0 Komentar
Beda Kegunaan Kabel AC Dengan Pipa Tembaga Pada Installasi AC

Sering orang menanyakan kepada kami, "Kabelnya merk apa? minta yang bagusan ya yang tebal", sementara yang mereka maksud sebenarnya bukanlah kabel listrik, namun Pipa tembaga yang digunakan untuk mengalirnya freon. Disini pengertiannya suka terbalik, malah terkadang pipa yang disebutkan dipikirnya adalah pipa fleksibel atau pipa pembuangan air. Biar gak bingung, kita mencoba melihat istilah dan nama lainnya apa saja yuk.

Pipa Tembaga / Pipa Freon / Pipa AC

Ini adalah pipa yang keras dari tembaga, digunakan untuk mengalirkan freon dari indoor ke outdoor, ini bahan material paling mahal dalam proses installasi AC. Biasanya yang dimaksud oleh pelanggan adalah ini, yang ditanyakan merek dan ketebalannya karena pengaruh ke ketahanan AC itu sendiri, dan risiko bocornya sebuah AC.

Seringkali ketukar dengan kabel, orang menyebutkannya sebagai kabel AC, padahal yang dimaksud dengan kabel AC itu adalah kabel listrik yang mengalirkan aliran listrik untuk sumber daya AC.

Kabel Listrik / Kabel Control / Kabel Power

Kabel listrik disambungkan untuk 2 jalur, jalur pertama adalah dari indoor ke outdoor yang harus mendapatkan aliran listrik supaya keduanya bisa berkomunikasi. Jalur ini sering disebut juga dengan kabel control. 

Lalu jalur kedua adalah jalur dari indoor atau outdoor ke sumber listrik yang bisa disambungkan antara ke MCB atau ke stop kontak jika sudah disediakan. Jika anda menggunakan stop kontak dan sudah ada jalurnya, berarti jalur kabel bisa lebih pendek, karena stop kontak bisa diletakkan persis disebelah AC. Jalur ini disebut juga dengan kabel power.

Kita tidak bisa menentukan jalurnya listrik ini dari indoor atau outdoor, karena ini tergantung pada AC masing - masing. Umumnya jalur startnya adalah dari indoor, namun ada beberapa AC yang jalurnya dari outdoor, sehingga kebutuhan panjang kabelnya sampai hampir 2x lipat, karena jadi jauh dengan letak stop kontaknya. Biasanya kan outdoor itu terletaknya di luar ruangan atau di dak, sehingga perlu penarikan kabel extra.

Pipa Pembuangan Air / Pipa Drain / Pipa Pralon / Pipa Fleksibel

Pipa ini gunanya adalah mengalirkan pembuangan air bekas penggunaan AC, bisa berbentuk pipa fleksibel yang lentur seperti berbahan plastik, atau menggunakan pipa pralon yang lebih bagus kualitasnya dan lebih kaku.

Biasanya pipa pembuangan air dibuatkan jalur sendiri untuk keluar dari rumah, namun ada juga yang mengarahkannya ke pembuangan di toilet, atau jika sangat terpaksa diarahkan ke bawah lantai dan ditampung menggunakan galon air. Jeleknya dengan cara seperti ini adalah, galon cepat atau lambat akan penuh dan harus dibuang.

Mau Lihat Harga & Tipe AC Lengkap Secara Online ?

Selka.id menyediakan daftar harga lengkap AC yang dapat anda bandingkan, lengkap dengan spesifikasinya. Anda dapat mengklik Link Berikut Ini untuk melihat semua AC yang tersedia di website Selka.id dan sudah lengkap juga dengan pilihan pemasangan.

Diskusi & Pertanyaan (0)