194 Komentar
Cara Mudah Klaim Garansi AC Jika Rusak & Tidak Dingin

Lama garansi menjadi salah satu faktor yang menentukan pilihan akhir AC mana yang akan dibeli, karena itulah pabrik berlomba - lomba dalam memberikan garansi yang lebih panjang, dan mencover lebih banyak.

Pada umumnya garansi normal pada AC itu 1 tahun 3 tahun kompressor, tapi sudah banyak brand lho yang berani kasih garansi lebih, contohnya Gree, berani mengcover 365 hari ganti baru, 5 tahun sparepart, dan 10 tahun kompressor. Sejauh ini brand dengan garansi paling panjang adalah merk Gree.

Kenapa garansi yang panjang itu menjadi value tambahan yang keren buat pengguna ? sebenarnya ada sedikit rahasia di dalam dunia manufaktur atau pabrik AC.

Sedikit cerita, bahwa di jaman dulu sekitar 10-15 tahun lalu, harga AC itu sudah menyentuh angka jutaan untuk setiap unitnya, AC pada jaman dulu termasuk barang yang cukup premium dan tidak semua kalangan bisa membelinya.

Risiko Kompetisi

Merek - merek jaman dulu seperti National, General (sekarang sudah tidak ada), itu membuat AC yang begitu kokoh, bisa mampu bertahan 10 - 15 tahun tidak rusak. Rekor kami sebagai toko elektronik spesialis AC pernah mendapatkan trade in AC Bekas yang sudah > 14 tahun lebih.

Kembali ke jaman sekarang, sudah berlalu 10 - 15 tahun, inflasi sudah meningkat ratusan persen, namun harga AC masih tetap di kisaran 2 - 3 juta. Ada yang aneh ?

Seharusnya kalau menggunakan kualitas dan standard yang sama, mungkin harga AC jaman sekarang seharusnya ada di kisaran 4-5 juta, namun kalau harga AC nya segitu, ya tentu daya beli menurun dan penjualan akan lebih menurun.

Ditambah lagi dengan dorongan kompetitor baru yang membuat brand AC low grade yang harga awalnya jauh lebih murah, sehingga pabrik saling bersaing menurunkan harga, otomatis ada harga ada barang kan ya, maka kualitas pun ikut turun. 

AC jaman sekarang paling bisa bertahan 3-5 tahun maksimal dan lewat dari itu biasanya udah mulai rewel. Kita tidak bisa menyalahkan pabrik, keadaan pasar dan demand nya menuntut mereka demikian.

Terlebih lagi secara nilai ekonomi brand juga diuntungkan, semakin cepat rusak kan frekuensi perputaran pembelian akan menjadi semakin sering dan revenue meningkat.

Namun 2-3 tahun belakangan, landscape kompetisi mulai berubah, dari yang adu siapa lebih murah, sekarang jadi adu siapa yang berani kasih garansi terpanjang.

Salah satu brand merk AC Sharp juga berani memberikan garansi 10 tahun kompressor, Merk AC LG juga berani memberikan garansi 10 tahun kompressor hanya saja secara sparepart masih kalah dengan Gree yang berani memberikan 5 tahun garansi.

Perbedaan Tipe Garansi AC 

Jadi garansi yang diberikan brand itu biasanya terdiri dari 3 macam ini :

  • Garansi Ganti Baru : menggantikan unit indoor / outdoor pada AC, garansi ini jarang diberikan oleh pabrik, biasanya ketika ada promo tertentu saja, dan waktunya tidak sepanjang garansi sparepart dan kompressor
  • Garansi Servis / Sparepart : menggantikan suku cadang dari AC tersebut jika terjadi kerusakan, tidak termasuk didalamnya adalah komponen yang bisa habis seperti freon
  • Garansi Kompressor : menggantikan kompressor dari AC tersebut jika terjadi kegagalan pada kompressor, biasa garansi ini umurnya lebih panjang dibandingkan garansi sparepart

Secara skala prioritas, garansi yang paling berharga berurutan dari atas sampai bawah, garansi ganti baru ini menjadi yang paling berharga karena secara indoor / outdoor unit kamu akan diganti baru, sehingga memastikan part yang ada didalamnya juga ikut diganti baru.

Kemudian garansi yang berharga kedua adalah garansi sparepart, ada cukup banyak komponen yang dicover dari garansi ini termasuk evaporator, kondensor, PCB, sensor, beserta seluruh bagian penyambung seperti baut, bracket yang patah atau rusak.

Namun garansi sparepart ini juga harus dipastikan memang kesalahan dari pabrik, bukan kesalahan dari penggunaan atau hal yang disengaja. Misalnya PCB kesiram air tidak sengaja, atau bagian pada AC patah karena saat bawa AC kebanting, ini tentu tidak akan diganti oleh pabrik.

