0 komentar
Tips Hemat Air dan Listrik Saat Cuci Pakaian Dengan Mesin

Air tergolong benda yang sangat dibutuhkan oleh manusia dalam menunjang kegiatannya sehari-hari salah satunya adalah mencuci. Ketika Anda mencuci menggunakan mesin cuci, pastinya Anda ingin pakaian yang Anda cuci tetap bersih tanpa harus menghamburkan banyak air dan listrik. Berikut adalah beberapa metode yang dapat Anda terapkan agar mesin cuci yang Anda gunakan lebih hemat air dan listrik.

Mengatur temperatur mesin cuci

Ada beberapa jenis mesin cuci yang memiliki desain pengaturan suhu pada saat mencuci dan pada saat pengeringan. Agar upaya penghematan listrik dapat Anda lakukan, Anda bisa mengatur suhu mesin cuci yang disesuaikan dengan jumlah cucian yang dimasukkan. Selain menghemat listrik, upaya yang satu ini dapat Anda gunakan untuk menjaga agar serat kain tetap lembut dan tidak mudah rusak.

Mengatur durasi putar mesin

Salah satu metode yang dapat diterapkan untuk menghemat pemakaian listrik dan air pada saat menggunakan mesin cuci adalah mengatur durasi putar mesin. Namun demikian, dalam melakukan hal tersebut ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan seperti: Tingkat kotor pakaian. Ketika pakaian yang Anda pakai tidak cukup kotor, cukup putar mesin sebentar mesin dan lanjutkan dengan pembilasan manual. Jumlah pakaian yang dimasukkan kedalam mesin cuci. Jika Anda mencuci pakaian tidak cukup banyak, salah satu metode yang bisa Anda lakukan untuk menghemat listrik adalah memutar mesin hanya untuk pembilasan selama 5-10 menit. 

Jenis bahan pakaian, Pada saat Anda merendam dan memutar pakaian dalam mesin cuci, perhatikan pula bahan pakaian yang Anda rendam. Jika bahan pakaian yang Anda rendam mudah rusak akan lebih baik jika Anda mengerjakan pencucian secara manual, sedangkan jika pakaian yang Anda cuci adalah sejenis dalaman, cukup putar mesin sekitar 5-10 menit untuk perendaman selanjutnya dibersihkan dan dibilas secara manual.

Kurangi volume pencucian baju

Agar Anda bisa menghemat pemakaian air dan listrik pada mesin cuci, gunakan mesin cuci tersebut sekitar seminggu atau dua minggu sekali. Jangan lupa pula gunakan sabun cuci yang bebas detergen atau busa untuk lebih menghemat pemakaian air. Untuk memaksimalkan penggunaan mesin cuci hanya pada waktu tertentu, Anda bisa melakukan beberapa hal seperti: Menggunakan pakaian yang sama setidaknya 2 kali seminggu, terutama jika baju tersebut tidak terlalu basah oleh keringat. Menggunakan bahan pakaian seperti jeans atau rok yang bisa digunakan lebih dari sekali pakai dalam satu minggu.

Memilih mesin cuci yang hemat listrik

Saat ini tentunya banyak jenis mesin cuci yang diciptakan dengan pemakaian watt kecil namun hasilnya untuk membersihkan pakaian sangat optimal. Oleh karena itu, tak ada salahnya Anda memilih membeli mesin cuci yang benar-benar hemat listrik dan pemakaian air dengan mengumpulkan informsi dari internet atau teman terlebih dahulu.

Komentar Anda (0)