2 Komentar
Kenapa Ya AC Saya Jadi Tidak Dingin, Apa Penyebabnya

Penyebab AC kurang dingin bisa ditimbulkan dari beberapa faktor, dan terkadang bisa terjadi komplikasi karena beberapa faktor secara bersamaan terjadi masalah. Jika sumber utamanya tidak dibereskan, maka AC tidak akan menjadi dingin seperti seharusnya. Kita akan bagi dua pembahasan ini yaitu untuk yang baru membeli AC, dan yang sudah lebih lama menggunakan AC.

Baru Beli AC Langsung Gak Dingin

Ada solusi simpel yang perlu dicoba, biasanya pengguna lupa menyetel remote dalam posisi Cool, tapi kepencet mode lain misalnya mode dry, sehingga AC tidak menjalankan pendinginannya secara maksimal.

Sebagian besar kasus yang terjadi biasanya adalah karena PK AC terlalu kecil, tidak sebanding dengan luas ruangan yang dibutuhkan. Kalau beli AC dengan kami seharusnya hal ini bisa dihindari, karena pembeli bisa mengakses tools PK Calculator di website kami, dan team kami pun berpatokan pada calculator tersebut sehingga kecil kemungkinan terjadi kesalahan perhitungan PK. Jika sudah terlanjur, solusinya melakukan penambahan unit AC.

Selain itu, ada juga kemungkinan freon kurang pada saat pemasangan, ini bisa menjadi salah satu kelalaian teknisi yang memasang, mungkin salah melakukan pembacaan tekanan freon, atau pemasangan pipa yang terlalu panjang > 20 meter, sehingga terjadi drop capacity. Drop capacity adalah penurunan kualitas PK suatu AC karena pipa yang terlalu panjang. Ibaratnya AC 1 PK serasa AC 7/8 PK karena pipa yang terlalu panjang. Solusinya lakukan pengisian freon.

Ada juga kemungkinan freon bocor, mungkin pada saat pemasangan atau karena kerusakan pada pipa, atau kerusakan pada evaporator dan kondensor pada pipa, tapi ini biasanya jarang, karena material dan unit digunakan masih baru semua, jadi biasanya terjadi pada sambungannya. Solusinya perbaiki ujung sambungan pada pipa.

Kondisi external udara diluar juga mempengaruhi, jika suhu udara yang diluar kondisi normal lebih panas dari hari biasanya, mungkin pendinginan AC tidak terkejar jika PK nya aga sedikit mepet dengan kebutuhan ruangan. Atau bisa juga di dalam ruangan ada banyak sekali orang, misalnya didalam kamar tapi diisi oleh > 4 orang. Solusinya pada saat pembelian, AC dibeli lebih besar dari ukuran kebutuhan BTUnya, ini bisa dihitung juga menggunakan PK Calculator dengan menyalakan mode advanced mode.

Posisi pemasangan Outdoor AC juga bisa menjadi penyakit utamanya, jarak depan outdoor AC sebaiknya dikasi lenggang kosong sejauh 80cm minimal, supaya udara panas bisa dibuang keluar dengan lancar. Karena outdoor perlu untuk membuang udara panas yang ada, sehingga udara di dalam ruangan bisa tercapai suhu dingin yang diinginkan.

Kemungkinan lainnya, rusak di salah satu part unit AC, namun ini kemungkinannya sangat kecil. AC Defect atau cacat dari pabrik biasanya < 1% kejadiannya. Yang bisa tahu ini teknisi dari pabrik yang mengeceknya. Jadi ada baiknya melakukan pemanggilan teknisi khusus dari pabrik untuk memastikan kerusakan tersebut.

AC nya gak sedingin dulu waktu baru dipasang

Pastikan kamu sudah servis cuci AC rutin, karena kalau AC kotor, menumpuk debu atau saluran air ada yang mampet maka AC akan menjadi kurang pendinginannya,  Servis cuci akan mengecek dan memastikan kondisi AC tetap prima.

AC mungkin sudah tua, lebih dari 3 tahun, karena umur kompressor makin lama makin berkurang, part - part yang ada juga sudah tidak sekuat pada awal waktu beli, solusinya bisa ganti part yang sudah lemah atau rusak, atau beli indoor nya saja atau outdoornya saja yang sudah kurang oke, atau ganti AC secara keseluruhan. Bisa menanyakan teknisi yang lebih paham soal kondisi AC kamu.

Cek kondisi pipa AC apakah terjadi kebocoran, atau freon kurang. Jika bocor harus diatasi dulu sumber kebocorannya apakah dari pipa luar atau pipa dalam (evaporator dan kondensor). Setelah diatasi baru diisi freon yang sesuai.

Follow IG @selka.id
Follow IG @selkapedia
Diskusi & Pertanyaan (2)
Kami akan mengirimkan email balasan dan update informasi melalui email kamu. Anda bisa unsubscribe kapan saja jika tidak berminat.
Teddy
21 June 2020
Apakah pipa kurang dari 3 meter mempengaruhi kemampuan ac mendinginkan ruangan? Jika suhu ruang di seting 20 C apakah suhu udata keluaran indor unit 20 C?
Official Admin
Selka.id - desmi
22 June 2020
berpengaruh ya kak bahkan berpengaruh ke unit ac juga, karena outdoor kerja nya terlalu keras kalo pipa kurang dari 3m kak
Pusat Panduan AC Terlengkap #1