0 komentar
10 Cara Merawat Lemari Es Yang Benar

Barang-barang elektronik di zaman modern saat ini sudah banyak. Seperti halnya kulkas atau lemari Es harganya lumayan mahal. sayang, kalau sudah beli baru tetapi tidak terjaga maka kulkas akan cepat rusak. Cara merawat kulkas sebetulnya sederhana dan bisa dilakukan sendiri dengan mudah. Inilah cara-cara merawat kulkas :

1. Isilah Kulkas Dengan Makanan secukupnya

Isilah kulkas dengan makanan secukupnya dan jangan terlalu banyak makanan yang dimasukan. Apalagi barang yang memiliki berat yang lebih seperti botol air, karena botol air mempunyai beban yang berat yang bisa membuat wadah menjadi pecah dan menjadi rusak bila terlalu penuh. 

2. Hindari Menyimpan Air Minum Yang Masih Panas

Hindari menyimpan air minum yang masih panas di dalam kulas, karena air panas bila di simpan di dalam kulkas akan membuat pertemuan suhu panas dan suhu dingin dan akan menyebakan kulkas menjadi rusak. Tunggulah sampai benar-benar dingin dan setelah dingin baru masukannlah air kedalam kulkas.

3. Bersihkan Kulkas Menggunakan Air

Bersihkan kulkas menggunakan air dan dicampur sabun anti septik, karena sabun anti septik bisa menghilangkan noda berkarat dan mengilangkan bau pada kulkas lalu gunakan bahan yang lembut seperti spons untuk membersihkannya hingga kulkas benar-benar bersih dari noda berkerak dan berminyak.

4. Kulkas Harus Tertutup Rapat

Kulkas harus tertutup rapat supaya hemat listrik dan juga membuat makanan dan minuman lebih dingin. Bila pintu tertutup rapat sehingga kotoran yang tertiup angin tidak masuk kedalam kulkas serta mencemari makanan yang ada di dalam kulkas.  

5. Jauhkan Kulkas Dari Panas

Jauhkan kulkas dari  panas seperti kompor, karena panas yang di hasilkan oleh kompor bertemu dengan suhu dingin pada kulkas akan menyebabkan kulkas menjadi rusak.

6. Berilah Ruang Antara Kulkas Dengan Dinding

Berilah ruang antara kulkas dengan dinding atau tembok minimal jaraknya 15-20 cm. Karena hawa kondesor yang panas  akan mempunyai celah dan ruang sehingga panas yang keluar bisa menyebabkan keluar dari kondesor bila jaraknya 15-20 cm.

7.  Bersihkan Kondesor

Bersihkan kondensor yang posisinya ada di belakang kulkas dengan teratur dari debu dan kotoran, karena debu dan kotoran akan berkarang bila tidak di bersihkan dan juga bila sering membersihkan kondesor pada kuilkas proses pembuangan hawa panas tidak terhalangi oleh kotoran dan debu

8.  Biasakan Membersihkan Bagian Freezer

Biasakan membersihkan bagian freezer yang sudah mengeras. Karena hal ini dilakukan supaya suhu kulkas terjaga dan jangan mengikis es di freezer dengan pisau karena dapat merusak bagian pelapisnya.dan juga bisa menyebabkan kulkas menjadi bocor dan juga cepat rusak.

9.  Aturlah Suhu Kulkas 

Aturlah suhu kulkas menurut kebutuhan karena kalau suhu kulkas rendah bila kita menaruh ikan atau ayam kulkas akan menjadi bau.

10. Jika Terjadi Pemadaman Listrik Jangan menggunakan kulkas 

Jika terjadi pemadaman listrik, jangan terlalu sering menggunakan kulkas. Jika aliran listrik hidup, biarkan dahulu 5 menit lalu di hidupkan.agar kompresor benar-benar di-reset ke posisi pertama karena aliran listrik kalau tidak di reset akan membuat kulkas menjadi cepat rusak.

Komentar Anda (0)