0 Komentar
Ketahui Penyebab AC Bocor dan Cara Mengatasinya

AC merupakan alat elektronik yang sangat membantu kita untuk terhindar dari rasa gerah. Selain membuat ruangan menjadi sejuk, AC pun hanya cukup dipasang pada dinding ruangan yang sedikit tinggi, sehingga tidak akan memerlukan ruang lebih untuk penyimpanan alat elektronik ini. Tetapi, seringkali barang elektronik mengalami kerusakan, begitupun dengan AC. Kerusakan pada AC ditandai dengan bocornya AC pada bagian indoor. Hal ini menyebabkan AC mengeluarkan air ke bawah, dan hal ini begitu mengganggu kita.Ada beberapa hal yang mengakibatkan bocornya AC pada bagian indoor, diantaranya:

  • Terjadinya penyumbatan pada drain pembuangan indoor. Hal ini disebabkan karena saluran drain tersebut sudah terlalu kotor ataupun berlumut sehingga menyebabkan penyumbatan.
  • Terjadinya kondensasi karena jalur pipa yang tidak terbungkus oleh harmaflek. Ini terjadi karena AC sudah terlalu lama sehingga harmafleknya menjadi rusak.
  • Terjadinya kerusakan pada evaporator.

Cara Mengatasi Kebocoran pada AC, Karena kebocoran pada AC umumnya terjadi akibat kotornya saluran drain, maka solusinya adalah sebagai berikut:

  1.  Baca manual book dari AC yang anda gunakan. Disana anda bisa membaca cara-cara untuk membuka cover AC. Biasanya setiap AC memiliki letak baut yang berbeda, sehingga anda harus membaca buku manual dengan teliti sampai bisa membuka cover AC tersebut
  2. Agar lebih aman, anda bisa mencabut sumber listrik atau sekering saat membuka cover.
  3. Setelah cover telah terbuka, carilah lubang drain air kondensat yang posisinya sedikit tersembunyi. Jika sudah ditemukan, pasanglah sebuah selang kecil pada lubang tersebut.
  4. Semprot atau tiup selang yang telah dipasang dengan menggunakan air hingga membersihkan kotoran yang ada pada saluran drain. Lakukan penyemprotan berulang kali sampai kotoran yang menyumbat saluran drain telah bersih dan hilang.
  5. Setalah memastikan kotoran yang menyumbat sudah hilang, tutuplah kembali cover AC dengan baik dan benar sesuai petunjuk pada buku manual.
  6. Selain itu, anda pun bisa membersihkan saringan udara agar angin yang dikeluarkan AC pun tidak terhambat oleh kotoran yang ada pada saringan udara.

Itulah beberapa penyebab kebocoran pada AC dan cara mudah untuk mengatasinya. Lakukan tips diatas dengan hati-hati dan juga hindarilah kecerobohan saat memperbaikinya untuk menjaga AC anda tetap baik saat digunakan. Jika anda tidak bisa memperbaikinya sendiri, anda harus memanggil tukang service karena itu jauh lebih baik dibandingkan melakukannya seorang diri. Bagaimanapun juga, sebuah alat elektronik bukanlah hal yang mudah untuk diatasi jika kita sendiri tak tahu apa-apa soal elektronik. Akhirnya, semoga artikel tentang penyebab kerusakan pada AC dan cara mengatasinya ini bisa bermanfaaat untuk anda.

Diskusi & Pertanyaan (0)