2 Komentar
Perbedaan AC 1 Phase dengan AC 3 Phase Harus Pilih Yang Mana

Apa Yang Dimaksud Dengan Listrik 1 Phase ?

Listrik dari sumber PLN pada dasarnya adalah 3 phase namun ketika masuk ke perumahan hanya 1 phase karena tidak membutuhkan daya yang besar. Sehingga PLN membagi" kebutuhan listrik 3 phasenya ke 3 rumah berbeda. Misalkan sumber awal dari PLN adalah 3 phase kita sebut saja phase A-B-C lalu misalkan rumah anda dapat phase A, mungkin tetangga anda akan mendapatkan phase B, dan tetangga satu lagi phase C. Sementara 3 phase banyak digunakan di pabrik dan perkantoran yang membutuhkan listrik dengan daya besar. Maka itu muncullah konsep 1 phase dan 3 phase dalam kelistrikan.

Jika installasi listrik kamu di rumah adalah 1 phase maka perlu membeli AC yang 1 phase, Karena jika beli AC yang bertuliskan 3 phase maka kamu tidak dapat menggunakannya. Dalam memilih AC Cassette atau AC Floor Standing anda mulai dihadapkan dengan opsi AC 1 phase dan 3 phase. Biasanya harga unit yang 3 phase sedikit lebih mahal dibanding yang 1 phase. Nah AC 3 Phase ini punya beberapa keunggulan dibanding AC yang 1 Phase.

Apa Keunggulan AC dengan model 3 Phase ?

Ini dikarenakan model AC yang 3 phase memiliki keunggulan tersendiri dari AC yang 1 phase yaitu 

  • Unit AC 3 Phase lebih hemat secara watt, dan menghaslikan power output yang lebih hemat sampai dengan 40%, sehingga penggunaan daya listriknya bisa lebih rendah jika menggunakan AC 3 Phase
  • Risiko kerusakan komponennya lebih kecil pada AC 3 Phase dibanding 1 Phase dikarenakan motor 3 phase memiliki komponen yang lebih sedikit dan suku cadang yang lebih optimal dalam menjalankan AC kapasitas besar.
  • Karena daya arus listrik yang lebih stabil pada AC 3 Phase, maka umur penggunaan AC menjadi lebih tahan lama dibanding AC 1 phase.

Sedikit informasi teknis tambahan bahwa voltase 1 phase = 220-240 volt, 3 phase = 380 volt. Sehingga sangat disarankan bagi pengguna kelistrikan 3 phase juga menggunakan AC 3 phase karena beberapa keunggulan diatas.

Jadi kalau anda punya restoran, pabrik atau kantor yang memang litriknya sudah 3 phase, aga rugi sih ya kalau masih beli AC yang 1 Phase. Kebutuhannya diatas 2.5 PK seharusnya sudah bisa mulai tanyakan ke toko terkait, AC ini 1 Phase atau 3 Phase, karena beberapa tipe AC itu masih menawarkan dua macam phase, jadi kamu jangan sampai salah beli yang 1 phase kalau memang berniat untuk menggunakan 3 phase.

Diskusi & Pertanyaan (2)
Informasi yang kamu berikan kami jamin keamanan & kerahasiaannya. Kami akan menggunakan saluran email hanya untuk keperluan komunikasi.
Lex Soft
27 May 2022
Nah.. ini topik yg menarik perhatian saya. Terima kasih penjelasan nya. Kalau sistem pembangkitan dan transmisi 3 fasa sudah paham sih. Tapi karena utk perumahan biasa, pakai 1 fasa, jadi tak pernah mikir ada restoran/ruko, dsb yg pakai 3 fasa. Karena itu, sempat bertanya2 mengapa ada produk AC 3 fasa. Sekarang jelas, tak usah mikir AC 3 fasa, kecuali akan bertemu dgn situasi yg tepat utk itu.
Official Admin
Selka.id - Ozil
28 May 2022
baik kak terimaksih ^_^
Pusat Panduan AC Terlengkap #1