40 Komentar
Ketahui Penyebab AC Bocor dan Cara Mengatasinya

Kalau tiba-tiba ada air menetes di indoor AC kamu, tenang gak usa panik, kebocoran adalah hal yang biasa, dan ini tidak akan merusak AC.

Komponen AC sudah didesain agar sirkulasi air bisa berjalan, dan sebagian besar komponennya water proof.

Kenapa water proof? karena kan kalau AC sudah kotor memang harus dicuci dengan air, maka itu sebenarnya bocor ini tidak perlu khawatir, tidak akan merusak AC.

Hanya saja, kalau bocor terus kan ganggu ya, belom lagi ngebasahin barang - barang yang di bawah. Nah untuk mengatasinya bisa dengan panggil tukang servis cuci untuk melakukan pengecekan, atau jika AC baru selesai dipasang, kamu panggil lagi aja tukangnya suru beresin kerjaannya.

Tapi kita baiknya tau juga yuk kenapa sih AC itu bisa bocor netes.

Outdoor AC Netes Air Itu Wajar

Peletakkan outdoor di bawahnya baiknya kosong jangan ada barang elektronik yang tidak tahan air, karena dalam beberapa kondisi outdoor itu bakal meneteskan air karena kondensasi.

Kondensasi ini bahasa sederhananya pengembunan, karena mirip seperti gelas air dingin yang berembun. Embun atau kondendasi ini muncul karena udara dingin dalam gelas atau pada komponen outdoor, menyebabkan udara di sekitar outdoor tersebut berubah menjadi cair yang menempel ke bagian outdoor seperti uap air yang menempel pada gelas yang dingin.

Proses perubahan dari udara dalam bentuk gas lalu kemudian menjadi uap air yang berbentuk cairan inilah yang disebut kondensasi atau pengembunan, sehingga menjadi tetesan air di outdoor.

Biasanya banyak customer panik ketika menemukan outdoornya netes-netes air, karena takut dipikirnya rusak. Namun kamu tidak perlu khawatir karena komponen pada outdoor ini juga tahan air.

Pada jenis AC juga bisa berbeda-beda antara satu dengan yang lain, jika komponen AC outdoor tersebut lebih dingin ada kemungkinan proses kondensasi akan lebih tinggi dan cairan yang menetes juga lebih banyak.

Outdoor biasanya dicuci servis langsung disemprot, tidak diturunkan atau dibongkar terlebih dahulu dan langsung disemprot dengan selang air, karena memang komponennya sudah didesain anti air.

Nah ini juga biasanya terjadi di outdoor karena panjang pipa yang minim seperti 3m, karena freonnya cukup penuh, maka itu dibawah 3m kami sangat tidak menyarankan.

Jadi tidak perlu khawatir jika terjadi netes pada outdoor, karena itu adalah hal yang wajar, dan AC itu normal tidak ada kerusakan sama sekali.

Apa Saja Penyebab Indoor AC Bocor Menetes ?

Ada beberapa hal yang mengakibatkan bocornya AC pada bagian indoor, diantaranya:

  • Terjadinya penyumbatan pada drain pembuangan indoor. Hal ini disebabkan karena saluran drain tersebut sudah terlalu kotor ataupun berlumut sehingga menyebabkan penyumbatan.
  • Saluran pipa drain kurang miring, terlalu rata, air kan mengalir dari atas ke bawah, nah karena ini rata, atau menanjak jadinya airnya mampet, karena udah penuh airnya jadi netes kebawah.
  • Karena freon bocor, sehingga timbul bunga es pada evaporator indoor, ketika es ini mencair akan menetes sehingga menjadi bocor air pada indoor.
  • Terjadinya kondensasi berlebihan karena jalur pipa yang tidak terbungkus oleh insulasi, atau insulasinya robek, ini bisa terjadi karena AC sudah terlalu lama sehingga insulasi menjadi robek atau rusak.
  • Terjadinya kerusakan pada evaporator.

Dalam kasus pipa drain atau pipa pembuangan air, ini solusinya masih cukup mudah, hanya tinggal menyetting ulang saja kemiringannya.

