202 Komentar
Kebutuhan PK AC Berdasarkan Luas Ruangan

Setelah membaca habis artikel ini, akan terjawab semua pertanyaan untuk AC 1 PK Itu Berapa Btu, Untuk Ruangan Berapa Meter, Apa sih Rumus Cara Menghitung Kebutuhan dan Ukuran AC. Artikel ini akan mengupas semuanya dalam bahasa yang sesederhana dan seawam mungkin. Anda juga dapat menggunakan PK Calculator, Hitung PK Mudah Hanya Butuh 15 detik kami jika anda tidak ingin ribet, karena Alat tersebut akan secara otomatis menghitungkannya untuk anda

Arti Btu pada AC atau Satuan Pendinginan AC ?

Btu dapat dianggap sebagai kekuatan pendinginan AC, semakin besar berarti semakin mampu sebuah AC mendinginkan ruangan. Rumus Konversi Btu ke PK adalah dibagi 9.000. 

AC 1 PK Itu Berapa Btu ?

Berikut adalah hitungan dasar konversi PK ke kebutuhan Btu pada AC

  • AC 1/2 PK itu 5.000 Btu/h
  • AC 3/4 PK itu 7.000 Btu/h
  • AC 1 PK itu 9.000 Btu/h
  • AC 1,5 PK itu 12.000 Btu/h
  • AC 2 PK itu 18.000 Btu/h
  • AC 2,5 PK itu 24.000 Btu/h

Butuh AC Berapa PK Untuk Kamar Ukuran 3x3 ?

Jika anda sudah bisa mendapatkan ukuran ruangan anda, anda bisa saja menggunakan PK Calculator, Hitung PK Mudah Hanya Butuh 15 detik kami untuk langsung mendapatkan ukuran PK yang dibutuhkan berapa. Sebagai gambaran berikut ukuran yang umum berikut dengan berapa PK yang dibutuhkan

  • Kamar 3x3 membutuhkan AC 1/2 PK
  • Kamar 3x4 membutuhkan AC 3/4 PK
  • Kamar 3x5 membutuhkan AC 1 PK
  • Kamar 4x4 membutuhkan AC 1 PK
  • Kamar 4x5 membutuhkan AC 1,5 PK
  • Kamar 4x6 membutuhkan AC 2 PK
  • Kamar 5x5 membutuhkan AC 2 PK
  • Kamar 5x6 membutuhkan AC 2 PK

Cara Menghitung Rumus Simpel Ukuran Kamar Sekian Meter Butuh AC Berapa PK

Pertama - tama anda harus mengukur kebutuhan Btu ruangan anda, Banyak artikel yang menyebutkan untuk menghitung Btu/H itu rumusnya (Luas Ruangan x 500), namun nilai ini sudah tidak lagi berlaku dan kurang akurat untuk cuaca Indonesia yang sekarang sudah semakin terik.

Perhitungan yang paling akurat bukanlah dikali 500, tapi dikali 537 untuk perumahan. Angka ini adalah hasil riset dari team R&D Daikin yang menemukan angka tersebut adalah angka yang paling cocok untuk kamar rumah di Indonesia.

Angka tersebut dapat digunakan pada kondisi yang paling normal yakni, tinggi plafon standar pada umumnya sekitar 3m, ruangan tertutup, kamar dihuni 1-2 orang dan AC cukup sejuk tidak dingin beku. Jika memiliki kondisi khusus anda dapat menggunakan advanced mode PK Calculator, Hitung PK Mudah Hanya Butuh 15 detik dengan mengklik tombol advanced mode.

Kita contohkan untuk ruangan dengan ukuran 3x4 berarti luas ruangan anda 12 m2. Kita kalikan 12 * 537 = 6.444 Btu/h. Artinya ruangan anda butuh AC yang bisa memenuhi kebutuhan tersebut. Apakah kita akan menggunakan AC 1/2 PK, yang hanya 5.000 Btu/h? Bisa saja sih, tapi jangan jamin ruangan anda akan cepat dinginnya.

Disarankan apabila sudah melewati kapasitas dari AC tersebut, misalnya 6.444 Btu/h sudah melewati kapasitas 1/2 PK, maka langsung menggunakan AC setingkat diatasnya yaitu 3/4PK dengan 7.000 Btu/h. Bahaya jika dipaksakan karena AC jadi tidak akan awet apalagi jika menggunakan teknologi inverter, yang ada bukannya hemat listrik malah akan jadi boros.

Konversi Btu/h ke Ukuran PK AC

Simpelnya jika anda memiliki ukuran yang lebih besar lagi, contohnya 8x8 = 64m2. Lalu anda coba kalikan 64 * 537 = 34.368 Btu/h. Anda dapat menghitung berapa kebutuhan PK nya dengan membaginya dengan 9.000. Karena 9.000 Btu/h itu sama dengan kebutuhan AC 1 PK.

Maka anda dapat membaginya 34.368 / 9.000 = 3.81 PK atau kita bulatkan keatas 4 PK. Jangan dibulatkan kebawah, karena AC anda akan kurang dingin, kurang awet dan jadi boros listrik jika tidak sesuai ukuran yang seharusnya.

Yang Mempengaruhi Perhitungan PK Selain Luas Ruangan

Ukuran dapat berbeda jika ukuran plafon lebih panjang dari 3m, karena kebutuhan AC akan lebih tinggi. Selain itu yang mempengaruhi adalah jenis lampu yang anda gunakan di kamar anda, karena lampu menimbulkan panas. Kemudian jenis kacanya juga mempengaruhi akan meredam sinar matahari atau tidak.

Penting juga mengetahui rumah anda menghadap ke Utara atau Barat, karena jika menghadap Barat maka rumah anda akan lebih panas sehingga membutuhkan PK yang lebih tinggi atau juga memperhitungkan akan ada berapa orang per 10m2 ruangan anda, jika ruangan tersebut digunakan untuk aktivitas lebih banyak, maka sebaiknya PK nya juga lebih tinggi. 

Sebaiknya anda menggunakan advanced mode PK Calculator, Hitung PK Mudah Hanya Butuh 15 detik untuk lebih akurat menghitung dengan kondisi" diatas.

Ada lagi yang mempengaruhi apakah yang dihitung adalah kebutuhan untuk rumah atau untuk restoran, karena perhitungan diatas adalah rumus untuk perhitungan di rumah. Sementara untuk perhitungan diluar itu bisa berbeda.

