0 Komentar
6 Kebiasaan ini akan membuat kulkas anda lebih awet

Kulkas adalah sebuah lemari pendingin yang dapat memperpanjang usia makanan dan bahan pangan kita seperti buah, sayur dan makanan lainnya. Selain memperpanjang usia makanan, kulkas ini juga dapat membuat makanan menjadi lebih segar karena suhunya menjadi lebih dingin seperti pada buah-buahan dan minuman atau bahkan es krim. Namun begitu, perlu kalian ketahui bahwa ada beberapa makanan atau bahan makanan yang sebaiknya tidak perlu dimasukkan ke dalam kulkas karena bukannya memperpanjang usia ataupun membuatnya jadi lebih segar dan enak, justru akan membuat makanan tersebut menjadi cepat rusak dan tidak enak.Maka dari itu kalian harus menyelesaikan artikel ini untuk mengetahui hal tersebut.
Berikut adalah beberapa buah/sayur yang sebaiknya tidak di masukkan ke dalam kulkas:


1. Alpukat
Buah alpukat sangat enak untuk diminum sebagai jus atau dimakan langsung sebagai pelengkap es buah yang dingin dan segar. Namun penyimpanan alpukat yang belum matang sebaiknya tidak disimpan di dalam kulkas karena akan memperlambat proses pematangan. Jika sudah matang maka alpukat boleh dimasukkan ke dalam kulkas


2. Semangka
Semangka adalah buah dengan kandungan air yang sangat banyak dan sangat enak dimakan terlebih saat cuaca panas dan dalam keadaan dingin. Namun tahukah kalian kalau penyimpanan semangka di dalam kulkas berpengaruh terhadap kandungan likopen yang ada di dalamnya? suhu yang ada di dalam kulkas dapat mengurangi kadar likopen yang memberi warna cerah dalam semangka. Walaupun penyimpanan semangka di dalam kulkas ini tidak berpengaruh terhadap rasa dari semangka tersebut, namun kandungan likopen yang terkikis tersebut memiliki peran penting dalam tubuh manusia sebagai antioksidan serta mengurangi resiko kanker dan stroke.


3. Tomat
Tomat yang terlalu lama disimpan di dalam kulkas akan dapat menghentikan proses pematangan buah dan merusak tekstur karena udara sejuknya sehingga rasanya tidak lagi enak dan segar. Selain itu udara sejuk yang ada di dalam kulkas juga dapat merusak tampilan tomat, warnanya berubah menjadi lebih pucat bahkan bertepung karena udara sejuk tersebutt merusak membran yang berada di dinding tomat.Penyimpanan tomat cukup disimpan di dalam keranjang dengan suhu ruangan dan sirkulasi udara yang baik di dapur.


4. Melon 
Buah dengan rasa yang khas ini sebaiknya tidak disimpan di dalam kulkas jika belum dipotong atau masih dalam bentuk bulatan utuh. Karena udara di dalam kulkas dapat menghilangkan sifat antioksidan alami yang dimiliki melon. Setelah melon dipotong, baru boleh disimpan di dalam kulkas untuk mendinginkan melon sehingga rasanya lebih segar dan enak


5. Bawang
Walaupun memiliki tekstur yang lebih keras dari tomat, namun sebaiknya keluarkan semua bawang dari dalam kulkas kalian. Karena lapisan kulit tipis yang melindungi permukaan luar bawang akan lebih cepat rusak saat berada di kulkas yang berudara sejuk dan lembab. Selain itu bawang juga akan lebih cepat busuk karena sirkulasi udara yang kurang di dalam kulkas.Untuk bawang putih, pertumbuhan tunasnya akan lebih cepat jika disimpan di dalam kulkas bahkan merubah tekstur bawang menjadi seperti karet dan lebih cepat berjamur. Oleh karena itu cukup simpan bawang kalian ditempat kering dan gelap dengan sirkulasi udara yang cukup.


6.Kentang
Kentang yang disimpan dalam kulkas akan menjadi lebih manis dan teksturnya berpasir. Karena suhu dingin dalam kulkas akan menyebabkan perubahan pada tepung dalam kentang menjadi gula dengan lebih cepat. Penyimpanan kentang cukup dibungkus dengan sebuah kantung kertas bukan dengan plastic karena penyimpanan kentang di plastic akan membuatnya cepat busuk.Setelah dibungkus dengan rapi lalu simpan kentang di dalam lemari penyimpanan dengan suhu ruangan yang kering dan tidak terkena sinar matahari secara lansung.

Demikianlah artikel mengenai buah/sayur yang sebaiknya tidak disimpan dalam kulkas ini. Semoga bermanfaat bagi pembaca sekalian.