42 Komentar
Cara Mudah Klaim Garansi AC Jika Rusak & Tidak Dingin

Lama garansi menjadi salah satu faktor yang menentukan pilihan akhir AC mana yang akan dibeli, karena itulah pabrik berlomba - lomba dalam memberikan garansi yang lebih panjang, dan mencover lebih banyak. Pada umumnya garansi normal pada AC itu 1 tahun 3 tahun kompressor, tapi sudah banyak brand lho yang berani kasih garansi lebih, contohnya Gree, berani mengcover 365 hari ganti baru, 5 tahun sparepart, dan 10 tahun kompressor. Sejauh ini brand dengan garansi paling panjang adalah merk Gree.

Kenapa garansi yang panjang itu menjadi value tambahan yang keren buat pengguna ? sebenarnya ada sedikit rahasia di dalam dunia manufaktur atau pabrik AC. Sedikit cerita, bahwa di jaman dulu sekitar 10-15 tahun lalu, harga AC itu sudah menyentuh angka jutaan untuk setiap unitnya, AC pada jaman dulu termasuk barang yang cukup premium dan tidak semua kalangan bisa membelinya.

Risiko Kompetisi

Merek - merek jaman dulu seperti National, General (sekarang sudah tidak ada), itu membuat AC yang begitu kokoh, bisa mampu bertahan 10 - 15 tahun tidak rusak. Rekor kami pernah mendapatkan trade in AC Bekas yang sudah > 14 tahun lebih. Kembali ke jaman sekarang, sudah berlalu 10 - 15 tahun, inflasi sudah meningkat ratusan persen, namun harga AC masih tetap di kisaran 2 - 3 juta. Ada yang aneh ?

Seharusnya kalau menggunakan kualitas dan standard yang sama, mungkin harga AC jaman sekarang seharusnya ada di kisaran 4-5 juta, namun kalau harga AC nya segitu, ya tentu daya beli menurun dan penjualan akan lebih menurun. Ditambah lagi dengan dorongan kompetitor baru yang membuat brand AC low grade yang harga awalnya jauh lebih murah, sehingga pabrik saling bersaing menurunkan harga, otomatis ada harga ada barang kan ya, maka kualitas pun ikut turun. 

AC jaman sekarang paling bisa bertahan 3-5 tahun maksimal dan lewat dari itu biasanya udah mulai rewel. Kita tidak bisa menyalahkan pabrik, keadaan pasar dan demand nya menuntut mereka demikian. Terlebih lagi secara nilai ekonomi brand juga diuntungkan, semakin cepat rusak kan frekuensi perputaran pembelian akan menjadi semakin sering dan revenue meningkat.

Namun 2-3 tahun belakangan, landscape kompetisi mulai berubah, dari yang adu siapa lebih murah, sekarang jadi adu siapa yang berani kasih garansi terpanjang. Salah satu brand merk Sharp juga berani memberikan garansi 10 tahun kompressor, hanya saja secara sparepart masih kalah dengan Gree yang berani memberikan 5 tahun garansi.

Jadi garansi yang diberikan brand itu biasanya terdiri dari 3 macam ini :

  • Garansi Servis / Sparepart : menggantikan suku cadang dari AC tersebut jika terjadi kerusakan, tidak termasuk didalamnya adalah komponen yang bisa habis seperti freon
  • Garansi Kompressor : menggantikan kompressor dari AC tersebut jika terjadi kegagalan pada kompressor, biasa garansi ini umurnya lebih panjang dibandingkan garansi sparepart
  • Garansi Ganti Baru : menggantikan unit indoor / outdoor pada AC, garansi ini jarang diberikan oleh pabrik, biasanya ketika ada promo tertentu saja, dan waktunya tidak sepanjang garansi sparepart dan kompressor

Bagaimana Cara Klaim Garansi dengan Mudah ?

Perlu diingat ada 2 barang yang perlu kamu siapkan untuk melakukan proses klaim garansi dengan lancar yaitu 

  • Menyiapkan kartu garansi asli
  • Menyiapkan invoice pembelian toko

Jika invoice pembelian toko anda sudah hilang, Selka tetap bisa bantu kok memproses garansi ke pabrik karena database anda tersimpan oleh kami, hanya saja kami membutuhkan waktu untuk melakukan pencarian data kamu. Nah untuk kamu yang belanja di tahun 2020, kami sudah menerapkan sistem invoice digital, jadi invoicenya bisa didownload langsung dari member area, sehingga tidak perlu khawatir invoice akan hilang.

Namun jika kartu garansi anda hilang, sulit ya karena kartu garansi tidak bisa diperjual belikan, dan tidak ada copy-annya juga, jadi tolong disimpan dengan baik.

Apa Itu Garansi Pemasangan ?

Selka memberikan tambahan dari garansi pabrik diatas, jika melakukan pemasangan dengan Selka yaitu

  • Garansi 30 hari dari pemasangan jika membeli AC sekaligus paket pasang
  • Garansi meliputi AC bocor setelah pemasangan, freon bocor, AC berbunyi tidak normal, muncul kode error, Part tidak berfungsi dan kerusakan karena pemasangan lainnya

Mau Lihat Harga & Tipe AC Lengkap Secara Online ?

Selka.id menyediakan daftar harga lengkap AC yang dapat anda bandingkan, lengkap dengan spesifikasinya. Anda dapat mengklik Link Berikut Ini untuk melihat semua AC yang tersedia di website Selka.id dan sudah lengkap juga dengan pilihan pemasangan.

Diskusi & Pertanyaan (42)
BAGIYO
26 March 2020
JIKA MODUL RUSAK,MATI IC APAKAH BISA DIKLAIM GARANSI?
Official Admin
Selka.id - desmi
26 March 2020
selamat siang kak, untuk garansi nanti kan teknisi brand nya akan lakukan kunjungan dulu ya kak dan nanti akan di diinfo juga apakah kerusakan ini masih dalam garansi atau kemungkinan pergantian dengan biaya gitu kak
m.ysn20@yahoo.com
22 March 2020
Kena petir garansi tdk ac
Official Admin
Selka.id - desmi
23 March 2020
selamat pagi kak kalau masih garansi kemungkinan masuk ya kak, karna kesalahan bukan dari kakak gitu dan nanti kakak bisa klaim ke brand langsung, kemudian untuk solusi atau info itu masuk garansi atau tidak, nanti akan langsung di infokan brand nya juga ya kak
Wawan
12 March 2020
Ac sy Panasonic, sdh 4 tahun,masih ada garansi?
Official Admin
Selka.id - desmi
12 March 2020
selamat pagi kak panasonic garansi nya 1 Tahun Sparepart, 3 Tahun Kompressor jadi kalo udah 4 tahun, udah gak ada garansi lagi ya kak
Ivonne
09 March 2020
Bocor ACnya.... Sudah 1.5 tahun masih ada garansi ?
Official Admin
Selka.id - desmi
09 March 2020
selamat siang kak'
Official Admin
Selka.id - desmi
09 March 2020
type ac nya apa ya kak?
Rina kuraesin
12 February 2020
Untuk garansi indoor ac daikin berapa tahun? Bagian indoor ada yang bocor, pemakaian sudah berjalan 18 bulan
Official Admin
Selka.id - desmi
13 February 2020
selamat pagi kak, untuk ac daikin garansi indoor 1 tahun dan outdoornya 3 tahun ya kak
Show All Comments