Diskusi & Pertanyaan (202)
Widodo
29 January 2020
Aslkum selamt Pagi, Izin Bertanya karena Blom pernah makai Ac, mint tolong Hitungkan Estimasi Tarif listrik harus di bayarkan bila kita masang AC ukuran 3/4 PK 1 buah trimksih
Official Admin
Selka.id
29 January 2020
waalaikum salam.. boleh bantu kakak m,au pakai produk yang mana kak?
Jun
27 January 2020
Selamat malam kak, mau tanya, saya ada 3 kamar dengan ukuran 3x4.5, kemudian 2.5x5 dan 2.53.7 dan daya listrik cuman 2200, kira2 yang cocok pakai ac berapa PK ya kak? Kemudian untuk ac daikin sendiri apa ada yang low watt? Atau ac low watt termasuk dalam tipe inverter? Karena saya coba browsing, beberapa situs mengatakan AC sendiri ada 3 tipe, standart, inverter dan trakir low watt
Official Admin
Selka.id
28 January 2020
selamat pagi kak untuk ukuran ruangan 3x4.5 kami rekomendasi minimal penggunaan ac 1pk, untuk ukuran 2.5x5 minimal penggunaan ac 3/4pk ya kak, dan untuk ukuran ruangan 2.5x3.7 bisa menggunakan ac 1/2pk ya kak untuk ac daikin kami tidak ada yang low watt ya kak, untuk type low watt ada nya merk lain kak low watt, inverter dan standar itu beda type ya kak, tidak sama
Eko
27 January 2020
Untuk mushola ukuran 25 x 25 meterberapa pk kak
Official Admin
Selka.id
27 January 2020
selamat sore kak, untuk ukuran 25 x 25 kami rekomendasi pemakaian ac 38pk total keseluruhannya ya kak, untuk jumlah ac bisa di sesuaikan dengan jumlah pk yang kami sarankan ya kak
Dini
23 January 2020
Ka, klo kamar panjang 3,5m , lebar 2 m, tinggi 3m. Kaya kontrakkan 2 petak.. ac ny ukuran brp ia ka. Sdgkan punya daya listrik 13000 di gunakan untuk ac n kulkas saja
Dini
23 January 2020
Mksdny daya listrik 1300
Official Admin
Selka.id
24 January 2020
selamat pagi kak, untuk ukuran ruangan panjang 3,5m , lebar 2 m, tinggi 3m, bisa menggunakan ac 1/2pk ya kak, untuk daya listrik rendah, kakak bisa gunakan ac low watt ya kak
Cikgu
23 January 2020
Ukuran kamar saya 4 x 3.5 x 3 m udh kepasang AC yang ½ PK gimana itu kak??????
Official Admin
Selka.id
23 January 2020
Untuk ukuran kamar 4 x 3.5 x 3 m kami rekomendasi pemakaian ac minimal 1pk kak, jika kurang resiko tidak dingin kak
Dhofa
25 January 2020
Malam kak..mau tnya untuk ukuran kamar 4x5 butuh brapa pk ya kak??
Official Admin
Selka.id
27 January 2020
untuk ukuran ruangan 4x5 kami rekomendasi minimal penggunaan ac 1.5pk ya kak
Alda
20 January 2020
Kamar saya 3x4. Sering isi 3 orang dewasa. Bagaimana kalau pasang 1pk standar?
Official Admin
Selka.id
20 January 2020
selamat siang kak, untuk kamar 3x4 kami rekomendasi minimal penggunaan ac 3/4pk ya kak, namun jika kakak mau menggunakan ac 1pk itu lebih baik ya kak, karena jumlah orangnya juga lumayan kak
arik sugiarto
20 January 2020
ruangan kantor saya 4 x 8 m rencana mau beli ac yg 1pk apa bisa, ruangan cuma ada 1orng ? idealnya pake berapa PK ya ? terima kasih
Official Admin
Selka.id
20 January 2020
selamat pagi kak, untuk ukuran 4 x 8 m kami rekomendasi minimal penggunaan ac 2pk ya kak
arik
20 January 2020
ruangan kantor saya ukuran 4 x 8 M idealnya pake ac berapa pk ya, ini rencananya mau beli 1buah yg 1pk apa cukup ? terima kasih
Official Admin
Selka.id
20 January 2020
selamat pagi kak, untuk ukuran 4 x 8 m kami rekomendasi minimal penggunaan ac 2pk ya kak jika pakai 1 pk, resiko tidak dinginnya lumayan tinggi kak
Puput wijayanto
20 January 2020
Kami mau pasang AC masjid dengan luas 144m2 , dng tinggi plafon 4m , brp kebutuhan AC dan PK yg di gunakan. Dan brp data listrik yg dibutuhkan? Apakah penggunaan AC split inverter cocok utk masjid tersbt atau split yg biasa saja. Mohon sarannya Terima kasih
Official Admin
Selka.id
20 January 2020
selamat pagi kak, untuk ukuran ruangan luas 144m2 kami rekomendasi minimal penggunaan ac 9pk, namun karena tingginya mencapai 4m kami rekomendasi di naikan 1pk ya kak, jadi 10pk kak, untuk jumlah bisa di sesuaikan dengan kebutuhan kakak ya kak mau berapa unit nya asalkan jumlah pk sesuai totalnya kak, untuk ac kami memang rekomendasi yang inverter ya kak, karena lbih cepat dingin dan bisa hemat listrik juga kak
albi
19 January 2020
kalo utk kamar 2x3 meter, pake berapa pk ya ?? utk 3 orang. dan bagus nya tipe inverter/standar/lo w watt ya ??
Official Admin
Selka.id
20 January 2020
selamat pagi kak, utk kamar 2x3 kakak bisa gunakan ac 1/2pk ya kak, kami rekomendasi untuk ac inverter ya kak
albi
21 January 2020
kalo kamarnya itu gk pake pintu, apa gpp pake yg 1/2 pk ?? sdangkan sluruh ruangan nya 3x4 mter,,
Official Admin
Selka.id
21 January 2020
jika kamar nya tidak ada pintu, kami rekomendasi kan pemakaian ac diatas minimal kami ya kak, jika seluruh ruangan total 3x4 mter kami rekomendasi pemakaian ac minimal 1pk ya kak
albi
21 January 2020
maaf, kalo tegangan listrik rumahnya 900kwh. ada kulkas 1 pintu,,mesin cuci 2tabung,,TV 29inc,, kira lebih baik pake AC yg brapa pk ya ???