Atau jika mampet karena sudah lama digunakan bisa ditembak dengan air supaya kotoran dan penyumbatnya bisa dibersihkan saat melakukan servis cuci AC.

Dalam kasus freon bocor, harus ditemukan dulu penyebab kebocorannya dan diatasi, jika tidak AC akan berulang bocor kembali dalam 1-2 bulan atau bisa lebih cepat dan kemungkinan air netes kembali karena ada bunga es pada evap.

Dalam kasus evaporator rusak, bisa melakukan penggantian evaporator dengan pihak brand jika masih dalam masa garansi pabrik, atau beli partnya ke pihak brand.

Karena dalam kasus evaporator dilas sangat tidak disarankan, evap yang dilas tidak lama lagi akan bocor kembali di titik lain, karena biasanya keseluruhan evap sudah terkena korosi.

Bagaimana cara Mengatasi Kebocoran Pada AC ?

Cara Mengatasi Kebocoran pada AC, Karena kebocoran pada AC umumnya terjadi akibat kotornya saluran drain atau pipa drain peletakannya kurang tepat. Paling gampang sih pertama cek pembuangan air dulu, kalau memang cuman sekedar kurang miring bisa disesuaikan sendiri, Tapi kalau kamu gak mau report panggil saja tukang service untuk melakukan pengecekan kebocoran.

Sementara waktu bisa ditadahin pake ember, di titik kebocorannya, supaya tidak menggenang di lantai, atau bisa menggunaan corong yang ditampung di galon sampai menunggu teknisinya datang. Kalau memang masih bisa tidak menggunakan AC lebih baik dimatikan saja, karena kalau AC dimatikan otomatis bocor akan melambat sampai berhenti. Karena air AC itu akan diproduksi terus ketika AC beroperasi.

Diskusi & Pertanyaan (40)
Informasi yang kamu berikan kami jamin keamanan & kerahasiaannya. Kami akan menggunakan saluran email hanya untuk keperluan komunikasi.
Adi
12 April 2024
Kaka, saya ada 3 ac daikin, Trus ada perbaikan gardu pln, namun jalur listrik yg lwt rmh saya, ada trjadi lonjakan listrik. Trus krn hal tsb, listrik d rmh saya mati, bgitu jg dg k-3 ac tsb. Lalu dr 3 ac tsb, kluar air d unit indoor, Dan 1 unit dr 3 ac tsb, tak mau nyala lg. Ijin nanya atas kjadian tsb: 1. Kira2 apakah air yg kluar dr k-3 ac dr msg2 unit indoor tab, akibat kjadian lonjakan listrik atw knapa. Krn sminggu sblum nya, saya jg baru servis k-3 ac tsb, d antara nya cuci ac jg 2. Trus
Official Admin
Selka.id - Padila
15 April 2024
Hai kak, bisa jadi kendala pada ac nya di karnakan hal tersebut, namun untuk pastinya kk bisa panggil teknisi ac untuk pengecekan lebih lanjut ^^
Selfi
21 December 2023
Saya baru beli AC merk polytron uk set PK ,,, saya setel suhu ruangan 16 ,tp tdak terasa dingin sama sekali ,,, pas tanya k teknisi nya ,,, kurang freon / gak katanya gak ,,,dan nanti dingin ,,, tp nyatanya ga dinfgin ,,, gimana yah ka enaknya
Official Admin
Selka.id - Dahlia
22 December 2023
hai ka ^^ kalau ac nya masih dalam masa garansi sebaiknya kaka bisa klaim garansi itu, supaya di cek dahulu kondisi ac nya dengan teknisi brand
Wismar
11 September 2023
Ass..ww Saya ingin jadi distributor daikin di kota Payakumbuh Propinsi sumatera barat, apa bisa gimana cara/sarat2 nya tks
Official Admin
Selka.id - Novita
13 September 2023
hai kaa, ini info lengkap nya kaka bisa tanya2 langsung ke no wa kami ya ka 085174115770 ^^
Show All Comments
Pusat Panduan AC Terlengkap #1