257 Komentar
Kebutuhan PK AC Berdasarkan Luas Ruangan

Kali ini kita mau menjawab pertanyaan yang paling sering nih ditanyakan, mungkin bisa dibilang ini no 1 pertanyaan bagi para calon pembeli AC yaitu.. Saya harus beli AC yang berapa PK ya ? Nah kita buka - bukaan saja rumusnya, udah dibuatin dengan simpel banget buat yang mau tau bisa baca lengkap dibawah. Buat yang gak mau ribet juga kita udah buatin nih calculatornya tinggal buka di link PK Calculator, Hitung PK Mudah Hanya Butuh 15 detik kami jika anda tidak ingin ribet.

Arti Btu pada AC atau Satuan Pendinginan AC ?

Btu dapat dianggap sebagai kekuatan pendinginan AC, semakin besar berarti semakin mampu sebuah AC mendinginkan ruangan. Nah disini kita perlu berhati-hati jika ada brand AC yang mengaku-ngaku PK nya sekian namun Btu nya ternyata lebih kecil. Karena sebenarnya yang benar-benar menunjukkan kemampuan mendinginkan sebuah AC itu adalah Btu nya.

AC 1 PK Itu Berapa Btu ?

Berikut kita kasih hitungan dasar untuk PK dengan Btu nya, setiap merek bisa berbeda yah, ini hanya rata - rata dari beberapa merk yang tersedia di pasarn.

  • AC 1/2 PK itu 5.000 Btu/h
  • AC 3/4 PK itu 7.000 Btu/h
  • AC 1 PK itu 9.000 Btu/h
  • AC 1,5 PK itu 12.000 Btu/h
  • AC 2 PK itu 18.000 Btu/h
  • AC 2,5 PK itu 24.000 Btu/h

Butuh AC Berapa PK Untuk Kamar Ukuran 3x3 ?

Pertama hitung dulu, simpel aja perkiraan kasar, lebar kali panjang ruangan kamar, Lalu kamu masuk ke link kalkulator bisa saja PK Calculator, Hitung PK Mudah Hanya Butuh 15 detik kami untuk langsung mendapatkan ukuran PK yang dibutuhkan berapa dengan memasukkan luas ruangannya disana. 

Disini kita juga mau share cara menggunakan rumus mudah yaitu membaginya dengan 18, kita contohkan saja ya untuk kamar 3x3 = 9m luasnya. Kita anggap deh langsung dibagi 18 ya, maka 9/18 = 1/2 PK. Mudah Kan !. Nah tapi kalau anda menghitung dengan cara sederhana ini, maka ini hanyalah hitungan standar, jika kebutuhan ruangan anda berbeda maka sebaiknya menggunakan PK Calculator yang jauh lebih akurat. Di bawah ini kami berikan beberapa contoh perhitungan luas ruangan.

  • Kamar 3x3 membutuhkan AC 1/2 PK
  • Kamar 3x4 membutuhkan AC 3/4 PK
  • Kamar 3x5 membutuhkan AC 1 PK
  • Kamar 4x4 membutuhkan AC 1 PK
  • Kamar 4x5 membutuhkan AC 1,5 PK
  • Kamar 4x6 membutuhkan AC 2 PK

Cara Menghitung Rumus Simpel Ukuran Kamar Sekian Meter Butuh AC Berapa PK

Pertama - tama anda harus mengukur kebutuhan Btu ruangan anda, Banyak artikel yang menyebutkan untuk menghitung Btu/H itu rumusnya (Luas Ruangan x 500), namun nilai ini sudah tidak lagi berlaku dan kurang akurat untuk cuaca Indonesia yang sekarang sudah semakin terik.

Perhitungan yang paling akurat bukanlah dikali 500, tapi dikali 537 untuk perumahan. Angka ini adalah hasil riset dari team R&D Daikin yang menemukan angka tersebut adalah angka yang paling cocok untuk kamar rumah di Indonesia.

Angka tersebut dapat digunakan pada kondisi yang paling normal yakni, tinggi plafon standar pada umumnya sekitar 3m, ruangan tertutup, kamar dihuni 1-2 orang dan AC cukup sejuk tidak dingin beku. Jika memiliki kondisi khusus silahkan nyalakan fitur advanced mode PK Calculator, Hitung PK Mudah Hanya Butuh 15 detik dengan mengklik tombol advanced mode, untuk menambahkan parameter yang lebih spesifik.

Kita contohkan untuk ruangan dengan ukuran 3x4 berarti luas ruangan anda 12 m2. Kita kalikan 12 * 537 = 6.444 Btu/h. Artinya ruangan anda butuh AC yang bisa memenuhi kebutuhan tersebut. Apakah kita akan menggunakan AC 1/2 PK, yang hanya 5.000 Btu/h? Bisa saja sih, tapi jangan jamin ruangan akan cepat dinginnya.

