0 Komentar
Tata Cara Menggunakan Pressure Cooker Yang Baik Dan Benar

Dalam menggunakan Pressure Cooker haruslah secara baik dan benar. Sebab jika salah penggunaan tentu akan berbahaya untuk penggunanya. Jika anda masih merasa cara penggunaan anda belum baik dan benar anda dapat menyimak tips dibawah ini. Berikut ini cara menggunakan Pressure Cooker (PC) yang baik dan benar agar tidak melakukan kesalahan yang kedua kalinya.

Melakukan Pemeriksaan

Terlebih dahulu anda harus melakukan pemeriksaan pada bagian sistem katup apakah fungsinya dalam keadaan yang baik atau tidak sebelum anda memulai penggunaan Pressure Cooker (PC).

Mengisi Air Sesuai dengan Prosedur

Anda harus mengisi air dalam jumlah yang sudah ditentukan dari produk Pressure Cooker (PC) tersebut. Jangan sekali-kali anda mengisi air dalam jumlah yang lebih sedikit.

Air Tidak Melebihi 2/3 dari Ukuran Pressure Cooker (PC)

Untuk memasak makanan yang biasa anda harus mengisinya tidak lebih dari 2/3 setidaknya maksimal anda mengisinya pas dengan ukuran 2/3. Untuk makanan yang mengandung air banyak, terdapat busa, bahkan makanan tersebut bisa mengembang anda tidak mengisinya lebih dari 1/2 .

Segera Mengecilkan Api Sampai Titik Terendah

Agar tekanan yang anda inginkan tercapai sebaiknya pergunakan api yang besar, jika sudah mencapai tekanan yang diinginkan maka segeralah anda mengecilkan api hingga titik terendah tetapi api tersebut tetap dapat membuat tingkatan tekanan tetap terjaga dan sesuai dengan keinginan anda.

Pergunakan Tabel Waktu Pemasakan

Anda harus menggunakan Tabel Waktu Pemasakan agar hasilnya sesuai dengan keinginan anda. Cara ini dapat anda gunakan apabila didalam resep tersebut tidak terdapat berapa banyaknya jumlah air yang digunakan serta tidak adanya metode pelepasan tekanan yang dibutuhkan.

Selalu Mengawasi

Berikan pengawasan dengan selalu dalam mengoperasikan Pressure Cooker (PC) dan anda juga harus menggunakan penanda waktu selalu.

Menggunakan Metode Penurunan Tekanan Alami

Bagi jenis makanan yang didalamnya terkandung air, terdapat busa, daging-dagingan, serta terdapat kulit pada makanan tersebut anda harus menggunakan metode penurunan tekanan secara alami atau natural release.

Jangan Menggunakan Minyak

Tidak menggunakan minyak maupun lemak lebih dari ¼ cup atau sekitar 60 cc dan tidak melebihi batas ketentuan dari pembuatan produk Pressure Cooker (PC).

Tidak Menyiram Sistem Katup

Jika dalam penurunan tekanan harus menggunakan air maka anda jangan langsung menyiram sistem katup yang tersedia pada Pressure Cooker (PC) tersebut.

Periksa Bagian Tekanan

Sebelum anda membuka Pressure Cooker (PC) terlebih dahulu anda harus memeriksa bagian tekanan apakah sudah menurun pada tingkat yang normal atau belum. Hal ini untuk menghindari terjadinya kecelakaan yang dialami setelah menggunakan Pressure Cooker (PC) tersebut.

Demikian beberapa cara menggunakan Pressure Cooker agar anda terhindar dalam melakukan kesalahan dan tidak mengalami kejadian yang beresiko dalam menggunakan Pressure Cooker (PC). 

Pusat Panduan AC Terlengkap #1