17 Komentar
Kenapa AC Harus di Servis Cuci Secara Berkala ?

Apa Itu Proses Service Cuci AC?

Kalau kamu pernah buka gudang yang sudah lama gak kepake, atau mengecek bagian belakang kasur atau lemari pasti akan nemuin tumpukan debu berserakan yang membuat geli sendiri. Begitupun komponen di dalam AC, debu dan kotoran akan makin menumpuk seiring dengan penggunaan AC di ruangan anda.

Saat debu sudah mulai menumpuk, memang dari bagian luar tidak nampak, karena semuanya tersedot dan disaring di bagian dalam AC, sehingga baru mulai kelihatan ketika casingnya dibuka bahwa sudah mulai berwarna hitam dan penuh kotoran debu. Terutama di indoor di bagian filter udara, dan di outdoor di bagian kipas.

Nah kalau sudah seperti itu, solusinya adalah melakukan service cuci AC. Yang dilakukan pada saat service cuci AC adalah mencopot part - part AC untuk dibersihkan satu per satu sebelum kemudian dipasang kembali. Sebelum disemprot menggunakan air, bagian AC yang tidak water proof akan dilindungi terlebih dahulu menggunakan plastik cover AC.

Kenapa Harus Cuci AC Rutin ?

AC yang sudah menumpuk debu akan menimbulkan beberapa masalah berikut yaitu 

  • AC tidak dingin karena aliran angin tertutup debu
  • AC menjadi tidak awet dan cepat rusak
  • Penggunaan AC menjadi lebih boros karena kinerja AC yang lebih berat
  • Filter AC yang kotor dapat menjadi sumber penyakit yang berbahaya
  • AC bisa bocor air karena tersumbat lendir pada pembuangannya
  • AC bisa mengeluarkan bau, karena kotoran mengendap pada filter AC, kisi-kisi evaporator AC
  • Evaporator bisa berjamur dan mengganggu fungsi kerja AC

Untuk itu lebih baik kita mencegah dan merawat secara rutin umumnya 3 bulan sekali melakukan servis cuci AC. Namun ada beberapa kebutuhan servis cuci yang lebih sering jika peletakkan outdoor berdekatan satu sama lain seperti di kos"an atau jika AC kamu memang menyala 24 jam non stop karena kebutuhan komersil atau untuk tempat usaha, sehingga membutuhkan servis cuci 1-2 bulan sekali.

Proses cuci AC adalah mencopot filter AC pada indoor, untuk kemudian dicuci air dan dibersihkan dari debu dan kotoran yang menempel, kemudian menyemprot bagian indoor dalemnya dari sisi luar setelah ditutupin plastik penutup supaya alat-alat listrik tidak kesiram.

Sementara dari sisi outdoornya langsung disemprot segala sisi, sampai air bekasnya sudah mulai bening kembali artinya debu juga sudah tercuci habis.

Apakah Setiap Servis Harus Nambah Freon AC ?

Ada beberapa faktor AC kamu tidak dingin, salah satunya adalah karena kotoran dan lendir yang menyumbat AC dan ada juga karena freonnya kurang. Namun ini bukan berarti setiap AC tidak dingin adalah harus diisi freon. 

Disini anda perlu sedikit berhati - hati, karena banyak oknum yang memanfaatkan ketidaktahuan pengguna awam demi mereka mendapatkan keuntungan lebih dari pengisian freon AC yang nominalnya tidak sedikit. Harga cucinya sengaja dimurahin, tapi nanti kan dapet untung lebih besar pada waktu ngisi freon, maka itu perlu berhati - hati dengan freelance yang belum terlihat track recordnya.

Padahal bisa saja memang setelah dicuci saja sudah cukup dan bisa dingin kembali, namun mereka meminta pelanggan untuk mengisi freon untuk mendapatkan uang tambahan.

Nah supaya kamu lebih jeli dan tidak diakali oleh teknisi, Bisa saja menanyakan kenapa perlu isi freon? apakah tekanan freon nya kurang? Tekanan freon sendiri adalah indikator bahwa freon AC tersebut kurang atau tidak, yang dapat dilihat dari alat teknisi yang dinamakan manifold gauge. Nah ini bisa google sendiri untuk tahu seperti apa bentuk alat tersebut.

Jika teknisi yang bilang freon kurang saja tidak membawa alat tersebut, maka sudah boleh curiga, darimana teknisi tersebut bisa tahu AC nya kurang freon. Jadi dengan ini harusnya kita bisa lebih berhati - hati.

Diskusi & Pertanyaan (17)
Informasi yang kamu berikan kami jamin keamanan & kerahasiaannya. Kami akan menggunakan saluran email hanya untuk keperluan komunikasi.
Reza
15 December 2022
Pada saat servis cuci ac, apakah ac tersebut di pump down dulu?
Official Admin
Selka.id - Dian
16 December 2022
hai kak , Untuk cuci ac biasa tidak ada ya kecuali untuk cuci besar dipump down dulu ya kak ^_^
Noerwidi
14 June 2022
Apakah di SELKA sudah ada jasa cuci AC ? kalau sudah ada bagaimana cara ordernya
Official Admin
Selka.id - Ozil
15 June 2022
hai kak untuk cuci ac kaka bisa masuk ke website kami yah Selka.id dan kakak bisa pilih menu cuci ac ^_^
Lihat 1 komentar lainnya
Official Admin
Selka.id - laura
15 June 2022
bener kak, untuk cuci ac sudah termasuk indoor dan outdoor nya kak
Chibi
21 August 2021
Kalau indor bunyi krekek gtu kenapa ya??
Chibi
21 August 2021
Kalau outdor bunyi krekek gitu kenapa ya?
Official Admin
Selka.id - merry
22 August 2021
hai ka, coba di panggilkan teknisi brand ka, agar di check lebih lanjut ya ka
Show All Comments
Pusat Panduan AC Terlengkap #1