Ada Dua Jenis Kebijakan Klaim Garansi

Dua macam kebijakan klaim garansi ini berbeda-beda tergantung dari pihak merk yang mengatur. Kebijakan tipe pertama adalah tipe Sepanjang Masa Garansi, pengertian mudahnya seperti ini, jika garansinya adalah 3 tahun, lalu tahun pertama rusak, maka akan diganti, tidak lama kemudian misalnya rusak lagi maka tetap diganti lagi selama sepanjang masa garansi tersebut yaitu 3 tahun.

Kebijakan Sepanjang Masa Garansi membuat pelanggan yang membeli bisa meminta penggantian part sesuai masa garansi beberapa kalipun tanpa dibatasi.

Kebijakan tipe kedua adalah tipe Sekali Ganti, pada tipe garansi ini maka penggantian hanya boleh dilakukan sekali saja. Jika tahun pertama sudah diganti maka garansi dianggap sudah hilang dan tidak ada penggantian selanjutnya meskipun jika rusak kembali dan masih dalam masa garansi.

Merk dengan kebijakan Sepanjang Masa Garansi : Daikin, Sharp, Polytron, Aqua, LG, Gree, Changhong, Panasonic.

Merk dengan kebijakan Sekali Ganti : AUX & Bestlife.

Bagaimana Cara Klaim Garansi dengan Mudah ?

Perlu diingat ada 2 barang yang perlu kamu siapkan untuk melakukan proses klaim garansi dengan lancar yaitu 

  • Menyiapkan kartu garansi asli
  • Menyiapkan invoice pembelian toko

Jika invoice pembelian toko anda sudah hilang, Selka tetap bisa bantu kok memproses garansi ke pabrik karena database anda tersimpan oleh kami, hanya saja kami membutuhkan waktu untuk melakukan pencarian data kamu. Nah untuk kamu yang belanja di tahun 2020, kami sudah menerapkan sistem invoice digital, jadi invoicenya bisa didownload langsung dari member area, sehingga tidak perlu khawatir invoice akan hilang.

Namun jika kartu garansi anda hilang, sulit ya karena kartu garansi tidak bisa diperjual belikan, dan tidak ada copy-annya juga, jadi tolong disimpan dengan baik.

Apa Itu Garansi Pemasangan ?

Selka memberikan tambahan dari garansi pabrik diatas, jika melakukan pemasangan dengan Selka yaitu

  • Garansi 30 hari dari pemasangan jika membeli AC sekaligus paket pasang
  • Garansi meliputi AC bocor setelah pemasangan, freon bocor, AC berbunyi tidak normal, muncul kode error, Part tidak berfungsi dan kerusakan karena pemasangan lainnya
  • Garansi Ganti Baru : menggantikan unit indoor / outdoor pada AC, garansi ini jarang diberikan oleh pabrik, biasanya ketika ada promo tertentu saja, dan waktunya tidak sepanjang garansi sparepart dan kompressor
Sumber foto cover : Gree Indonesia
Diskusi & Pertanyaan (194)
Informasi yang kamu berikan kami jamin keamanan & kerahasiaannya. Kami akan menggunakan saluran email hanya untuk keperluan komunikasi.
Celi
30 October 2023
Kak mau tanya Kalau pembelian baru 1 minggu dan ternyata AC tidak dingin, sudah mengajukan komplain ke pihak GREE, tapi masalahnya kardus ac sudah di buang karena pikir kami AC akan baik2 saja, apakah saya masih bisa mengklaim unit baru tanpa harus menggunakan kardus sebelumnua
Official Admin
Selka.id - Padila
31 October 2023
Hai kak, yang penting kartu garansi nya ada jadi kk bisa claim gransi ke gree langsung, tanpa harus ada kardusnya ^^
raja lubis
18 October 2023
kak, mau nanya, kalo garansi ac daikin, kartu garansinya/kartu jaminan apa perlu dikirim ke kantor daikin? atau cukup dengan menyimpan kartu garansi dan invoice saja dirumah tanpa diisi kartu garansinya? mumpung saya baru beli ac daikin, saya baca katanya di kartu garansi itu, kartunya harus diisi dan diberikan ke kantor authorized service center sebelum 7 hari sejak tanggal pembelian? terima kasih sebelumnya kak Selka.
Official Admin
Selka.id - Dahlia
18 October 2023
Pesan otomatis, Kami mohon maaf, dikarenakan jumlah orderan masuk yang tinggi, estimasi pemasangan maksimal diperpanjang menjadi H+2 sejak barang terkirim, terima kasih atas pengertiannya ????
Lihat 2 komentar lainnya
Official Admin
Selka.id - Novita
19 October 2023
hai kaa, betul ka ^^
Dedek Harianto siregar
22 August 2023
Hello produk AC LG saya belik AC LG belom ada 1bulan AC saya sudah eror
Official Admin
Selka.id - Novita
22 August 2023
hai kaa, untuk error nya bagaimana ya kaa?
Show All Comments
Pusat Panduan AC Terlengkap #1