Official Admin
Selka.id
22 January 2020
untuk penggunaan daya listrik rendah dan pemakaian elektronik lumayan banyak, kami sulit untuk merekomendasi kan nya kak, berdasarkan ukuran ruangan kami rekomendasi ac 1pk, namun untuk daya ac 1pk sudah lumayan tinggi, dan jika pemakaian dibawah 1pk pun daya listrik nya masih lumayan tinggi, resiko tidak dinginnya juga tinggi jika penggunaan ac dibawah rekomendasi gitu kak
fery
15 January 2020
mau tanya, kalau untuk ruang kelas sekolah, bagusnya tipe ac apa ya? inverter? standard? atau yg low watt? dengan asumsi sering keluar masuk siswa.
Official Admin
Selka.id
15 January 2020
selamat siang kak, boleh bantu ukuran ruangannya berapa kak?
Dwiyami
13 January 2020
Kalo untuk ac portable dipakai ditenda maksudnya untuk disewakan itu perlu AC yg bagaimana n PK berapa ? maaf karena belum pengalaman atau dipakai digedung.
Official Admin
Selka.id
14 January 2020
selamat pagi kak, untuk ukuran pk kami disesuaikan dengan ukuran ruangannya kak jika ruangan dan tenda memiliki ukuran yang sama kemungkinan bisa di gunakan di kedua tempat ya kak
Edwar
06 January 2020
Masjid ditempat kami dua lantai berukuran 20x20m Tinggi plafon 4m. Lantai kedua ruangannya separo berbentuk huruf U. Berapakah kebutuhan Ac yg di butuhkan?
Official Admin
Selka.id
06 January 2020
selamat pagi kak, untuk ukuran ruangan 20x20m kami rekomendasi total pemakaian ac minimal 24pk ya kak untuk ukuran tinggi perhitung kami max 3m kak, karena tinggi masjid kakak 4m, kakak bisa lebih kan ukuran pk 0,5-1pk dari minimal rekomendasi kami ya kak
Official Admin
Selka.id
06 January 2020
untuk ukuran masjidnya masing masing 20x20m, atau total keseluruhannya kah kak?
edwar
06 January 2020
Pake ac apa pak, yg model standing atau model lain? Berapakah ac standing yg dibtuhkan utk lantai dasar dan brp di lantai 2. trimaksh
Official Admin
Selka.id
06 January 2020
untuk ukuran ruangan 20x20m, ini perlantai atau bagaimana ya kak?
Official Admin
Selka.id
06 January 2020
jumlah nya dihitung dari total pk yang harus dipakai dan dibagi dengan jumlah pk yang akan di pakai dari masing masing ac nya kak
edwar
08 January 2020
iya pak... Kl modelnya ac nya gimana, lebih efektif ac yg mana. Lebih efektif yg model standing atau model yg lain
Official Admin
Selka.id
08 January 2020
sebenarnya semua ac efektif asal sesuai dengan penggunaan pk nya kak, jadi tergantung kakak suka nya yang mana ya kak, bisa dipilih antara ac split atau ac floor standing atau ac type lainnya ya kak
David s
30 December 2019
Mau tanya....untuk ruangan luas 4.8 x 4.8 tinggi 3.5 meter.. brapa PK yg di sarankan..trima kasih...
Official Admin
Selka.id
03 January 2020
selamat pagi kak, untuk ruangan luas 4.8 x 4.8 tinggi 3.5 meter kami rekomendasi minimal pemakaian ac 2pk ya kak
Aditya
25 December 2019
Apakah boleh menggunkan AC 1/2 PK untuk toko ukuran 3.5 x 7 ?
Official Admin
Selka.id
26 December 2019
selamat pagi kak, untuk ukuran ruangan 3.5 x 7 kami rekomendasi minimal penggunaan ac 2pk ya kak
Yose Rianugraha
20 December 2019
Kamar berukuran panjang 4m, lebar 3m, tinggi 3m hadap selatan, menggunakan AC 1PK inverter apakah cukup?
Official Admin
Selka.id
21 December 2019
untuk ukuran ruangan panjang 4m, lebar 3m, tinggi 3m, kita rekomendasi minimal penggunaan ac 3/4pk, jadi kalau kakak mau pakai yang 1 pk juga lebih bagus ya kak
kaka
10 January 2020
klo kamarnya menghadap utara bisa pke yg 0.5 PK
Official Admin
Selka.id
10 January 2020
untuk minimal penggunaan ac kami 3/4pk ya kak jika dibawah 3/4pk akan ada resiko tidak dinginnya kak
Aysiap
18 December 2019
Kak mau nanya kalau untuk koskosan ukuran 3x4 bagusnya pake yg 1/2 atau 3/4 ya?
Official Admin
Selka.id
19 December 2019
selamat pagi kak, untuk ukuran ruangan 3x4 kami rekomendasi minimal penggunaan ac 3/4pk ya kak
Astrid
17 December 2019
Kak, kalau ukuran kamar 5x3 pakai AC yg berapa PK ya?
Official Admin
Selka.id
18 December 2019
selamat pagi kak, untuk ukuran ruangan segitu kita rekomendasi pemakaian ac minimal 1 pk ya kak
Yudhiarso
16 December 2019
Ac ruangan yg rekomended apa ya...
Official Admin
Selka.id
17 December 2019
untuk ac kami rekomendasi ac inverter ya kak, namun untuk kebutuhan pk harus di lihat dari ukuran ruangannya juga kak
Anto
13 December 2019
Selamat malam kak. untuk ruangan 80x45 dengan tinggi 15 meter,berapa PK untuk AC standing floor.daikin
Official Admin
Selka.id
14 December 2019
luas ruangannya 80x45 dengan tinggi 15 meter kak? ini aula atau bagaimana ya kak?
Aripin
12 December 2019
Mau tanya gan, ruangan 3,5 L x 2,5 P x 3,2 T kalo AC Inverter pake brp PK ?
Official Admin
Selka.id
13 December 2019
selamat pagi kak, untuk ukuran ruangan 3,5 L x 2,5 P x 3,2 T kita rekomendasi pemakaian ac minimal 1/2pk inverter ya kak
Official Admin
Selka.id
13 December 2019
