0 Komentar
Review Printer Epson Dot-Matrix LX-310 Yang Perlu Anda Ketahui

Epson merupakan merek terkenal dalam produksi printer. Keunggulan printer buatan Epson sudah banyak dikenal oleh banyak orang. Kali ini, Epson kembali mengeluarkan merek baru dari series Dot-Matrix printer yang diberi nama printer dot-matrix LX-310 yang memiliki kualitas lebih unggul dibandingkan printer lainnya.

Overview

Kemunculan Epson LX-310 awalnya ditujukan untuk pangsa pasar low-end hingga mid-end, berbeda dengan LQ-310 yang ditujukan untuk pangsa pasar high-end. Printer LX-310 ini dilengkapi dengan fitur input data 120 KB sehingga kecepatannya 2 kali lebih cepat dibandingkan dengan printer lainnya. Juga karena diutamakan untuk pangsa pasar mid-end, printer ini hanya dilengkapi head-print yang memiliki 9-pin. Namun, sebenarnya perbedaan antara printer 9-pin dan 24-pin tidak terlalu terlihat. Perbedaan hanya terjadi saat dipakai untuk mencetak gambar. Dari segi kecepatan, printer ini pun bisa mencetak 357 karakter per detik dan lebih cepat 40 % dibandingkan printer dot matrix yang lainnya.

Selain memiliki kecepatan tinggi dan hasil print yang bagus, Epson mengatakan bahwa prnter ini memiliki reliabilitas sekitar 67 % diatas tipe-tipe sebelumnya. Jadi dengan kecepatan tinggi, hasil print yang bagus dan juga reliabilitas tinggi, printer ini bisa membantu back-office pada perusahaan secara efektif. Printer ini memiliki MTBF sebesar 10.000 POH, berbeda dengan model lama yang hanya memiliki MTBF sebesar 6000 POH.

Printer dot matrix memang sangat dibutuhkan oleh perusahaan karena hanya menghabiskan biaya operasional yang cukup murah. Terlebih jenis printer model ini bisa mencetak menggunakan cetak NCR untuk cetak rangkap. Harga dari printer LX-310 pun cukup terjangkau oleh perusahaan kecil dan menengah. Cukup dengan harga 2 jutaan, maka printer ini bisa didapatkan.

Spesifikasi Epson LX-310

1.Teknologi Cetak,Metode cetak pada printer ini menggunakan metode dot matrix yang bisa digunakan untuk mencetak surat jalan, nota, tiket dan lain-lain. Printer ini memakai teknologi 9-pin dimana penggunaannya lebih diutamakan untuk mencetak dokumen yang memiliki grafis minim dan memiliki karakter yang lebih banyak.Printer ini menggunakan Bi-direction dimana dokumen dicetak dari atas ke bawah.

2. Kecepatan Cetak.Untuk high speed draft, printer ini bisa mencetak 390 karakter per detik. Untuk normal speed draft, printer ini bisa mencetak 357 karakter per detik. Untuk slow speed draft, printer ini bisa mencetak 347 karakter per detik. Untuk draft, printer ini bisa mencetak 223 karakter per detik. Untuk NLQ, printer ini bisa mencetak 56 karakter per detik.

3. Karakteristik Hasil CetakKarakter cetak yang dipakai pada printer ini diantaranya Italic table, PC437 (US Standard Europe), PC860 (Portugese), PC 850 (Multilingual), PC861 (Icelandic), PC865 (Nordic), PC 863 (Canadian French), Roman 8, BRASCII, ISO Latin, ISO 8859 dan PC 858.

4. Interface dan Input Data, Untuk input data buffer sebesar 128 kb. Untuk interface bawaan menggunakan Bi-Direction paralel (IEEE-1284 nibble mode support), dan USB 2.0 Serial Support.

5. Reliability (Ketahanan) MVBF sekitar 20 juta line, MTBF sebesar 10000 POH, lama hidup head-print sekitar 400 juta stroke dan lama hidup pita sekitar 4 juta karakter atau 14 dot per karakter.

6. Spesifikasi KelistrikanVoltase yang dibutuhkan oleh printer ini adalah AC 120/220-240 volt. Untuk frekuensi sekitar 50-60 Hz. Konsumsi tenaga yaitu 27 W dan tenaga saat sleep mode sebesar 1 W.

Fitur Tambahan

1. Mudah DioperasikanPrinter ini mudah dioperasikan karena dilengkapi dengan driver yang bisa memudahkan pengguna untuk memakai printer tersebut. Selain itu, printer ini pun dilengkapi dengan 4 tombol pengaturan dan 5 LED di setiap operasinya.

2. Ramah LingkunganUntuk membuat printer ini semakin unggul, Epson membuat printer ini menjadi printer ramah lingkungan. Printer ini hanya menghasilkan panas sekitar 5-35o Celcius dan hanya memiliki kelembaban sekitar 10-80 % saat printer ini beroperasi. Selain itu, tenaga yang dibutuhkan pun relatif rendah dibandingkan printer-priner lain yang berada di kelasnya.

Plus dan Minus LX-310

Setiap produk tentunya memiliki kekurangan dan juga kelebihan. Berikut, beberapa kelebihan dan kekurangan dari printer dot-matrix LX-310.

Plus

- Kecepatan Proses Cetak yang Tinggi, LX-310 memiliki keunggulan dalam proses cetak yang terbilang sangat cepat. Dibandingkan merek lainnya yang membutuhkan waktu lama untuk menunggu proses cetak, printer ini sangat cepat dalam proses cetak karena dilengkapi oleh data buffer sebesar 128 KB.

- Kecepatan Cetak yang Tinggi, Selain memiliki proses cetak yang cepat, kecepatan cetak printer ini pun tidak diragukan lagi. Proses cetak adalah saat dimana data diproses dari komputer menuju ke printer, sedangkan kecepatan cetak adalah proses dimana dokumen dicetak. Dengan kecepatan 357 karakter per detik, tentu saja printer jenis ini akan sangat cepat dalam mencetak dokumen.

- Masa Hidup yang Lama, Karena memiliki MTBF sebesar 10000 POH, maka masa hidup printer ini tentunya akan sangat lama. Dengan memiliki MTBF yang tinggi, maka tentu saja akan menghemat pengeluaran anda untuk membeli komponen printer tersebut.

Minus

- Control Code yang Sama, Dengan control code lama berupa ESC/P, printer ini memiliki kemampuan rendah dalam mencetak gambar. Printer ini pun tidak dilengkapi dengan fitur scalable font.

Kesimpulan

Seperti yang telah diuraikan diatas, printer LX-310 memiliki banyak kelebihan dan bisa membantu sebuah perusahan untuk menjalankan bisnisnya dengan baik. Misalnya saja dalam hal mencetak dokumen, printer ini akan sangat membantu karena lamanya mencetak begitu singkat dibandingkan printer-printer yang lain. Hanya saja yang menjadi kendalanya adalah kemampuan printer tersebut dalam mencetak gambar. Karena hanya dilengkapi dengan control code yang relatif jadul, maka printer ini tidak terlalu cocok bila digunakan untuk mencetak gambar grafis. Tetapi jika perusahaan anda hanya membutuhkan printer yang bisa mencetak dokumen-dokumen back-office seperti surat jalan, nota, faktur dan sejenisnya, maka kekurangan dari printer ini sama sekali tak akan berpengaruh untuk perusahaan anda. Namun jika perusahaan anda bergerak di bidang grafis, maka sebaiknya anda berpikir dua kali untuk membeli printer ini karena kualitasnya dalam mencetak gambar grafis sedikit kurang kompeten dibandingkan dengan printer lain.