144 Komentar
Perbedaan Ketebalan Pipa AC & Merk Yang Paling Bagus

Apa itu Ketebalan Pipa ?

Pipa pada AC adalah seperti pembuluh darah pada manusia, berfungsi mengalirkan darah yang menjadi nyawa bagi tubuh manusia. Pada AC darah ini adalah freon, zat yang berfungsi mendinginkan sebuah ruangan. Ketebalan pipa memastikan aliran freon ini aman tidak terjadi kebocoran, menggunakan pipa yang lebih tebal mengurangi risiko kebocoran pada pipa.

Ketika pipa bocor sehingga freon terbuang, yang awalnya terjadi adalah AC mulai tidak dingin, lalu jika kebocoran terus menerus terjadi maka bisa timbul bunga es pada pipa sampai freon yang ada di AC tersebut habis. 

Kenapa Pipa Tipis lebih berisiko Bocor ?

Nah ada dua penyebab utama kebocoran pipa saat installasi, yang pertama adalah flaringan pipa retak, Flaring itu adalah proses penyambungan ujung pipa ke indoor dan outdoor, ibaratnya sendi yang menghubungkan kedua tulang kita. Jika flaringnya retak, maka sambungan itu gagal dan terjadi rongga yang membuat freon bocor. Kenapa flaring bisa retak? karena pipanya terlalu tipis.

Penyebab kedua terjadi karena adanya pembengkokan pipa saat menemui jalur yang berliku, melewati rintangan. Pipa AC yang terlalu tipis, itu gampang sekali patah, salah bengkokan sedikit langsung penyok, menyebabkan ada lobang tipis yang membuat freon keluar.

Informasi yang lengkap mengenai pipa, dan ketersediaan jenis pipa yang bervariasi biasanya hanya bisa didapatkan jika kamu membeli AC di toko elektronik spesialis AC seperti di selka.id

Pipa AC Artic

Termasuk Pipa AC yang sangat populer di pasaran karena harganya yang sangat kompetitif dan kualitas yang cukup baik. Brand ini adalah brand lokal yang Tersedia dalam berbagai varian ketebalan mulai dari 0.4mm - 0.5mm, untuk di Selka.id kami memilih untuk menggunakan yang 0.5mm sebagai ketebalan BASIC. Tersedia dalam berbagai macam ukuran mulai dari 0,5 PK sampai 6 PK.

Pipa AC Tateyama

Masih dipasarkan oleh satu group dengan yang membuat pipa Artic, namun brand Tateyama lebih menyasar kepada market middle sehingga menawarkan produk yang lebih premium. Dengan ketebalan 0.6mm sehingga sudah standar JIS H-3300 Jepang, ketahanan pipa ini untuk penggunaan AC dengan Freon R410a maupun R32 sudah lebih terjamin dan lebih minim bocor. Variannya juga cukup lengkap dari ukuran 0,5 PK sampai 6 PK. Selka.id menggunakan pipa merk ini sebagai standar PREMIUM.

Pipa AC Hoda

Pipa yang cukup terkenal di pasaran ini memiliki standar ketebalan 0.6mm sudah standar JIS H-3300 Jepang sehingga kurang lebih sama dengan brand Pipa AC Tateyama. Ketahanan untuk penggunaan AC Modern saat ini juga cukup handal, minim bocor untuk AC dengan Freon R410a maupun R32. Juga dengan varian yang cukup lengkap. Bisa dibilang merk Hoda merupakan alternatif dari merk Tateyama jika kamu mencari merk yang level middle premium.

Pipa AC Daikin / DSP

Sebelumnya dipasarkan adalah Pipa AC Daikin dari Jepang dengan brand Daikin OK KIZAI, namun dikarenakan keterbatasan supply dari import, maka saat ini digantikan dengan DSP atau Daikin Singapore. Pipa DSP ini berketebalan 0.80mm sudah lolos standar ASTM-B280. Sudah pasti dengan kategori grade yang paling tinggi yaitu ELITE, maka kehandalannya sudah tidak perlu diragukan lagi. Variannya tersedia dari 0,5 PK sampai 2,5 PK.

Pipa untuk AC 1 PK itu 1/4 3/8 maksudnya bagaimana ya?