untuk merk kakak mau yang mana kak? karena ac inverter kami lumayan banyak kak
Doni
09 December 2019
Mau nanya untuk ruangan 3.6 x 4.8 pakai ac berapa PK ya gan?
Official Admin
Selka.id
10 December 2019
selamat pagi kak, untuk ukuran ruangan segitu kita rekomendasi pemakaian ac minimal 1,5pk ya kak
Mike
09 December 2019
Untuk ruangan uk 3x4, apakah pakai AC 3/4 atau 1 PK? Jika disarankan 3/4PK tapi tetap pakai yg 1 PK apakah ada pengaruh nya?
Official Admin
Selka.id
10 December 2019
untuk ukuran ruangan segitu kita rekomendasi minimal 3/4pk ya kak, pemakaian pk lebih tinggi bisa ya kak, untuk tingkat kedinginan yang diinginkan lebih tinggi jika pk nya lbih tinggi ya kak
Sayaka
07 December 2019
Ruangan kamar saya 3x3 dan AC saya inverter LG UK 1/2pk. Kok dingin nya segitu aja ya. Jadi biasa kita setel suhu 27. Pas saya turunin jadi 22. Dingin nya tetep segitu aja. Itu kenapa ya
Official Admin
Selka.id
07 December 2019
selamat pagi kak, untuk ac nya pemasangan kapan dan sampai sekarang masih begitu kah kak?
Official Admin
Selka.id
07 December 2019
untuk pembeliannya dimana ya kak?
Abemaru
04 December 2019
Klo ukuran 4x3 tinggi 2.4 butuh yg brp PK ya kak? Ini buat toko kue, yang pintu akan selalu di buka tutup, apakah lebih baik pake yang low Watt?
Official Admin
Selka.id
05 December 2019
selamat pagi kak, untuk ruangan ukuran 4x3 tinggi 2.4 kita rekomendasi pemakaian ac minimal 3/4pk ya kak, untuk toko kita rekomendasi pemakaian ac dengan pk yang lebih tinggi ya kak, untuk penggunaan tegangan yang lebih rendah bisa pakai yang low watt tapi untuk toko yang akan sering di kunjungi oleh banyak orang kita rekomendasi yang inverter ya kak
Aa
04 December 2019
Untuk kamar tidur 3.2x4.8 meter, pakai ac brp pk yah untuk tipe inverter ?
Official Admin
Selka.id
05 December 2019
untuk ukuran ruangan segitu kita rekomendasi pemakaian ac minimal 1 pk ya kak, kita rekomendasi penggunaan ac inverter ya kak
Syamsul
03 December 2019
Saya terlanjur beli ac 1/2 pk dan pasang untuk kamar 4.5x4 m untuk dinginx prosesx lama bgaimana itu apakah boros atau bgaimana pak
Official Admin
Selka.id
03 December 2019
untuk ukuran kamar 4.5x4 m kita rekomendasi pemakaian ac minimal 1,5pk ya kak
Official Admin
Selka.id
03 December 2019
jika pk dibawah itu maka resiko tidak dingin dari ac nya tinggi
Gilang
01 December 2019
Selamat mlm, saya mau tanya. Utk Ruang keluarga 4.8x4.2x3.5 tanpa ada sekat ke ruang tamu dan dapur. Sebaiknya menggunakan ac brp PK dan jenis ac nya? Thx
Official Admin
Selka.id
02 December 2019
selamat pagi kak, untuk ruangan ukuran segitu kita rekomendasi minimal pemakaian ac 1,5pk ya kak, jika tidak ada sekat lebih baik menggunakan ac dengan pk lebih tinggi agar tingkat kedinginan yang diinginkan lebih baik ya kak, kita rekomendasi ac inverter ya kak
Ockye
30 November 2019
Maaf, Musholla ditempat saya berencana memasang AC, luas 80m² bentuk memangjang. Dinyalakan hanya untuk malam sampai jam 5 s/d jam 8 an. Kira² yang cocok berapa pk dan pakai berapa unit, lalu dibutuhkan daya listrik berapa? Hanya ada sekitar 6 lampu dan Speaker. Sekitar kurang dari 300watt Terimakasih
Official Admin
Selka.id
30 November 2019
untuk ukuran ruangan 80m² kita rekomendasi penggunaan ac minimal 5pk ya kak, kakak bisa order ac 5 unit dengan masing masing 1pk atau 3 unit ac dengan masing masing ac 2pk 2 unit 1pk 1 unit ya kak.. untuk watt sesuai dengan ukuran masing masing pk dari ac yang akan di gunakan ya kak
Gisban
25 November 2019
Bagaimana menghitung aula dengan panjang 36m lebar 23m dan tinggi 9m ?
Official Admin
Selka.id
26 November 2019
selamat pagi kak, untuk ukuran ruangan segitu kita rekomendasi menggunakan ac minimal total 50pk, atau bisa menggunakan ac floor standing masing masing 5pk 10 unit ya kak
Gisban
25 November 2019
Bagaimana jika tinggi ruangan lbh dari 3m, seperti seperti gedung aula apakah sama hitungannya
Official Admin
Selka.id
26 November 2019
kita bisa perkiraan dari panjang dan lebarnya ya kak, untuk tinggi juga bisa di perkirakan juga ya kak
gede bali
25 November 2019
untuk ruangan luas 18m2 brp kebutuhan ac yg paling ideal? tks
Official Admin
Selka.id
25 November 2019
selamat siang kak, kita rekomendasi minimal menggunakan ac 1,5pk ya kak
Made
24 November 2019
Ruangan saya 3x4 dan pakai 1/2 PK. Kok tidak mau dingin ya? Ukuran 3x4 m sebaiknya pakai AC berapa pk? Terimankasih
Official Admin
Selka.id
25 November 2019
selamat pagi kak, untuk ukuran ruangan segitu kita rekomendasi minimal menggunakan ac 3/4pk kak
Rony H.P
21 November 2019
Kalo saya mau pasang di unit apartemen type studio dg luas 22 M2 apakah minimalnya yg 1,5 PK?
Official Admin
Selka.id
22 November 2019
selamat pagi kak, untuk ukuran ruangan segitu kita rekomendasi ac minimal 1,5pk ya kak
Amel
19 November 2019
Kalau ukuran kamar 3x3 apakah boleh pakai 3/4 PK, bermasalah kah kalau pakai yg 3/4 PK? Atau hanya disarankan 1/2 PK saja ? Lebih baik yg mana?
