0 Komentar
Yuk kenali apa itu Smart TV

Saat sedang di rumah, tentunya televisi menjadi salah satu hiburan bagi keluarga. Dari sejak penemuan awal oleh John Logie Baird pada tahun 1884 hingga sekarang, televisi terus mengalami perkembangan mengikuti era modernisasi hingga akhinya saat ini banyak bermunculan jenis televisi. Dari sekian banyak jenis televisi saat ini saya ingin mengulas mengenai Smart TV karena kemajuan teknologi saat ini tidak terlepas dari yang namanya internet.  Mungkin istilah Smart TV sudah sering terdengar di telinga kita, namun pakah kita sudah benar-benar memahami kinerja dari Smart TV itu sendiri?

Kita ambil pemahaman yang paling mudah, Smart TV adalah TV yang mempunyai prosesor sehingga kamu dapat mengoperasikannya hampir seperti komputer.  TV jenis ini tidak hanya mampu menerima siaran televisi tapi juga berkemampuan untuk mengkases internet, menarik bukan? Belum selesai sampai disini, Smart TV ini juga dapat ditambahkan aplikasi seperti halnya Smart Phone. Setiap produsen Smart TV masing-masing mempunyai program layanannya tersendiri , jadi setiap merk tentunya mempunyai keunggulannya masing-masing.

Fitur-fitur yang umumnya ditawarkan oleh sebuah Smart TV :

  • Layanan konten dari internet :
    • Media streaming (tayangan televisi yang tidak tergantung pada stasiun TV) seperti Youtube dan Netflix
    • Akses Social Media seperti Facebook, Twitter, dsb
    • Bermain game Online (tanpa menggunakan perangkat tambahan)
    • Beberapa fitur lainnya tergantung dari produsen Smart TV itu sendiri.
  • Video call – berkomunikasi sambil bertatap muka dengan si penelepon, namun Smart TV harus dilengkapi dengan Camera.
  • Teknologi Augmented Realty (AR) – teknologi yang menampilkan gabungan diri kita di dunia nyata di dalam dunia virtual (smart tv)
  • Internet Browsing – Biasanya Smart TV dilengkapi dengan wireless keyboard atau remote control yang berukuran besar yang dilengkapi dengan Qwerty Keyboard.
  • Perintah suara dan gerakan – melalui gerakan tangan atau dengan suara yang berfungsi sebagai pengganti mouse misalnya scroll naik turun, perbesar perkecil volume, dsb.
  • Digital Living Network Alliance (DLNA) -  fitur untuk sharing data misalnya foto atau film dengan perangkat lain seperti laptop atau smart phone
  • Aplikasi dan online stores – mendownload  atau update aplikasi dari website vendor Smart TV tersebut.

Perlu saya ingatkan kembali bahwa tiap fitur pada merk-merk Smart TV berbeda-beda, tentu saja masing-masing merk berlomba menawarkan keunggulannya masing-masing. Jadi jika kamu salah satu orang yang sudah mulai melirik untuk memiliki Smart TV, sebaiknya pelajari fitur apa saja yang dimiliki merk yang kamu inginkan lalu buatlah perbandingan dengan merk lain untuk memantapkan keputusan kamu.

Salah satu Smart TV yang  saya rekomendasikan adalah Samsung UA43J5500, dengan spesifikasi sebagai berikut :

  • Ukuran layar : 43 Inci
  • Resolusi layar : Full HD 1080 X 1920 pixels
  • Sistem operasi : Tizen OS
  • Fitur unggulan : Smart Feature; Streaming; Browsing; Multitasking

Samsung mengeluarkan Smart TV dengan harga yang berada di bawah dari model yang sebelumnya. Dengan layar yang didukung Full HD dan dilengkapi dengan fitur terbarunya yaitu Clear Motion Rate 60 dan Wide Colour Enhancer Plus menjadikan kualitas gambar yang jernih serta tajam yang membuat pengalaman kamu menonton menjadi beda. Terdapat slot HDMI dan USB sehingga memudahkan kamu untuk mentrasfer data langsung ke Smart TV ini dari perangkat lain. Dibekali dengan prosesor Quad Core sehingga performa TV sangat handal. Dimana kamu dapat menemukan produk ini? Tentu saja di www.sejukelektronik.com untuk pembelian secara online, atau datangi langsung storenya di Rukan Golf Lake Taman Palem Cluster Paris Blok A36, Jakarta Barat.

 

 

 

Pusat Panduan AC Terlengkap #1