0 Komentar
Jenis Toko Yang Menjual AC & Perlengkapannya

Oke, sekarang ini kamu mau membeli AC, sudah tau AC nya mau dibeli merk dan tipe apa, maka kamu akan dihadapi nih dengan begitu banyak pilihan, mau beli AC di toko offline, mau beli online, atau mau beli dengan teknisi yang sudah kamu kenal. Berikut adalah beberapa jenis channel dimana kamu bisa mendapatkan produk AC yang kamu butuhkan.

Dropshipper

Dropshipper atau reseller ini termasuk orang yang menjual AC tanpa punya toko, biasanya mereka memanfaatkan sosial media, online marketplace atau melalui whatsapp dalam melakukan penjualan. Ciri - cirinya biasanya adalah tidak punya toko fisik, misalnya jualan secara online saja, karena biasanya dropshipper belum punya banyak modal, dan melakukan pembelian AC menyatut dari toko - toko lain.

Kelebihannya, biasanya karena orangnya lebih kenal jadi lebih enak, misalnya teknisi juga termasuk dropshipper. Kalau sudah kenal teknisinya, atau tinggal di dekat rumah jadi bisa minta tolong untuk dicarikan di toko - toko terdekat. Kekurangannya adalah, harus dipastikan kembali after salesnya, karena mereka tidak direct beli langsung ke brand maka jika terjadi masalah pastikan dropshipper bisa membantu untuk penggantian unitnya, kemudian juga harus dipastikan secara harga apakah bersaing atau tidak, karena mereka resell dari toko lain lagi.

Dealer

Kalau levelnya sudah dealer, biasanya sudah punya toko fisik yang bisa dikunjungi. Dealer mengambil AC langsung ke principal dan mendapatkan margin khusus dengan pembelian sesuai kontrak. Semakin besar perputaran penjualan dealer, maka harga yang dijual semakin murah, karena mereka mendapatkan bonus khusus dari principal atau pabrik.

Kelebihannya, harga cenderung lebih murah, dan lebih terjamin karena sudah terpercaya dan memiliki hubungan lebih dekat dengan pemilik brand. Kekurangannya adalah terkadang letak toko fisiknya aga jauh dari rumah, atau jika membeli online terkadang kita sulit membedakan mana yang dealer dan mana yang dropshipper. Beberapa toko online sudah mulai mencamtukan juga alamat lokasi fisik toko, atau juga menunjukkan foto tokonya, sehingga menunjukkan toko ini adalah seorang dealer dan lebih terpercaya.

AC Shop

Pabrikan Daikin memiliki sertifikasi khusus yaitu AC Shop dan Pro Shop, AC Shop adalah dealer pilihan Daikin, yang jumlahnya tidak lebih dari 50 dealer di seluruh Indonesia. Sistem seleksi diberlakukan sebelum bisa mendapatkan sertifikasi AC Shop, karena harus melewati tahap probation 1 tahun, dengan target penjualan yang harus dipenuhi dealer. Jika sudah menjadi AC Shop maka dealer berhak melakukan penjualan AC Multi S dan material Pipa Daikin secara exclusive.

Kelebihannya, karena ada proses seleksi dari pemegang merk, lebih terjamin dan terpercaya. Kekurangannya, jumlahnya tidak banyak sehingga mungkin akan ada kendala jarak menuju ke toko untuk melakukan pembelian, edukasi dari Daikin mengenai AC Shop ini juga tidak begitu luas di pelanggan sehingga banyak yang tidak tahu mengenai sertifikasi ini.

Kontraktor HVAC

Merupakan spesialis AC untuk kebutuhan ducting, commercial & VRF system. Biasanya tidak cocok untuk pembelian AC split atau residential, karena harga yang dipatok lebih mahal. Sistem penjualannya berbeda dengan toko retail, karena mereka spesialis di menentukan kebutuhan AC berdasarkan blueprint atau gambar proyek, juga sudah menyiapkan team untuk melakukan survei dan konsultasi proyek di lapangan.

Kelebihannya, untuk proyek komersil dan gedung lebih spesialis dan bisa menentukan kebutuhan AC hanya dari gambar saja, Kekurangannya secara harga lebih tinggi karena kebutuhan proyek lebih rumit, dan membutuhkan keahlian tambahan.

Pro Shop

Pro Shop adalah kontraktor HVAC pilihan Daikin yang lebih mengutamakan penjualan Multi NX & VRV System. Kontraktor ini diseleksi oleh Daikin sehingga jumlahnya tidak banyak dibawah 40 toko di seluruh Indonesia.

Kelebihannya, bersertifikasi daikin dan memliki standard proyek yang sudah teruji. Kekurangannya secara harga sangat premium.

Toko Elektronik

Menggunakan konsep One Stop Shopping, sehingga didalamnya sekaligus bisa membeli AC dan alat elektronik lainnya, Ada yang tersebar di toko pinggir jalan, maupun yang terletak di mall.

Kelebihannya, one stop shopping sehingga praktis bisa sekali belanja mendapatkan kebutuhan lengkap. Kekurangannya bukan spesialis AC, sehingga secara unit dan kebutuhan materialnnya tidak selengkap Toko AC Specialist.

Menentukan Pilihan

Mana yang yang lebih cocok untuk kamu, bisa dipertimbangkan dari preferensi cara belanja kamu, sukanya online atau offline. Kemudian juga kamu kebutuhannya residential atau proyek komersil atau bahkan butuhnya AC sistem yang biasa digunakan di gedung perkantoran. Pertimbangkan juga aspek lokasi dan ketersediaan barang di masing - masing channel.

Selka memiliki 2 divisi, yaitu divisi residential yang sudah bersertifikasi AC Shop dari Daikin, dan divisi project yang berbadan usaha Kontraktor HVAC untuk keperluan ducting dan VRF System.

Mau Lihat Harga & Tipe AC Lengkap Secara Online ?

Selka.id menyediakan daftar harga lengkap AC yang dapat anda bandingkan, lengkap dengan spesifikasinya. Anda dapat mengklik Link Berikut Ini untuk melihat semua AC yang tersedia di website Selka.id dan sudah lengkap juga dengan pilihan pemasangan.

Diskusi & Pertanyaan (0)