Official Admin
Selka.id
19 November 2019
untuk ukuran kamar 3x3 bisa pakai 3/4 juga ya kak untuk tingkat kedinginan yang lebih tinggi, namun untuk standarnya ruangan segitu pakai yang 1/2 pk kak
Dian adhi
18 November 2019
Saya terlanjur beli smile inverter daikin 1 pk ukuran kamar 6x3,6 gimana ya untuk memaksimalkan yang udah ada tanpa ganti ac lagi,soalnya baru beli kira2 bisa dingin ga?,terima kasih
Official Admin
Selka.id
18 November 2019
untuk ukuran kamar 6x3,6 kita rekomendasi ac 1,5pk ya kak, jika dibawah itu nanti untuk tingkat kedinginannya kurang ya kak
Itho
15 November 2019
Kak, ruangan saya 4.6. Apakah cukup menggunakan AC 1 PK?
Official Admin
Selka.id
16 November 2019
selamat pagi kak, ini untuk ukurannya maksudnya 4x6 atau 4,6m ya kak? untuk ukuran 4x6 kita rekomendasi ac 2pk ya kak, untuk ruangan 4,6m kita rekomendasi yang 1/2pk ya kak
SigiT
14 November 2019
Misi pak,ni mau tanya tuk toko ukuran 7,5m x 9m,sebaiknya menggunakan ac berapa...dan masing berapa pk,terus gimana biar hemat listriknya,,, makasih sebelumnya mohon pencerahanya
Official Admin
Selka.id
16 November 2019
selamat pagi kak, untuk ukuran ruangan 7,5m x 9m kita rekomendasikan ac 4,5pk ya kak, kakak bisa order ac 3 unit dengan 2 unit 2pk dan 1 unit 1/2pk kak, atau 4 unit dengan 3 unit 1pk dan 1 unit 1,5pk ya kak
Vita
12 November 2019
Halo... Saya mau buat cafe di 2 ruko digabung. Masing2 ruko luasnya 4.8mx14m. Jadi 2 ruko 9.6×14m. Saya ingin mengkombinasi AC dgn kipas gantung di plafon untuk menghemat listrik. Penggunaan AC dr pagi s.d malam. Mohon masukannya apakah cukup jika saya hanya memasang 4x1PK AC? Dan lebih bagus mana untuk cafe/resto, apakah menggunakan tipe low watt/inverter untuk menghemat konsumsi listrik? Karena yg saya baca low watt cocok untuk penggunaan 2-3 jam saja. Sedang inverter cocok untuk ruangan yg j
Official Admin
Selka.id
12 November 2019
selamat pagi kak untuk luas ke dua ruko kita rekomendasi masing masing ruko menggunakan ac 4pk ya kak.. kakak bisa order 2 unit ac dengan masing masing ac 2pk atau 4 unit ac masing masing 1pk untuk ruko atau cafe kita rekomendasi yang inverter ya kak, karna tingkat kedinginan nya juga berbeda apalagi kalau akan ada banyak pelanggang yang datang
Yudi
11 November 2019
Pak, bisa kah ac 1/2 pk d pake 2 ruangan yg ukuran nya 3,5x3,5 dngn 3,5x3m?
Official Admin
Selka.id
12 November 2019
selamat pagi kak untuk masing masing ruangan kita rekomendasi menggunakan ac 3/4 pk ya kak tapi untuk kebutuhan tingkat kedinginan yang diinginkan tinggi yang 1/2pk kami rekomendasi ya kak
Raka
05 November 2019
Raka disini, melanjutkan posting sebelumnya karena terpotong: - coffee shop ini tidak memiliki dapur Pertanyaan: - berapa total PK yg direkomendasikan, dan di split ke berapa unit? mengingat space kecil,tetap harus ada meja yg tidak terlalu tersembur angin AC, karena terkadang ada customers yg minta ditempatkan area yg tidak tersembur angin. Terima kasih.
Official Admin
Selka.id
05 November 2019
selamat pagi kak untuk ukuran ruangan 4.5x5.5m kita rekomendasi ac 2pk ya kak, kakak bisa pembelian 2 unit ac yang masing masing 1pk atau 1 ac dengan 2pk
Official Admin
Selka.id
05 November 2019
selamat pagi kak untuk ukuran ruangan 4.5x5.5m kita rekomendasi ac 2pk ya kak, kakak bisa pembelian 2 unit ac yang masing masing 1pk atau 1 ac dengan 2pk
Raka
05 November 2019
Thanks kak Admin Selka, berguna sekali tips-nya. bagaimana kalau: opsi 1: 2 ac, masing2 1.5pk vs.opsi 2: 2 ac,masing2 2pk? kalau bisa diinformasikan, keuntungan, dan kelebihan opsi 1 vs.opsi 2 Terima kasih
Official Admin
Selka.id
06 November 2019
selamat siang kak untuk keperluan yang diinginkan jika ingin lebih dingin menggunakan pk yang lebih besar ya kak
Raka
05 November 2019
Pagi mas, mau tanya kira2 AC yg dibutuhkan utk sebuah coffee shop kecil. Dimensi ruangan: 4.5 x 5.5 Jarak lantai ke plafon: 3.5mtr cenderung pendek. Natural light hanya datang dari kaca depan/pintu masuk: 2.5mtr x 23mtr, sisa 3 sisi coffee shop adalah tembok Jumlah orang: 16= 4 karyawan + 10-12 customers kalau penuh Pemakaiaan: sepanjang hari Catatan: - coffee shop ini akan memiliki beberapa peralatan kopi dan makanan yg akan menimbulkan panas/heat misal. mesin kopi, microwave, hot water boil
Official Admin
Selka.id
05 November 2019
selamat pagi kak untuk ukuran ruangan 4.5x5.5m kita rekomendasi ac 2pk ya kak, kakak bisa pembelian 2 unit ac yang masing masing 1pk atau 1 ac dengan 2pk
Rimaldi Kurniawansyah
02 November 2019
Kak kalau untuk ruangan 3x4, tembok luar terkena sinar matahari pagi dan sore hari, dan suhu kamar rata rata 34 derajat celsius menggunakan ac inverter 3/4 pk apakah cukup ??
Official Admin
Selka.id
04 November 2019
selamat pagi kak untuk ukuran ruangan segitu cukup ya kak, tapi kalau kakak ingin lebih dingin bisa menggunakan pk yang lebh tinggi ya kak
