0 Komentar
6 Cara Mudah Membersihkan Kulkas Agar Tidak Bau

Lemari pendingin atau yang lebih sering disebut dengan kulkas memang menjadi penolong bagi semua orang. Bayangkan saja bagaimana jika tidak ada benda yang namanya kulkas. Kebutuhan pokok seperti sayur, buah, daging dan bahan makanan lainnya pastinya tidak akan bisa bertahan lama.

Namun, makanan dan minuman yang tersimpan di dalam kulkas juga bisa menjadi penyebab munculnya aroma tidak sedap pada kulkas. Akibatnya, makanan lain akan terkontaminasi bau tersebut sehingga dapat mengurangi rasa makanan tersebut.  Tidak perlu khawatir karena kamu bisa mencegah dan menghilangkan bau yang sudah terlanjur menyebar di kulkas dengan 6 cara mudah di bawah ini.

1. Rutin Membersihkannya

Cara yang paling mudah untuk mencegah munculnya bau pada kulkas adalah dengan rutin membersihkannya. Tidak perlu setiap hari, cukup membersihkannya 1 minggu sekali saja saat weekend. Sebelum membersihkannya, jangan lupa untuk mengeluarkan semua isinya agar kamu lebih mudah untuk membersihkan bagian dalamnya. Untuk kulkas yang dilengkapi dengan rak dan laci yang bisa dilepas, lepaskanlah bagian-bagian tersebut dan cuci dengan sabun cuci piring. Sementara untuk bagian dalamnya, kamu bisa menggunakan lap basah yang sudah direndam dengan air sabun, setelah itu lap kembali dengan kain basah sampai benar-benar bersih dan tidak ada lagi bekas sabun. Selain menghilangkan bau, air sabun ini juga ampuh untuk mengatasi noda-noda membandel karena tumpahan makanan.

Setelah membersihkan bagian-bagian dalam kulkas, jangan langsung memasukkan makanan dan minuman ke dalam kulkas. Pertama-tama nyalakan kulkas dan diamkan kurang lebih 1 jam hingga suhunya benar-benar stabil, kemudian barulah memasukkan semua bahan makanan ke dalamnya untuk mencegah timbulnya bau pada makanan.

2. Tutup Makanan

Penyebab utama munculnya bau pada kulkas tidak lain adalah makanan yang tersimpan di dalamnya. Nah untuk menahan agar bau makanan terutama makanan dengan bau menyengat tidak merebak ke seluruh bagian kulkas, jangan lupa untuk selalu menutupnya. Selain mencegah timbulnya bau pada kulkas, kebiasaan menutup makanan sebelum menyimpannya di kulkas juga dapat menjaga rasa makanan. Jika tidak ditutup, tentunya makanan tersebut akan terkontaminasi dengan aroma makanan lain dan juga bau dari kulkas.

3. Kelompokkan Bahan Makanan

Cara penyimpanan bahan makanan juga bisa menjadi salah satu penyebab munculnya bau tidak sedap pada kulkas. Walaupun tersimpan di kulkas bersuhu dingin, makanan yang disimpan dengan cara dicampur akan lebih cepat mengalami pembusukan dan pada akhirnya juga bisa menimbulkan bau pada kulkas. Misalkan tomat yang disimpan tercampur dengan sayuran hijau lebih cepat busuk. Karena itu, jangan lupa untuk memisahkan atau mengelompokkan bahan makanan, misalnya sayuran hijau dipisahkan dengan sayuran lainnya dan buah-buahnya agar lebih tahan lama, jangan lupa untuk selalu membungkus sayuran hijau dengan plastik sebelum menyimpannya di lemari pendingin.

4.Cuci Daging dan Ikan Sebelum Di Simpan

Daging dan ikan memang memiliki aroma yang jauh lebih menyengat dari sayur dan buah. Untuk itu, biasakanlah untuk selalu membersihkan daging dan ikan sebelum menyimpannya di kulkas untuk meminimalisir bau yang ditimbulkannya. Kalau perlu rendam lah daging dan ikan dengan jeruk lemon untuk mengurangi baunya. Selain itu, jangan lupa pula untuk selalu memasukkan ke wadah penyimpanan yang tertutup rapat.

5. Jangan Terlalu Lama Menyimpan Masakan Di Kulkas

Makanan yang masih layak dimakan saja bisa memunculkan aroma tidak sedap pada kulkas, apalagi makanan basi. Oleh karena itu, usahakan untuk tidak terlalu lama menyimpan makanan di dalam kulkas terutama makanan basah dan selalu rutin untuk memeriksa kelayakan semua makanan yang ada di kulkas kamu. Untuk makanan yang tidak tahan lama, sebaiknya dikonsumsi sesegera mungkin dan jangan terlalu banyak menyimpan persediaannya.

6. Gunakan Bahan Alami Penghilang Bau

Daripada menggunakan bahan kimia untuk menghilangkan aroma tak sedap pada kulkas, sebaiknya kamu memilih bahan alami seperti jeruk lemon, kopi dan kentang. Caranya pun sangat lah mudah, kamu bisa memilih satu dari ketiga bahan alami tersebut. Kamu bisa meletakkan mangkuk berisi air perasan lemon berikut dengan kulitnya ke dalam kulkas. Bubuk kopi hitam dan juga kentang yang sudah dikupas juga bisa ampuh untuk menyerap bau dari kulkas. Kamu cukup meletakkan salah satu dari ketiga bahan tersebut ke dalam kulkas lalu diamkan selama 45 menit hingga 1 jam.

Pusat Panduan AC Terlengkap #1