Disarankan apabila sudah melewati kapasitas dari AC tersebut, misalnya 6.444 Btu/h sudah melewati kapasitas 1/2 PK, maka langsung menggunakan AC setingkat diatasnya yaitu 3/4PK dengan 7.000 Btu/h. Bahaya jika dipaksakan karena AC jadi tidak akan awet apalagi jika menggunakan teknologi inverter, yang ada bukannya hemat listrik malah akan jadi boros.

Konversi Btu/h ke Ukuran PK AC

Simpelnya jika ruangan memiliki ukuran yang lebih besar lagi, contohnya 8x8 = 64m2. Lalu anda coba kalikan 64 * 537 = 34.368 Btu/h. Anda dapat menghitung berapa kebutuhan PK nya dengan membaginya dengan 9.000. Karena 9.000 Btu/h itu sama dengan kebutuhan AC 1 PK.

Maka anda dapat membaginya 34.368 / 9.000 = 3.81 PK atau kita bulatkan keatas 4 PK. Jangan dibulatkan kebawah, karena AC nantinya akan kurang dingin, kurang awet dan jadi boros listrik jika tidak sesuai ukuran yang seharusnya.

Yang Mempengaruhi Perhitungan PK Selain Luas Ruangan

Ukuran dapat berbeda jika ukuran plafon lebih panjang dari 3m, karena kebutuhan AC akan lebih tinggi. Selain itu yang mempengaruhi adalah jenis lampu yang anda gunakan di kamar anda, karena lampu menimbulkan panas. Kemudian jenis kacanya juga mempengaruhi akan meredam sinar matahari atau tidak.

Penting juga mengetahui rumah anda menghadap ke Utara atau Barat, karena jika menghadap Barat maka rumah anda akan lebih panas sehingga membutuhkan PK yang lebih tinggi atau juga memperhitungkan akan ada berapa orang per 10m2 ruangan anda, jika ruangan tersebut digunakan untuk aktivitas lebih banyak, maka sebaiknya PK nya juga lebih tinggi. 

Sebaiknya anda menggunakan advanced mode PK Calculator, Hitung PK Mudah Hanya Butuh 15 detik untuk lebih akurat menghitung dengan kondisi" diatas.

Ada lagi yang mempengaruhi apakah yang dihitung adalah kebutuhan untuk rumah atau untuk restoran, karena perhitungan diatas adalah rumus untuk perhitungan di rumah. Sementara untuk perhitungan diluar itu bisa berbeda.

Mau Lihat Harga & Tipe AC Lengkap Secara Online ?

Selka.id menyediakan daftar harga lengkap AC yang dapat anda bandingkan, lengkap dengan spesifikasinya. Anda dapat mengklik Link Berikut Ini untuk melihat semua AC yang tersedia di website Selka.id dan sudah lengkap juga dengan pilihan pemasangan.

Diskusi & Pertanyaan (257)
Hasniah
26 March 2020
Ukuran kamar saya 3x3 meter, berdasarkan hitungan butuh 1/2 pk. Tp karena kamar saya menghadap barat. Jd klu siang panas banget. Biar dingin apa perlu tambah pk?
Official Admin
Selka.id - desmi
27 March 2020
selamat pagi kak kami rekomendasi pk nya di naikan dari minimal pemakaian nya ya kak kakak bisa pakai yang 3/4pk atau langsung dengan 1pk sekalian untuk tingkat dingin yang mau gitu kak
M husni
18 March 2020
Untuk ukuran ruangan 12x12 tinggi 5m berapa PK yg di butuhkan tks.
Official Admin
Selka.id - desmi
19 March 2020
selamat pagi kak untuk ukuran ruangan 12x12 tinggi 5m menurut kalkulator pk kami total kebutuhan pk ac nya 14.5pk ya kak
Yudi
18 March 2020
Kamar saya 4,5 x 2,1..saran pake yg brp PK ya?
Official Admin
Selka.id - desmi
18 March 2020
selamat siang kak untuk ukuran ruangan 4,5 x 2,1 bisa pakai ac yang 1/2pk juga ya kak
Mufid
18 March 2020
Harga ac panasonic 2,5 pk berapa ya?
Official Admin
Selka.id - desmi
18 March 2020
selamat siang kak boleh di cek ya kak https://www.selka.id/jual-ac-split-2-5-pk/panasonic
daniel
17 March 2020
Ac daikin premium inverter FTKM25 yg 1pk . 520 watt start awal. listrik 900 watt d rumah , cukup gk ya . Makasih
Official Admin
Selka.id - desmi
18 March 2020
selamat pagi kak daya listrik 900 watt sebenarnya bisa ya kak untuk pemakaian ac FTKM25 yg 1pk . 520 watt start awal. tapi ini bisa di bilang terlalu mepet dengan daya listrik kakak, belum lagi nanti pemakaian elektronik lain di rumah kakak, yang bisa mengakibatkan resiko jeprek listrik gitu kak kami sarankan untuk daya listriknya di naikan dulu kak supaya tidak beresiko gitu kak
Show All Comments