364 Komentar
Kebutuhan PK AC Berdasarkan Luas Ruangan

Kali ini kita mau coba menjawab pertanyaan yang paling sering ditanyakan, mungkin bisa dibilang no 1 pertanyaan bagi para calon pembeli AC.

Yaitu : Saya harus beli AC yang berapa PK ya ?

Nanti dibawah kita langsung buka-bukaan saja cara ngitungnya, udah kita siapin jadi kalau mau hitung sendiri bisa langsung masukkan ke rumusnya.

Buat yang gak mau ribet juga kita udah buatin nih calculator otomatis, tinggal buka di link PK Calculator, Hitung PK Mudah Hanya Butuh 15 detik jika anda tidak ingin ribet.

Mari kita awali dengan memahami apa itu Btu ?

Btu dapat dianggap sebagai kekuatan pendinginan AC, Btu semakin besar berarti AC semakin dingin. AC kamu kurang dingin ? Nah coba kamu beli AC yang Btunya lebih besar.

Taunya darimana Btunya berapa ? Btu bisa langsung ditemukan di halaman produk pada bagian speknya pasti ada kok. Mau cek di website selka, atau di website brand langsung juga bisa.

Perasaan judul artikelnya tadi mau ngebahas PK AC, kenapa jadi bahas Btu ya ? Jadi gini, sebelum masuk ke ukuran PK, kita musti paham dulu sama yang namanya Btu karena ada sebuah rahasia yang sedikit diketahui oleh orang-orang mengenai ukuran PK.

Memang kalau di Indonesia itu terkenalnya AC itu dengan ukuran PKnya kan ya. Pasti ini yang ditanyakan kalau membeli di Toko Elektronik Kalau mau beli AC tinggal nyebut mau 1/2 PK atau 1 PK misalnya. Namun jarang ternyata yang tau, sesama AC 1 PK bisa dinginnya berbeda.

Loh kok bisa sesama 1 PK dinginnya berbeda ? Jawabannya karena yang ngejamin AC dingin itu bukan PK, tapi Btu. Mungkin pernyataan ini bisa terdengar kontroversial, tapi coba kita dalami lebih lanjut.

Beberapa brand tujuannya itu baik, tidak ingin memusingkan konsumen jadi menyetarakan produknya dengan standard menggunakan PK yang sama misalnya 1 PK bisa untuk ukuran 8.500 - 10.500 Btu.

Coba bayangin, jika semua brand patokan PK nya sampe akurat detil sampe koma-koma, pasti bakalan pusing. Brand A jualan 0.95 PK, Brand B jualannya 1.05 PK, sedangkan bisa saja Brand C jualan 1.15 PK. Pusing Kan jadinya? hehe.

Itulah mengapa ketika semua jadi menstandarkan menjadi 1 PK, sesama 1 PK bisa jadi punya Btu yang berbeda. Sudah pasti yang 10.500 Btu lebih dingin daripada 8.500 Btu, padahal sama-sama dipasarkan dengan ukuran 1 PK.

Secara umum, yang paling populer digunakan patokan 1 PK adalah 9.000 Btu, untuk memudahkan, jika selanjutnya kita sebut 1 PK kita menggunakan patokan 9.000 Btu ya. Namun sekarang kamu sudah tau, bahwa patokan Btu adalah patokan yang lebih akurat untuk kamu yang mau memilih AC yang dinginnya sesuai.

AC 1 PK Itu Berapa Btu ?

Berikut kita kasih hitungan dasar untuk PK dengan Btu nya, setiap merek dan tipe bisa berbeda yah, ini hanya rata - rata dari beberapa merk yang paling umum di pasaran.

  • AC 1/2 PK itu 5.000 Btu/h
  • AC 3/4 PK itu 7.000 Btu/h
  • AC 1 PK itu 9.000 Btu/h
  • AC 1,5 PK itu 12.000 Btu/h
  • AC 2 PK itu 18.000 Btu/h
  • AC 2,5 PK itu 24.000 Btu/h

Butuh AC Berapa PK Untuk Kamar Ukuran 3x3 ?

Pertama kita hitung kasar dulu kamar kamu itu berapa lebar, berapa panjang, gunakan meteran saja atau kalau gak ada meteran, bisa pakai ukuran ubin kamu, kalau gak ada juga ya kira-kira sajalah pakai tinggi badan atau aplikasi penggaris menggunakan smartphone juga bisa.

Kemudian kamu kalikan panjang kamar dikali lebar kamar, untuk mendapatkan luasan kamar kamu.

Buat yang mau langsung otomatis, kamu masuk ke link kalkulator PK Calculator, Hitung PK Mudah Hanya Butuh 15 detik kami untuk langsung mendapatkan ukuran PK yang dibutuhkan berapa dengan memasukkan luas ruangannya disana. 

Ada cara menghitung menggunakan Rule of 18, yaitu dengan membagi luas ruangan dengan angka 18. Kalau kamar kamu ukuran 3x3 = 9 luasnya.

Maka 9 / 18 = 1/2 PK. Ini bisa dijadikan patokan untuk perhitungan cepat, cuman sayangnya perhitungan ini hanya semi akurat. Kalau yang mau lebih akurat ada metode lain.