Pipa AC berbentuk berpasangan yang terdiri dari 2 pipa yang disatukan, yang 1 disebut pipa liquid (untuk mengalirkan freon dalam bentuk cair) dan yang satunya pipa gas (untuk mengalirkan freon dalam bentuk gas).

Pada pipa 1/4 3/8 mengartikan pasangan pipa AC tersebut adalah pipa liquid 1/4 inch dan pipa gas 3/8 inch yang bisa digunakan untuk AC sampai dengan 1 PK. Harap diperhatikan bahwa angka 1/4 3/8 tersebut bukanlah ketebalan pipa, namun merupakan sebuah ukuran diameter pipa. Untuk ketebalan pengukurannya berbeda menggunakan milimeter (mm).

Selka.id menyediakan 3 macam grade pipa dengan merk berbeda dengan ketebalan yang bervariasi lengkap untuk ukuran 1/4 3/8, 1/4 1/2, 1/4 5/8 ataupun ukuran pipa yang lebih besar. Spesifikasi pipa yang kami sediakan dapat anda lihat melalui tabel dibawah ini :

Ukuran Grade Merk Ketebalan Pipa
1/4 3/8 BASIC Artic 0.50mm | 0.50mm
PREMIUM Denpoo 0.60mm | 0.60mm
Tateyama 0.60mm | 0.60mm
ELITE Daikin 0.80mm | 0.80mm
Kembla 0.80mm | 0.80mm
1/4 1/2 BASIC Artic 0.57mm | 0.50mm
PREMIUM Denpoo 0.60mm | 0.60mm
Tateyama 0.60mm | 0.60mm
ELITE Daikin 0.80mm | 0.80mm
1/4 5/8 BASIC Artic 0.70mm | 0.50mm
PREMIUM Tateyama 0.84mm | 0.60mm
ELITE Daikin 0.90mm | 0.80mm

Untuk cara membaca ketebalan pipa biasanya yang digunakan sebagai patokan adalah pipa Gas atau pipa yang lebih besar ukurannya. Sehingga untuk ketebalan pipa 0.50 mm | 0.48 mm ini artinya ketebalan pipa gas 0.50 mm dan ketebalan pipa cair 0.48 mm. Umumnya semakin besar diameter pipa, maka semakin tebal pipa tersebut.

Apakah ukuran diatas akurat dan benar ?

Metode pengukuran kami adalah menggunakan alat khusus untuk mendeteksi ketebalan dengan tingkat akurasi 0.001 milimeter atau 1/1000 milimeter. Bentuk alatnya dapat anda lihat dibawah ini.

Kami melakukan pengecekan satu per satu untuk tiap merk pipa yang kami jual sebelum kami memberikan grade yang sesuai. Untuk itu kami memastikan bahwa kualitas pipa yang kami jual sesuai dengan grade yang sudah diberikan.

Kebocoran Freon pada pipa AC adalah sebuah mimpi buruk yang paling dihindari oleh pengguna AC. Kebocoran yang tipis pun lama kelamaan akan seperti penyakit kronis yang menggerogoti kinerja AC sampai akhirnya freon habis dan AC hanya keluar angin sepoi - sepoi saja. Belom lagi dengan biaya pengisian freon yang mahal menguras dompet. 

Cara untuk mencegah musibah diatas adalah dengan menggunakan merk pipa yang setebal mungkin, semakin tebal pipa tersebut maka semakin kemungkinan bocornya lebih sedikit. Walaupun kemungkinan bocor tetap saja ada, tidak bisa ada 100% hal yang pasti karena kondisi didalam bangunan bisa saja terjadi keretakan atau pergeseran yang dikarenakan oleh hal - hal yang bersifat alamiah. Namun setidaknya jika bisa mencegah maka lebih baik kita berusaha mencegah dulu.

Standard Ketebalan Pipa Yang Baik

Dari pabrik menyarankan untuk minimal ketebalan pipa adalah 0.6mm, atau jika di situs Selka berarti menggunakan grade kelas PREMIUM. Selka masih menyediakan pipa dengan ketebalan grade BASIC untuk pengguna yang ingin harga installasi yang lebih ekonomis. 

Sangat - sangat tidak disarankan jika anda melakukan pemasangan pipa dibawah ketebalan 0.50mm untuk pipa Gas dan dibawah 0.48mm untuk pipa Cair, dengan merk yang tidak jelas. Banyak terjadi pemasangan diluar toko resmi, atau freelance yang terkesan murah karena menggunakan merk pipa - pipa lokal yang tidak diketahui standard gradenya sehingga akhirnya terjadi kebocoran dan keluar biaya lebih banyak untuk melakukan pengisian freon.

