0 Komentar
Speaker Yang Tepat Untuk Hobi Yang Menyenangkan

Apakah anda mempunyai hobi menonton film dan mendengarkan musik?  Untuk menunjang hobi menonton film ataupun mendengarkan music tentunya anda harus menyediakan fasilitas yang dapat menunjangnya di rumah anda. Salah satunya ialah dengan menyediakan speaker. Bukankah akan lebih menyenangkan ketika mendengarkan musik dan menonton film dengan menggunakan speaker? Suaranya akan terdengar lebih keras. Namun pemilihan speaker yang salah bukannya akan menunjang tetapi malah akan membuat tidak nyaman dan kecewa. Untuk memilih speaker yang tepat, lakukanlah hal-hal berikut.

Melakukan penyesuaian

Sebelum menentukan speaker yang akan diaplikasikan di rumah, sebaiknya sesuaikan dulu dengan kebutuhan speaker itu sendiri apakah akan digunakan untuk mendengarkan musik saja atau juga untuk menonton film. Karena keduanya tentu memeerlukan jenis speaker yang berbeda. Selain itu, anda juga harus mempertimbangkan ruangan yang anda miliki dan menyesuaikan dengan indra pendengar anda.

Pertama, untuk penyesuaian ruangan, akan lebih baik jika anda mengenal dengan betul ruangan anda, ukuran besar atau kecilnya, kemudian furniture dan bahan bangunannya apakah lebih banyak yang berbahan keras seperti kaca dan batu atau yang lembut seperti karpet dan sofa. Hal itu penting dilakukan untuk mencegah terjadinya distorsi yang akan menyebabkan suara yang dihasilkan menjadi tidak maksimal dan membuat anda kurang nyaman.

Kemudian yang kedua ialah dengan menyesuaikan dengan indra pendengaran anda. Setiap orang memiliki tingkat pendengaran yang berbeda dan selera yang berbeda pula. Ada yang nyaman dengan suara yang keras namun juga ada yang nyaman dengan suara yang lembut. Jadi sebaiknya anda sesuaikan kenyamanan pendengaran anda dengan speaker yang akan dipilih. Dan yang terakhir ialah pertimbangkan untuk mengapliksikan Magnolia untuk mendapatkan suara yang lebih bagus yang seperti home theater.

Mengetahui jenis-jenis speaker

Hal selanjutnya yang harus dilakukan ketika akan memilih speaker yaitu mengetahui jenis-jenis speaker. Secara umum ada dua jenis speaker yang masing-masing dibagi lagi menjadi beberapa tipe, yaitu individual speaker dan complete speaker.

1. Individual Speaker

Individual speaker memiliki beberapa tipe speaker seperti berikut.Yang pertama ialah Floor speaker, tipe speaker ini memiliki suara yang sangat keras sehingga cocok untuk anda yang membutuhkan speaker untuk keperluan menonton film, juga cocok untuk menemani TV jenis LED. Namun bukan berarti speaker ini tidak bida digunakan untuk mendengarkan music, anda dapat memilih floor speaker yang memiliki stereo untuk mendengarkan musik.Kemudian yang kedua ialah Bookshelf speaker, modelnya yang kecil memungkinkan anda untuk menaruhnya ditempat yang tidak terlalu luas sehingga cocok bagi anda yang memiliki ruangan kecil. Namun meskipun modelnya kecil, speaker jenis ini memiliki suara yang keras, dan bisa juga dipakai sebagai speaker tamabahan untuk menambahkan efek keras pada speaker anda.

Selanjutnya ada Center channel speaker,  yang memiliki suara tidak terlalu keras atau menengah namun akan menyebar keseluruh ruangan anda sehingga akan terdengar keras. Biasnya diletakkan ditengah,dibawah televise.Setelah itu ada Surround speaker, jenis speaker yang tidak memiliki bass dan treble yang kuat ini biasanya merupakan speaker tambahan yang akan memperjelas dan memperkeras suara yang dihasilkan, serta cocok untuk disandingkan dengan bookshelf speaker.Dan yang terakhir ialah Subwoofer, jenis speaker yang akan menghasilkan suara yang lebih keras jika diletakkan di sudut ruangan ini cocok untuk anda yang menginginkan speaker untuk mendengarkan musik karena efek bass nya yang realistik.

