0 Komentar
Membedah Isi Perut dari Barang Elektronik AC

Memiliki AC akan bisa memberikan manfaat yang signifikan bagi anda, namun perlu juga kita mengetahui bahwa banyak sekali komponen dari AC yang wajib untuk anda ketahui sebelumnya. Dengan mengetahui beberapa komponen tersebut maka sudah pasti anda akan bisa memperoleh informasi yang anda butuhkan dengan mudah seperti penggantian sparepart apabila terjadi kerusakan atau AC tidak dingin. 

Kompressor

Salah satu komponen yang penting pada AC adalah Kompressor. Kompressor ini terletak pada sisi outdoor AC dimana fungsinya adalah menghisap refrigrant dalam bentuk gas yang dibawa dari indoor melalui pipa tembaga, baru kemudian mengalirkan refrigerant menuju ke outdoor. Perlu anda ketahui bahwa komponen yang satu ini bekerja layaknya jantung manusia. Dia memiliki peran yang sangat penting dalam mengatur laju AC anda tersebut supaya bisa berfungsi dengan baik atau tidak. Anda bisa mengetahui lebih jelas mengenai apa saja yang menarik dari kompresor tersebut di masing-masing tipenya melalui buku manual yang telah disediakan saat anda membeli AC tersebut.

Evaporator

Selanjutnya, anda bisa mengetahui adanya komponen berupa Evaporator. Evaporator terletak pada sisi indoor AC yang akan menguapkan refrigrant untuk kemudian dihembuskan oleh blower AC.Komponen satu ini juga berfungsi penting menjaga kinerja siklus cair dan gas pada sebuah sistem AC.

Pipa Tembaga

Selanjutnya adalah Pipa yang merupakan komponen penting dalam menyalurkan refrigrant dalam bentuk cair maupun gas yang ada di AC anda. Pipa selalu hadir berpasangan dalam sebuah sistem AC, pipa cair yang ukurannya lebih kecil dan pipa gas yang ukurannya lebih besar. Biasanya ukuran untuk pipa ini ditentukan oleh besarnya PK pada AC. Sebagai contoh umumnya untuk AC 0,5-1 PK menggunakan pipa cair ukuran 1/4 dan pipa gas ukuran 3/8.

Kondensor

Kemudian ada komponen yang disebut kondensor, bentuknya menyerupai evaporator pada indoor, namun kondensor terletak di outdoor AC. Fungsinya merupakan kebalikan dari evaporator karena pada kondensor refrigerant dalam bentuk gas dari kompressor akan dirubah menjadi bentuk cair.

Refrigrant / Freon

Dan satu lagi yang tidak kalah pentingnya adalah refrigrant itu sendiri, refrigrant dapat berubah bentuk dari gas menjadi cair, maupun dari cair menjadi gas dengan bantuan dari komponen - komponen yang terdapat pada AC. Refrigrant akan sangat menentukan apakah udara yang keluar dari AC itu dingin atau tidak, AC yang refrigrantnya tidak mencukupi maka sudah dapat dipastikan tidak akan mampu mendinginkan ruangan dengan baik.

Diskusi & Pertanyaan (0)