Mita Erliyana
02 November 2019
Selamat siang, saya mau tanya kontrakan saya kan 3x6 tanpa ada sekat dri ruang tamu,kamar,langsung dapur,saya ingin mendinginkan kamar saja, kira2 1/2 pk ckup ga ya? Atau btuh pk lebih besar krna tdk ada sekat2nya?
Official Admin
Selka.id
04 November 2019
selamat pagi kak untuk ukuran ruangan segitu kita rekomendasi ac ukuran 1,5pk ya kak
Aurdiyansah
31 October 2019
Maaf kak mau tanya, kalau ruangan 6x3x2,5 menggunakan ac jenis inverter 1 pk mengabiskan 7 Kwh per 12 jam pmakaian ac, apakah itu normal kak?
Official Admin
Selka.id
01 November 2019
selamat pagi kak boleh bantu merk ac nya kak?
Official Admin
Selka.id
01 November 2019
selamat pagi kak boleh bantu merk ac nya kak?
Aurdiyansah
17 November 2019
Samsung inverter 1 pk gan
Aurdiyansah
17 November 2019
Smsung inverter 1 pk gan
Official Admin
Selka.id
18 November 2019
mohon maaf kak untuk ac samsung nya kita ready yan standar ya kak
Caca
19 November 2019
Halo ka, saya ingin tanya kamar saya uk nya 2.5x3 kira ac nya yg brapa pk? Terus daya listrik nya cuma 450 watt pake yg low watt apa inverter ka? Yg irit listrik yg mana ka?
Official Admin
Selka.id
20 November 2019
untuk ukuran ruangan 2.5x3 bisa pakai ac 1/2pk ya kak, untuk yang tegangannya rendah kakak bisa pakai yang low watt namun untuk hemat listrik kakak bisa pakai yang inverter ya kak
Riko
29 October 2019
Saya punya ruang keluarga yg tidak tertutup dgn ruang tamu dan dapur. Masing2 ruangan ukurannya 3x4 m. Apakah bisa saya pasang ac 2PK hanya di ruang keluara saja, dgn harapan ac tersebut bisa mendinginkan ruang sebelahanya. Atau harus pasang ac di masing masing ruangan? Terimakasih
Official Admin
Selka.id
30 October 2019
selamat siang kak untuk yang 2pk cukup untuk ukuran kedua ruangan ya kak
Adellia
21 October 2019
Hai kak mohon di jawab ya , untuk kamar ukuran Panjang 3.5 M Lebar 2.5 M Tinggi 3.5 M Baik nya memakai AC dg PK berapa ? Terimakasih
Official Admin
Selka.id
21 October 2019
Selamat pagi kak, disarankan menggunakan 1/2 pk ya kak.
Lefran
20 October 2019
saya mau tanya donk Kak, Berapa PK AC yang saya butuhkan jika besar ruang kamar saya adalah P=6m, L=4,8m, T=4m ? Terima kasih
Official Admin
Selka.id
21 October 2019
Selamat Pagi. Disarankan menggunakan 3 PK ya kak, untuk ukuran diatas
Ismail
18 October 2019
Mau nanya, kalau uk. Ruangan P=15m, L=12m, T=5 di butuhkan brp AC dan PKnya.. Mohon solusinya berhubung masjid mau gunakan. Dan apabila menggunakan AC standing bagusnya brp unit dan PK untuk rekomendasinya
Official Admin
Selka.id
19 October 2019
Selamat Pagi, untuk ukuran diatas disarankan menggunakan ukuran 12- 15 pk, untuk berapa unitnya standingfloor mau di variasikan tergantung kakak, bisa langsung di cek standing floor kami yaa, bisa di klik link di bawah ini https://www.selka.id/jual-ac-standing
wawan
17 October 2019
Sore kak. Mau tanya ruangan ukuran 9x9 isinya komputer 22 unit nyala semua. Berapa ukuran AC yg dibutuhkan? Terimakasih
Official Admin
Selka.id
18 October 2019
Selamat Pagi, untuk ukuran ruangan 9x9m disarankan menggunakan 5 PK kak
Ahmad rifai
12 October 2019
Antara 1pk dan 1/2pk.dengan kapasitas kamar 4x4. Tagihan listrik lebih besar mana ya. Trima kasih????
Official Admin
Selka.id
12 October 2019
Selamat Siang. untuk ukuran 4x4m disarankan menggunakan 1 PK ya
Julian
10 October 2019
Halo, mau nanya merk ac apa yg di sarankan selain DAIKIN yah?
Official Admin
Selka.id
10 October 2019
Selamat Siang. gree gan, bagus juga. "AC Gree Tipe C3E yang paling laku - wattnya lebih rendah dari yang lain - ada 3 tahun garansi sparepart, 5 tahun kompressor"
Julian
06 October 2019
Halo Kak, kalau ruangan membutuhkan ukuran 1,5PK, mending beli AC yg langsung 1,5PK ato mending 1 PK dan 3/4 PK? soalnya saat ini ruangan sudah ada AC nya dengan 3/4 PK, tapi tidak dingin. Setelah di hitung ulang, ternyata ruangan memerlukan ukuran 1,5PK. Terima kasih
Official Admin
Selka.id
07 October 2019
Selamat Siang, agan bisa juga order 1 PK lagi aja gan, jika 3/4 sudah ada
julian
08 October 2019
Lebih baik di pecah 2 gitu atau mending 1,5PK tapi 1 unit? Secara kan kl 1 unit lebih irit juga : Tapi bagaimana kekuatan ac dengan PK besar? Apakah akan lebih sering bocor?
Official Admin
Selka.id
08 October 2019
Selamat Pagi . lebih baik langsung 1,5 PK pak/bu. jika sudah ada ukuran 3/4 Pk, bapak bisa beli 1 PK lagi aja untuk menambahkan
julian
09 October 2019
Kalau boleh kasih saran, mending beli merk apa selain daikin?
Official Admin
Selka.id
09 October 2019
Selamat Pagi. jika bapak sudah memiliki 3/4 pk bapak bisa beli untuk ukuran 1 pk lagi agar lebih dingin
julian
09 October 2019
Terima kasih atas saran nya untuk membeli yg 1PK saja. Tapi pertanyaan nya adalah merk apa yg di sarankan selain Daikin.
Official Admin
Selka.id
09 October 2019