Sebenarnya ada satu lagi yang perlu kita perhatikan selain ketebalan pipa, namun ini biasanya terjadi pada pipa - pipa yang tipis sih. Kalau pipa yang tebal biasanya tidak berani. Karena sifatnya mereka mengejar keuntungan dengan menjual pipa murah yang tembaganya dicampur dengan senyawa lainnya. Biasanya ini terlihat dari tembaga yang tidak murni dan terlihat ada bercak - bercak hitam. Lalu kerugiannya adalah pipa tembaga itu harusnya bisa tahan > 5 tahun bahkan 10 tahun dan tidak korosi. Sementara tembaga campuran mungkin < 5 tahun akan korosi dan rapuh.

Apa Itu JIS-H3300 C1220T & ASTM-B280

Ada 2 Grade sertifikasi pipa yang diakui secara internasional, yaitu grade dari jepang JIS-H3300 C1220T dan grade dari Amerika ASTM-B280. Pipa yang sudah lolos sertifikasi ini, artinya sudah aman digunakan. Secara sertifikasi ASTM-B280 memiliki standarisasi ketebalan yang lebih tinggi > 0.76mm, sedangkan JIS-H3300 ketebalannya > 0.6mm. Selengkapnya bisa lihat pada tabel dibawah 

Sertifikasi Ukuran Ketebalan Minimum
JIS-H3300 C1220T (Type M) 1/4 0.60mm
3/8 0.64mm
1/2 0.71mm
5/8 0.74mm
ASTM-B280 1/4 0.76mm
3/8 0.76mm
1/2 0.89mm
5/8 1.02mm

Sedikit memperjelas saja mengenai Standard dari Jepang JIS-H3300 C1220T, jika mengacu pada dokumen resmi yang diterbitkan Japanese Standard Association. Ada 3 tipe spesifikasi yaitu type K, type L & Type M. Namun disini kita mengambil yang type M karena ini yang disarankan untuk dijadikan standarisasi untuk penggunaan industri HVAC Residential.

Lalu perlu juga dipahami bahwa ada yang namanya toleransi pada ketebalan pipa. Jadi begini, jika dilihat pada beberapa merek misalnya Tateyama, Hoda, itu bisa dilihat pada kardusnya mencantumkan kode sertifikasi JIS-H3300 C1220T, meskipun secara ketebalan ada berbeda beberapa mm dari standarisasi resminya.

Karena jika mengacu pada dokumen yang diterbitkan JIS, ada toleransi yang diperbolehkan +- 0.10mm, dan semakin besar pipa tersebut, toleransinya juga akan semakin besar. 

Untuk grade pipa yang dijual Selka yang sudah bersertifikasi JIS adalah grade PREMIUM, sedangkan yang bersertifikasi ASTM-B280 adalah grade ELITE

Diskusi & Pertanyaan (144)
Informasi yang kamu berikan kami jamin keamanan & kerahasiaannya. Kami akan menggunakan saluran email hanya untuk keperluan komunikasi.
Said
25 July 2022
Hai Selka, saya mau tanya, diantara semua ac 2 PK, yang pipanya paling tebal merek apa ya?
Official Admin
Selka.id - laura
25 July 2022
Hai kak, jika kak mau kak bisa upgrade pipa ke elite ya kak, pipa elite kami ketebalan nya 0,8 mm kak =)
Niki
17 July 2022
Hai Selka, untuk AC Polytron PAC-05VZS tersedia gak?
Official Admin
Selka.id - laura
17 July 2022
Hai kak, untuk saat ini kami yang tersedia seri VH dan VZ kak =)
Lisa
15 July 2022
halo kak.. mau tanya ada rencana mau pasang AC Daikin 1/2 PK dengan Pipa AC Jundo, kabel extrana 2x1,5, braket, mcb powell SNI + Box. itu kira2 bagus gak ya?
Official Admin
Selka.id - Dian
15 July 2022
hai kak, untuk merk bagus atau tidaknya itu preferensi masing masing ya kak, namun di toko kami untuk merk-merk tersebut tidak tersedia ya kak^_^
Show All Comments
Pusat Panduan AC Terlengkap #1