Patokan aman untuk ukuran AC :

  • Kamar 0-10 m2 membutuhkan AC 1/2 PK
  • Kamar 11-13 m2 membutuhkan AC 3/4 PK
  • Kamar 14-17 m2 membutuhkan AC 1 PK
  • Kamar 18-23 m2 membutuhkan AC 1,5 PK
  • Kamar 24-34 m2 membutuhkan AC 2 PK
  • Kamar 35-45 m2 membutuhkan AC 2,5 PK

Cara Menghitung Yang Lebih Akurat

Oke kita hitung lagi kebutuhan PK, tapi dengan cara yang lebih akurat sekarang, menggunakan Btu.

Untuk cuaca Indonesia yang sekarang sudah semakin terik, sebuah kamar di rumah secara idealnya dikalikan 537. Angka ini tidak ajaib muncul begitu saja, team engineering dari Daikin melakukan R&D yang cukup intensif sampai menemukan angka patokan itu.

Angka tersebut hanya bisa digunakan dengan syarat pada kondisi normal yaitu tinggi plafon standar pada umumnya sekitar 3m, ruangan tertutup, kamar dihuni 1-2 orang dan AC cukup sejuk saja tidak dingin beku.

Jika memiliki kondisi khusus silahkan nyalakan fitur advanced mode PK Calculator, Hitung PK Mudah Hanya Butuh 15 detik dengan mengklik tombol advanced mode, nanti kamu bisa pilih-pilih sendiri kondisi kamar kamu cocoknya seperti apa.

Kita contohkan untuk ruangan dengan ukuran 3x4 berarti luas ruangan kamu 12 m2.

Kalau kemudian kita coba kalikan 12 * 537 = 6.444 Btu/h hasilnya. Kita kan sudah pelajari diatas Btu menjadi PK bagaimana hitungannya.

Disini menjadi sebuah dilema. Pertanyaannya apakah kita akan menggunakan AC 1/2 PK yang hanya 5.000 Btu/h? Bisa saja sih, walaupun Harga AC 1/2 PK lebih ekonomis tapi jangan jamin ruangan akan cepat dinginnya, malah kemungkinan cenderung bisa panas di siang hari.

Disarankan apabila sudah melewati kapasitas dari AC tersebut, misalnya 6.444 Btu/h sudah melewati kapasitas 1/2 PK, maka langsung menggunakan AC setingkat diatasnya yaitu 3/4PK dengan 7.000 Btu/h.

Bahaya jika dipaksakan karena AC jadi tidak akan awet apalagi jika menggunakan teknologi inverter, yang ada bukannya hemat listrik malah akan jadi boros.

Yang Mempengaruhi Perhitungan PK Selain Luas Ruangan

Ukuran dapat berbeda jika ukuran plafon lebih panjang dari 3m, karena kebutuhan AC akan lebih tinggi.

Selain itu yang mempengaruhi adalah jenis lampu yang anda gunakan di kamar kamu, karena lampu menimbulkan panas.

Kemudian jenis kacanya juga mempengaruhi akan meredam sinar matahari atau tidak.

Penting juga mengetahui rumah anda menghadap ke Utara atau Barat, karena jika menghadap Barat maka rumah anda akan lebih panas.

Sehingga membutuhkan PK yang lebih tinggi atau juga memperhitungkan akan ada berapa orang per 10m2 ruangan anda, jika ruangan tersebut digunakan untuk aktivitas lebih banyak, maka sebaiknya PK nya juga lebih tinggi. 

Sebaiknya anda menggunakan advanced mode PK Calculator, Hitung PK Mudah Hanya Butuh 15 detik untuk lebih akurat menghitung dengan kondisi" diatas.

Ada lagi yang mempengaruhi apakah yang dihitung adalah kebutuhan untuk rumah atau untuk restoran, karena perhitungan diatas adalah rumus untuk perhitungan di rumah. Sementara untuk perhitungan diluar itu bisa berbeda.

Sumber foto cover : Samsung
Follow IG @selka.id
Diskusi & Pertanyaan (364)
Informasi yang kamu berikan kami jamin keamanan & kerahasiaannya. Kami akan menggunakan saluran email hanya untuk keperluan komunikasi.
Wita
23 September 2020
kalo ruangan sekitar 7m × 8m, kira2 butuh ac brp pk, apakah cukup 1 unit atau 2 unit, manakah yang lebih effisien?
Official Admin
Selka.id - desmi
24 September 2020
7m × 8m kami rekomendasi pemakaian ac 3.5pk kak, kalo mau pakai 1 ac bagusnya cassette atau ducted kak, tapi kalo mau pake split biasa, kakak bisa gunakan 2 indoor 2pk dan 1.5pk juga ya kak
Edi
23 September 2020
Min kalo kamar 3 x 4 m tinggi 4 meter pake ac 3/4 pk apa 1 pk? Terimakasih
Official Admin
Selka.id - desmi
24 September 2020
Hasil PK Calculator™ Daya : 8.592 Btu/h Kebutuhan : 1 PK kak
Gerrard
21 September 2020
Min mau tanya untuk kamar 8mx2..5m. Tinggi plafon 4m. Pake AC yang brp pk ya? Makasi
Official Admin
Selka.id - desmi
22 September 2020
8mx2..5m. Tinggi plafon 4m kami rekomendasi ac 2pk ya kak
Show All Comments
Pusat Panduan AC Terlengkap #1