Selamat Sore. jika sudah tersedia 3/4 pk maka bisa di tambah 1 pk yaa
Vina
05 October 2019
Utk ruang tamu 7×3 saya ingin pakai AC 1PK aja bisa ga sih...
Official Admin
Selka.id
07 October 2019
Selamat Siang. untuk ukuran ruangan 7x3 m disarankan menggunakan 1,5 PK ya kak
Jessica
18 September 2019
Halo Kak, untuk ruangan 7x6 m pakai ac yang berapa pk ya? Terima kasih.
Official Admin
Selka.id
18 September 2019
Selamat Pagi. untuk ukuran ruangan 6 x 7 meter disarankan menggunakan ukuran 3 PK ya pak/bu
Lian
17 September 2019
Selamat Siang untuk ruangan lebar 25m x panjang 27m pakai AC 2,5PK kira2 berapa pcs baik nya ? terima kasih
Official Admin
Selka.id
17 September 2019
Selamat Sore. kami cek terlebih dahulu ya pak/bu
Gemilang Zein
07 September 2019
Untuk kamar ukuran 4 x 5 x 3 brpa pk ideal nya? Kalau memakai ukuran ac yang gak sesuai dampak nya seperti apa, tolong dijelaskan ya, terima kasih
Official Admin
Selka.id
09 September 2019
Selamat Pagi. untuk panjang x lebar 4x5 meter . disarankan mengunakan ukuran 1,5 pk ya pak/bu. jika di bawah dari itu kemungkinan akan tidak dingin di ruangannya ,
Gemilang Zein
11 September 2019
Pengaruh terhadap penggunaan listrik bagaiamana? Trus ditawarin ac stngah 1 aja, tpi dengan watt yang tinggi, kata teknisi nya watt yang besar = ac lebih bertenaga
Official Admin
Selka.id
12 September 2019
Selamat Pagi. untuk panjang x lebar 4x5 meter . disarankan mengunakan ukuran 1,5 pk ya pak/bu. jika di bawah dari itu kemungkinan akan tidak dingin di ruangannya
Amel
05 September 2019
Kalau ruangan 8x3 harus pakai ygBrp PK yah?
Official Admin
Selka.id
05 September 2019
Selamat Siang. untuk ukuran 8x3 disarankan menggunakan 2 PK ya pak/bu
juharti
04 September 2019
mau minta bntuan nya.. klo ruangan 4 x 4 bagusnya 1/2 pk ato 3/4 pk ? kira2 merk ac yg low watt apa yh yg bgus saran?
Official Admin
Selka.id
05 September 2019
Selamat Pagi. untuk ukuran ruangan 4 x4 m disarankan menggunakan 1 PK . gunakan yang daikin pak/bu.
Harry Dimas
02 September 2019
Selamat malam master Bantu jawab dong Saya kontrak kosan ukuran ruangan 4x6 meter Tp listrik cm 900what Saat ini pake AC 1pk, dan listrik tidak kuat, selalu padam. Klw saya pakai 1/2 PK , apakah ruabgan tetap bisa dingin? Mengingat krna kontrakan sy tidak punya kuasa upgrade kapasitas listrik. Mohon solusinya Master... ????
Official Admin
Selka.id
03 September 2019
Selamat Pagi. disarankan untuk ruangan 4x6 itu 2 pk ya bu/pak karena kami berpatokan pada ruangan . jika ukuran ruangan 4x6 menggunakan 1/2 PK berpotensi ruangan kurangdingin .
Andre
22 August 2019
Awal nya sya kurang paham masalah brapa pk...ukuran nya setelah tanya mending 2/4 ????????????
Official Admin
Selka.id
23 August 2019
Selamat Pagi. maksudnya apa yaa bu/pak untuk 2/4 ? mohon untuk dijelaskan lebih perinci bu/pak
Andre
22 August 2019
Sore pak bos sya baru beli AC 1/2 pk ruangan sya kontrakan petakan lebar 3 meter..panjang 7 meter dingin nya cuman d tengah..alhasil out dor nyalah terus.mulai dri jam 7 malem sampai jam 6 pagi apakah itu bisa awet bos atow boros listrik..
Official Admin
Selka.id
23 August 2019
Selamat Pagi, untuk rungan yang luasnya 3x7 m disarankan menggunakan ukuran 1,5 pk pak/bu. jika menggunakan 1/2 pk untuk ukuran 3x7 tidak disarankan akan membuat boros listrik pak/bu
novran
19 August 2019
pak mhn ijin bertanya .. kalau luas ruangan 5x3 tinggi kira kira 3,5 m apakah bisa menggunakan 1/2 Pk .. jikalau tidak , maka menggunakan ac yang berapa PK .. terimakasih
Official Admin
Selka.id
19 August 2019
Siang gann, untuk ukuran ruangan diatas minimal 1 PK, tapi untuk mendapatkan ruangan yang lebih dingin di anjurkan yang 1.5 PK gann
darwin
15 August 2019
kl utk ruangan perangkat-perangkat server gmn pak, apakah berlaku rumus perhitungan diatas?? mohon pencerahannya pak
Official Admin
Selka.id
15 August 2019
Selamat Sore. Untuk ruangannya perlu rumus juga, karena keluasan ruangan berpengaruh ke tingkat kedinginan ruangan ya pak/bu
darwin
15 August 2019
ada no wa pak, biar enak komunikasinya
Official Admin
Selka.id
15 August 2019
Selamat Sore. Selamat Sore. Untuk ruangannya perlu rumus juga, karena keluasan ruangan berpengaruh ke tingkat kedinginan ruangan ya pak/bu
petman siahaan
13 August 2019
Mau nanya gan, biasanya klau mbeli ac, berapa meterkah pipa yang didapat, makasih
Official Admin
Selka.id
13 August 2019
untuk pipa tergantung paket pemasangan yang agann order, kita ada 3m, 5m, 8m, 10m, 15m
Hendri
30 July 2019
Mau nanya gan, merk ac yang bagus buat kamar tidur apa gan dan luas kamar ya 3,7 m lebar x 4,5 m panjang × 3 m tinggi? Maksih atas jawabanya..
Official Admin
Selka.id
31 July 2019
Pagi gann, untuk ukuran segitu disarankan ac 1 PK untuk saat ini best seller kita ada Daikin & Gree gann
ETWARD TAMAELA
21 July 2019
