0 komentar
AC Low Watt vs AC Inverter Bedanya Apa ? Pilih Yang Mana

Pertama - tama kita akan membedah masing - masing keunggulan AC Low Watt dan AC Inverter, baru kemudian kita melihat apa perbedaan dari kedua tipe AC tersebut. Di akhir artikel anda akan dapat memilih mana yang cocok apakah AC Low Watt atau menggunakan AC Inverter.

Keunggulan AC Low Watt

Berikut adalah Keunggulan Menggunakan AC Low Watt

  • Harga Unit Tidak Semahal AC Inverter
  • Lebih Cocok Jika pemakaiannya jangka pendek
  • Lebih Cocok Jika sering mati nyalakan AC

AC Low Watt menggunakan kompressor yang cara kerjanya sama dengan AC Standard namun membutuhkan daya watt yang lebih irit. Yang membedakan adalah supaya pendinginannya tetap pas, kipas outdoornya dibuat lebih kuat.

Tarikan awal AC Low Watt termasuk yang paling kecil jika dibandingkan dengan AC Standard maupun AC Inverter.

Kelebihan AC Inverter

Menggunakan kompressor AC Inverter memiliki kelebihan yaitu

  • Dengan penggunaan yang tepat dapat menghemat listrik lebih dari 30%
  • Penggunaan jangka panjang akan membuat anda balik modal bahkan profit

AC inverter akan berusaha untuk menyesuaikan suhu yang disetel di remote, dan ketika mencapai suhu yang diinginkannya maka kompressor akan secara otomatis menurunkan dayanya sampai sehemat mungkin.

Merk Terbaik AC Inverter & Low Watt

AC Daikin Inverter, AC Panasonic Inverter & AC Gree Inverter merupakan merk terbaik dengan banyak varian inverter mulai yang dari entry level sampai ke level premium.

Untuk AC Low Watt tersedia Merk AC Daikin Low Watt, AC Panasonic Low Watt & AC Gree Low Watt yang merupakan merk terbaik, sehingga menyediakan tipe varian watt yang lebih rendah.

AC Inverter Harganya Mahal

Memang harga AC Inverter untuk unitnya bisa ada yang sampai 2x lipat lebih mahal, contohnya tipe Daikin Inverter Premium. Namun dengan pemakaian yang tepat, dalam waktu 1 tahun atau bahkan kurang anda akan dapat balik modal karena penghematan listrik yang anda bayar sudah melebihi selisih harga unit yang anda keluarkan di awal.

Lalu setelah itu anda tetap dapat menggunakan AC tersebut dan malah mendapatkan keuntungan dengan terus membayar tagihan listrik yang lebih irit.

Kekurangan AC Low Watt & AC Inverter

AC low watt memiliki kekurangan yakni

  • Suara Outdoor AC lebih berisik karena putaran kipas lebih kencang
  • Pendinginan tidak sekuat AC Inverter

AC Inverter memiliki kekurangan yakni

  • Penggunaannya harus tepat, dan pemilihan PK harus tepat, jika tidak malah akan jadi boros
  • Harga unit mahal di awal, jika penggunaan AC tidak sering tidak akan balik modal

AC Low Watt dan AC Inverter Kok Tidak Dingin ya

Banyak pelanggan yang kecewa saat membeli AC Low Watt dan AC Inverter karena setelah digunakan terasa dinginnya lebih lama. Perlu diperhatikan biasanya terjadi hal seperti ini karena perhitungan PK biasanya terlalu rendah.

Pastikan perhitungan PK untuk kedua tipe ini pas, karena untuk mendapatkan pendinginan yang pas dan listrik yang hemat perlu perhitungan PK yang tepat juga. Anda dapat menggunakan tools PK Calculator kami untuk membantu anda menghitungkan PK yang sesuai.

Mana Yang lebih Paling Rendah Watt, AC Low Watt atau AC Inverter

AC inverter dapat menghasilkan watt paling kecil, namun karena harga unitnya yang mahal di depan, jika tidak digunakan secara terus menerus, maka anda tidak akan banyak mendapat manfaatnya. 

Karena AC Inverter paling banyak menghemat biaya listrik itu ketika di malam hari, disaat udara diluar dingin, sehingga di dalam ruangan AC inverter akan dapat menyesuaikan tenaganya lebih kecil sehingga watt yang dihasilkan sangatlah kecil.

Rumah saya lebih cocok pake AC Low Watt atau AC Inverter ?

Untuk menentukan AC mana yang cocok, maka perlu dipastikan apakah penggunaan AC anda hanya disaat tertentu atau sepanjang hari

  • Jika hanya disaat tertentu, baiknya gunakan AC Low Watt
  • Jika sepanjang hari, baiknya gunakan AC Inverter

Perlu juga dipastikan apakah ruangannya itu tertutup atau terbuka

  • Jika ruangan terbuka, baiknya gunakan AC Low Watt
  • Jika ruangan tertutup, baiknya gunakan AC Inverter

Karena saat ruangan terbuka, suhu ruangan akan sulit dicapai oleh AC inverter, sehingga AC inverter akan bekerja lebih keras dan menjadikan tagihan listrik anda lebih boros.

 

Komentar Anda (0)