2. Complete speaker

Complete speaker ini merupakan pilihan yang tepat untuk mendapatkan set speaker yang lengkap. Tipe-tipe speaker jenis ini antara lain diantaranya adalah Pertama, package surround speaker yang merupakan pilihan yang tepat bagi anda yang tidak ingin bingung memilih individual speaker mana yang cocok dengan yang mana. Ini merupakan satu paket yang lengkap dengan speaker kanan dan kiri serta dua speaker di bagian depan dan subwoofer, bahkan anda bisa memilih yang terdapat receiver nya bila anda belum memiliki receiver. Terdapat berbagai jenis variasi konfigurasi yang berbeda dengan harga yang bervariasi pula.Selanjutnya ada portable and dock speaker. Portable merupakan speaker yang sangat fleksibel dan ringan sehingga cocok digunakan untuk berbagai acara. Sedangkan dock speaker merupakan speaker yang biasanya digunakan untuk memainkan audio dari ponsel.

Kemudian ada wireless speaker yang cocok sekali digunakan untuk smartphone ataupun tablet. Speaker ini merupakan complete speaker jenis terbaru yang sangat efisien dan menggunakan Bluetooth, serta WiFi dan AirPlay yangmenggunakan apple untuk menyambungkan speaker dengan perangkat anda.Seletah itu, ada Sound bars dan juga Sound base. Sound bars ini merupakan complete speaker yang tidak ribet dan bisa diaplikasikan langsung dengan TV dengan menggunakan port. Kelebihannya yaitu bisa menghasikan suara yang jelas di ruangan yang kecil dan dilengkapi dengan fasilitas WiFi, Bluetooth dan AirPlay untuk lebih memudahkan penggunanya. Selanjutnya yaitu sound base yang pada dasarnya hamper sama denga sound bars. Sound base cocok bagi anda yang memiliki ruangan kecil dan ingin membuat sebuah home theater. Beberapa dilengkapi dengan sambungan tanpa kabel seperti bluetoth, Wifi dan AirPlay.Lalu ada Architectural speaker yang cocok untuk rumah yang minimalis. Bentuknya seperti bangunan arsitektur dan memiliki suara yang tidak begitu keras.Dan terakhir ada Computer speaker yang cocok bagi anda penggemar game, suara yang dihasilkan dari jenis computer speaker ini jernih dan juga jelas.

Memahami spesifikasi speaker

Hal selanjutnya yang harus anda lakukan ialah memahami spesifikasi speaker. Apa saja spesifikasi dari speaker yang perlu dipahami? Berikut adalah spesfikikasinya.

Spesifikasi pertama ialah Respon frekuensi yang merupakan frekuensi yang dihasilkan oleh speaker tersebut. Biasanya sinyal frekuensi dari sebuah speaker telah ditentukan oleh developernya masing-masing. Dalam respon frekuensi ini sebaiknya memertimbangkan rentang frekuensi maksimal yang bisa didengarkan manusia yaitu 20 Hz hingga 20 KHz.Selanjutnya ialah impedasi, ini merupakan gambaran besar resistansi listrik dari amplifier speaker tersebut. umumnya impedasi speaker sebesar 8 Ohm.Kemudian ada Sensitivity yang mendeskripsikan besar tenaga speaker perwatt-nya. Juga berpengaruh terhadap driver nya, semakin kecil sensitivitas maka semakin berat drivernya dan sebaliknya.Dan yang terakhir Power handling yang memrepresentasikan seberapa besar sinyal yang dapat diterima speaker.

Pusat Panduan AC Terlengkap #1