Pelayanan yang pasang ac bagus banget. Masang nya juga ok. Awalnya saya kesal karena memang pas pesan di blibli.com sabtu bayar selasa pun statusnya masih proses . Saya complaint ke blibli karena menurut saya kelamaan. Makasih
Official Admin
Selka.id
22 July 2019
Pagi gann, Mohon maaf sebelumnya, untuk estimasi pengiriman 2-4 hari kerja setelah orderan kami terima, pemasangan H+1 setelah ac diterima, tidak termasuk hari sabtu, minggu, dan tanggal merah, kedepanya kami akan berusaha meningkatkan pelayanan kami, Terimakasih
Feri Satria
09 July 2019
Mau tanya gan Panjang Ruangan 6,80 m Lebar Ruangan 15,70 m Tinggi Plafond 3,20 m Kira2 butuh berapa PK ya gan? Terima kasih
Official Admin
Selka.id
09 July 2019
untuk ukuran ruangan yang 6,80 x 15,70 . tidak dapat menggunakan AC Split. karena membutuhkan 6 PK. harusnya menggunakan AC Cassette 3 pk 1 unit dan 4 pk 1 unit. bisa diklik link di bawah ini. https://www.selka.id/daikin-fcnq36mv14-rnq36my14-ac-cassette-4-pk-standard-remote-wireless-3785.html https://www.selka.id/daikin-fcnq26mv14-rnq26my14-ac-cassette-3-pk-standard-3-phase-remote-wireless-3780.html
utria
01 July 2019
mo nanya klo ruangan panjang 6 meter lebar 4 meter tinggi 4 meter, penghuni 2 orang dewasa + 1 anak berapa pk kebutuhan ac nya makasih
Official Admin
Selka.id
01 July 2019
di sarankan pake ac 2 pk gann
Reiza Pramadiyaz
23 June 2019
Gan mau nanya kalau untuk masjid P : 10,5 m L : 11 m T : 4.5 m Pake ac brapa PK gan?
Official Admin
Selka.id
26 June 2019
Pagi gann, untuk ukuran diatas disarankan untuk menggunakan ac 2 pk sebanyak 4 unit gann
Setiawan
16 June 2019
Kalau ukuran ruangan Lebar :3.6m Panjang :4.7m Tinggi :5.5m AC 1/2 PK ... Dingin gak.? Trimsh.
Official Admin
Selka.id
18 June 2019
Siang gann, disarankan untuk menggunakan ac 1.5 pk, mengingat tingginya plafon mencapai 5.5m
Roma Maulid
10 June 2019
ASSALAMUALAIKUM mau nanya kalu ruangan luas nya 3x5 dibutuhkan AC yang berapa PK biar ruangan terasa dingin... TERIMAKASIH
Official Admin
Selka.id
18 June 2019
Siang gann, disarankan untuk ac 1 pk gann
Ivan
07 June 2019
Saya punya toko 2,5x4m yang aktif dr jam 10 pagi-jam 9 malam.. Jenis ac dan merk apa yg cocok untuk saya ...terima kasih..
Official Admin
Selka.id
18 June 2019
Sore gann, Untuk toko lebih disarankan tipe standar gann merk daikin, 3/4 pk
Rudi setiawan
13 May 2019
Jika ruangan lebar 3.60 dan panjang 6 meter memerlukan ac berapa PK agar dingin stabil dan mengunakan Ac type apa ldaya istrik saya 1300 watt. Yang bisa menghemat listrik Terimakasih Salam Rudi
Official Admin
Selka.id
24 May 2019
Selamat siang gann untuk ukuran ruangan segitu dibutuhkan ac 1.5 pk gann https://www.selka.id/daikin-ftkc35qv-ac-split-1-5-pk-inverter-smile-putih-3036.html (Daikin FTKC35QV AC Split 1,5 PK Inverter Smile - Putih) https://www.selka.id/daikin-ftkm35svm4-ac-split-1-5pk-premium-inverter-thailand-5670.html (Daikin FTKM35SVM4 AC Split 1.5PK Premium / High Inverter Thailand) Terimakasih atas kunjungannya di website kami
Ireinda
27 July 2019
Kalo ac daikin 1 pk kira2 watt nya brp ya? Yg daikin bagus punya itu dari thailand ya? Kalo yg 1.5 pk juga brp?
Official Admin
Selka.id
27 July 2019
Selamat Pagi Pak Rudi. Untuk ruangan 3,60 x 6 meter. disarankan menggunakan ukuran 1,5 PK . bisa di pilih dan di cek link di bawah ini untuk ukuran 1,5 PK https://www.selka.id/jual-ac-split-1-5-pk
Rido
11 November 2019
Maaf mau tanya apa bisa tukar tambah ac lama 1/2pk dengan ac baru 1pk
Official Admin
Selka.id
11 November 2019
selamat sore kak untuk ruangan segitu bisa menggunakan ac 1,5pk ya kak kita rekomendasi ac gree ya kak
supermadi
09 May 2019
tq udh membantu saya megerjakan tuugas
Official Admin
Selka.id
18 June 2019
Terimakasih atas kunjungannya ke website kami :)
Hamsir
09 April 2019
Kalo mesji ukuran 9x9 berapa pk n berapa unit yg harus dipakai
Official Admin
Selka.id
24 May 2019
Selamat pagi gann, Dibutuhkan 5PK gann ada beberapa kombinasi - AC 2 pk = 2 unit - AC 1 pk = 1 unit atau - AC 1 pk = 5 unit Terimakasih telah berkunjung di website kami
Hamsir
09 April 2019
Mau tanya kalo ruangan mesjid ukuran 9x9 berapa pk harus dipakai n berapa biji dipakai
Official Admin
Selka.id
24 May 2019
Dibutuhkan 5PK gann ada beberapa kombinasi - AC 2 pk = 2 unit - AC 1 pk = 1 unit atau - AC 1 pk = 5 unit Terimakasih telah berkunjung di website kami
Lana
10 August 2018
Ruangan ane ( 36 x 11,5 ) m, brapa PK tu gan
jorge
16 March 2019
ya dihitug aja mbal\k, kan udah diterangin dg sgt gampang.
fahmi
08 April 2019
11 unit AC ukuran 2 PK
fahmi
08 April 2019
11 Unit AC ukuran 2 PK
Official Admin
Selka.id
24 May 2019
Terimakasih atas kunjungannya ke website kami :)
Eko
27 January 2020
Untuk mushola saya ukuran 20x25 meter pakai berapa pk kak
Official Admin
Selka.id
27 January 2020
untuk ukuran 20x25 meter kita rekomendasi pemakaian ac total 30pk ya kak, untuk jumlah ac bisa di sesuai dengan jumlah pk yang kami rekoemndasikan ya kak