169 Komentar
AC Low Watt vs AC Inverter Bedanya Apa ? Pilih Yang Mana

Kita akan coba membedah nih masing - masing keunggulan AC Low Watt dan AC Inverter, baru kemudian kita coba lihat ya apa perbedaan dari kedua tipe AC tersebut. Di akhir artikel anda akan dapat memilih mana yang cocok apakah AC Low Watt atau menggunakan AC Inverter.

Apa Keunggulan AC Low Watt ?

Berikut adalah Keunggulan Menggunakan AC Low Watt

  • Harga Unit Tidak Semahal AC Inverter
  • Lebih Cocok Jika pemakaiannya jangka pendek
  • Lebih Cocok Jika sering mati nyalakan AC

AC Low Watt menggunakan kompressor yang cara kerjanya sama dengan AC Standard, sistemnya itu mematinyalakan kompressor supaya suhunya nyampe, nah abis itu setelah suhu nyampe kompressor akan mati sebentar, baru kemudian nyala kembali setelah suhu turun 1 derajat lebih. Namun kompressor low watt membutuhkan daya watt yang lebih irit. Yang membedakan adalah supaya pendinginannya tetap pas, kipas outdoornya dibuat lebih kuat.

Tarikan awal AC Low Watt termasuk yang paling kecil jika dibandingkan dengan AC Standard maupun AC Inverter.

Apa Kelebihan AC Inverter ?

Menggunakan kompressor AC Inverter memiliki kelebihan yaitu

  • Dengan penggunaan yang tepat dapat menghemat listrik lebih dari 30% bahkan lebih, Jika ingin tau cara menggunakan AC inverter bisa lihat di artikel selkapedia cara menggunakan AC agar hemat listrik.
  • Penggunaan jangka panjang akan membuat anda balik modal bahkan profit lho

AC inverter akan berusaha untuk menyesuaikan suhu yang disetel di remote, dan ketika mencapai suhu yang diinginkannya maka kompressor akan secara otomatis menurunkan dayanya sampai sehemat mungkin. Jadi sifatnya inverter ini kompressornya fleksibel karena teknologinya memang jauh lebih canggih. Komrpessornya ini bisa melemah dan menguat sesuai kebutuhannya. Sehingga daya bisa digunakan seefisien mungkin.

Oh ya, anda perlu lho berhati-hati dalam menggunakan AC Inverter. Jangan pernah gunakan di ruangan terbuka, AC kerjanya akan nonstop karena tidak akan mencapai suhu yang diinginkan, karena udara terbuka akan membuat ruangan sulit dingin. Pastikan juga membeli AC Inverter dengan PK Yang sesuai, atau malah nanti menjadi boros deh.

Apa Saja Merk Terbaik Untuk AC Inverter & Low Watt ?

AC Daikin Inverter, AC Panasonic Inverter & AC Gree Inverter merupakan merk terbaik dengan banyak varian inverter mulai yang dari entry level sampai ke level premium.

Untuk AC Low Watt tersedia Merk AC Daikin Low Watt, AC Panasonic Low Watt & AC Gree Low Watt yang merupakan merk terbaik, sehingga menyediakan tipe varian watt yang lebih rendah.

Kenapa AC Inverter Harganya Mahal ?

Memang harga AC Inverter untuk unitnya bisa ada yang sampai 2x lipat lebih mahal, contohnya tipe Daikin Inverter Premium. Namun dengan pemakaian yang tepat, dalam waktu 1 tahun atau bahkan kurang anda akan dapat balik modal karena penghematan listrik yang anda bayar sudah melebihi selisih harga unit yang anda keluarkan di awal.

Lalu setelah itu anda tetap dapat menggunakan AC tersebut dan malah mendapatkan keuntungan dengan terus membayar tagihan listrik yang lebih irit.

Apa Kekurangan AC Low Watt & AC Inverter ?

AC low watt memiliki kekurangan yakni

  • Suara Outdoor AC lebih berisik karena putaran kipas lebih kencang
  • Pendinginan tidak sekuat AC Inverter

AC Inverter memiliki kekurangan yakni

  • Penggunaannya harus tepat, dan pemilihan PK harus tepat, jika tidak malah akan jadi boros
  • Harga unit mahal di awal, jika penggunaan AC tidak sering tidak akan balik modal

Dari keunggulan dan kelebihan di atas anda bisa memutuskan ingin membeli AC low Watt yang murah diawal, namun secara performa tidak semaksimal AC standard dan inverter, atau membeli AC Inverter yang mahal di harga unit awal, namun secara performa tetap maksimal.

AC Low Watt dan AC Inverter Kok Tidak Dingin ya ?

Banyak pelanggan yang kecewa saat membeli AC Low Watt dan AC Inverter karena setelah digunakan terasa dinginnya lebih lama. Perlu diperhatikan biasanya terjadi hal seperti ini karena perhitungan PK biasanya terlalu rendah.

