi itu kembali. Setelah di cek ternyata freon nya kurang lagi dan di info sama si teknisi ini ada kebocoran tapi tidak tau kebocoran nya di pipa
Official Admin
Selka.id - ita
22 March 2021
Hai Ka Egi
Official Admin
Selka.id - ita
22 March 2021
Utk kendala kaka sprtinya memng ada kbocoran di pipa ka, krn freon tdk akan hbis jika tdk ada kbocoran, dan sprtinya itu bcornya halus ya ka, jdi perluganti pipa sprtinya ka, dan saat pemasangn memngnya tdk di cek dlu ka pipanya? dan ini kaka pasangnya pkai pipa lama?
aldi
26 November 2020
halo admin, mau nanya kalo pipa dengan ketebalan 0,6 untuk freon r22 tidak bisa dipakai di ac freon r32 ?
Official Admin
Selka.id - desmi
27 November 2020
kalo pipa masih layak maka bisa aja kak, cuma harus di lakukan kuras isi pipa sampai steril dulu kak gak bisa langsung pasang ya, soalnya freon yang beda gak bisa di gabung ya kak
Show All Comments
Pusat Panduan AC Terlengkap #1