0 Komentar
Apa Bedanya AC Split Dengan AC Portable ?

AC yang paling populer dipakai sekarang ini menggunakan model Split (Terpisah) yang dinamakan demikian dikarenakan terdiri dari 2 unit dengan fungsi yang berbeda terletak terpisah, unit indoor di dalam ruangan terpisah dengan unit outdorr yang terletak di luar ruangan.

Kenapa Dinamakan AC Portable ?

Lalu diluar model AC Split diatas, ada yang dinamakan AC Portable. Seperti berbagai hal lainnya yang bersifat portable atau mudah dibawa serta praktis, AC Portable diciptakan untuk memenuhi kebutuhan yang praktis. 

Kalau AC Split biasa terpasang dan terkunci tidak bisa dipindah - pindahkan dari letak awalnya, kecuali anda mau membongkarnya terlebih dahulu. Sementara AC Portable ini tidak perlu dilakukan pemasangan, bisa diangkat dan dibawa kemana". Sesuai namanya Portable sehingga AC ini bisa berfungsi asalkan ada colokan listrik dan ada tempat untuk membuang udara panas melalui pipa fleksible dan buangan air AC tersebut.

Apakah Saya Membutuhkan AC Portable ?

Mari kita lihat jawaban pertanyaan tersebut dari aspek berikut, yaitu apakah anda membutuhkan pendinginan ruangan yang sifatnya permanen, seperti ruangan kantor atau rumah, maka sebaiknya anda gunakan AC Split saja. Karena AC Portable ini harganya cenderung lebih mahal, dan listriknya sedikit agak boros dibanding AC Split. Namun jika anda membutuhkan pendinginan yang sifatnya perlu berpindah - pindah seperti untuk event tertentu, atau penggunaan di ruangan serbaguna, maka anda boleh menggunakan AC portable.

AC Portable disini lebih sebagai alternatif untuk fungsi yang perlu dipindah" dan praktis, karena secara umum AC Split keuntungannya lebih banyak jika digunakan pada tempat yang permanen. Suara Indoornya pun lebih halus, dibandingkan unit dari AC Portable. Serta bak penampungan air dan embun pada AC Portable harus dicek secara berkala, jika sudah mulai penuh, harus segera dibuang.

Apakah AC Portable Sama Dengan Air Cooler ?

Tentu kedua unit elektronik ini berbeda satu sama lain, selain dari suku cadangnya dan cara kerjanya juga berbeda. AC Portable sama dengan AC Split cara kerjanya, menggunakan Freon dan kompressor untuk mendinginkan ruangan, sementara Air Cooler menggunakan proses penguapan air dan tidak menggunakan freon yang berbeda sehingga fungsinya hanya menyejukkan saja tidak sampai bisa mendinginkan ruangan.

Follow IG @selka.id
Follow IG @selkapedia
Diskusi & Pertanyaan (0)
Kami akan mengirimkan email balasan dan update informasi melalui email kamu. Anda bisa unsubscribe kapan saja jika tidak berminat.
Pusat Panduan AC Terlengkap #1