Pastikan perhitungan PK untuk kedua tipe ini pas, karena untuk mendapatkan pendinginan yang pas dan listrik yang hemat perlu perhitungan PK yang tepat juga. Anda dapat menggunakan tools PK Calculator kami untuk membantu anda menghitungkan PK yang sesuai.

Mana Yang lebih Paling Rendah Watt, AC Low Watt atau AC Inverter ?

AC inverter dapat menghasilkan watt paling kecil, namun karena harga unitnya yang mahal di depan, jika tidak digunakan secara terus menerus, maka anda tidak akan banyak mendapat manfaatnya. 

Karena AC Inverter paling banyak menghemat biaya listrik itu ketika di malam hari, disaat udara diluar dingin, sehingga di dalam ruangan AC inverter akan dapat menyesuaikan tenaganya lebih kecil sehingga watt yang dihasilkan sangatlah kecil.

Rumah saya lebih cocok pake AC Low Watt atau AC Inverter ?

Untuk menentukan AC mana yang cocok, maka perlu dipastikan apakah penggunaan AC anda hanya disaat tertentu atau sepanjang hari

  • Jika hanya disaat tertentu, baiknya gunakan AC Low Watt
  • Jika sepanjang hari, baiknya gunakan AC Inverter

Perlu juga dipastikan apakah ruangannya itu tertutup atau terbuka

  • Jika ruangan terbuka, baiknya gunakan AC Low Watt
  • Jika ruangan tertutup, baiknya gunakan AC Inverter

Karena saat ruangan terbuka, suhu ruangan akan sulit dicapai oleh AC inverter, sehingga AC inverter akan bekerja lebih keras dan menjadikan tagihan listrik anda lebih boros.

Mau Lihat Harga & Tipe AC Lengkap Secara Online ?

Selka.id menyediakan daftar harga lengkap AC yang dapat anda bandingkan, lengkap dengan spesifikasinya. Anda dapat mengklik Link Berikut Ini untuk melihat semua AC yang tersedia di website Selka.id dan sudah lengkap juga dengan pilihan pemasangan.

Diskusi & Pertanyaan (169)
Megha
24 March 2020
Klw ukuran kamar 3x3 , ke kampus nanti jam 4,plng hbis magrib lanjut lg ke kampus habis isya plng jam 10,, dan jarang keluar rumah, ac yg cocok di pakai apa yh ka
Official Admin
Selka.id - desmi
26 March 2020
selamat pagi kak untuk ukuran ruangan 3x3 bisa pakai ac yang 1/2pk ya kak kalo ac jarang di gunain kami rekomendasi pakai ac yang low watt untuk menghemat listrik kak tapi kalo pemakaiannya cukup lama, kami rekomendasi ac inverter kak
Desi
23 March 2020
Kalau kamar ukur. 3,5x3.,5 itu yang bagus nya pake AC setengah Pk ya mbaa?
Official Admin
Selka.id - desmi
24 March 2020
selamat pagi kak
Official Admin
Selka.id - desmi
24 March 2020
kalo ukuran 3.5 x 3.5 kami rekomendasi pemakaian ac 3/4pk ya kak, bukan 1/2pk, nanti ada resiko gak dingin kalo pakai yang 1/2pk kak
Abdi
15 March 2020
Kak mau tanya, kamar saya ukuran 3x3, rencana nya mau pasang ac dgn durasi pemakaian 12jam 10pagi-4sore, disambung lagi jam 10mlm-4pagi, didlm kamar ada 4orang, 2dewasa, 1bayi, 1balita. kira2 ac yg cocok apa kak? Yg hemat listrik jg, terimakasih sblmnya...
Official Admin
Selka.id - desmi
16 March 2020
selamat pagi kak untuk ruangan 3x3 sebenarnya bisa pakai ac 1/2pk, tapi karna jumlah orang dan durasi pemakaian lumayan panjang, kami sarankan dinaikan 0.5pk jadi penggunaan nya 1pk ya kak dan kami rekomendasi yang inverter kak, selain cepat dingin, inverter juga hemat listrik ya kak
aaa
08 March 2020
hmmm a href=http://google.com./a
Official Admin
Selka.id - desmi
09 March 2020
selamat pagi kak ada yang bisa kami bantu kak?
Ali Abdullah
08 March 2020
1. AC Sharp dan Panasonic apa ada yg 3/4 PK inverter dan hargax masing2 brp. 2. Ukuran 3.5x4,80xtinggi 3 meter apa bisa pakai ac 3/4pk. Tks
Official Admin
Selka.id - desmi
09 March 2020
selamat pagi kak Ukuran 3.5x4,80xtinggi 3 meter tidak bisa pakai yang 3/4pk ya kak, kami rekomendasi penggunaan ac 1pk kak, karna kalau dibawah itu akan resiko tidak dingin kak dan untuk produk dan harga bisa langsung cek di etalase web kami ya kak, akan banyak pilihan nya ya kak
Official Admin
Selka.id - desmi
09 March 2020
atau kakak bisa cek link " berikut ya kak https://www.selka.id/jual-ac-split-1-pk/panasonic https://www.selka.id/jual-ac-split-1-pk/sharp
Show All Comments