0 Komentar
Pelajari Penyebab AC Rusak & Cara Mengatasinya

 Dengan mempelajari beberapa macam penyebab AC rusak, kamu bisa tau apakah kerusakan dengan tipe terkait bisa diperbaiki lagi atau memang sudah saatnya ganti AC baru.

Satu per satu jenis kerusakan yang umum terjadi pada AC akan dijelaskan dengan bahasa yang awam, tenang saja artikel ini akan berusaha menghindari jargon teknis yang menyulitkan pemahaman kamu.

AC Bocor Netes Air

Termasuk salah satu yang paling sering terjadi, air menetes pada indoor atau outdoor AC kamu. Bisa jadi waktu baru terpasang maupun sudah lama lalu tiba" bocor air.

Pada artikel Penyebab AC Bocor Air sudah dijelaskan secara lengkap apa saja penyebabnya, baik yang terjadi dari indoor maupun dari outdoor.

Bisa klik link terkait untuk lebih lengkapnya, sementara disini kita ulas sedikit rangkumannya. Bahwa bocor air ini sering terjadinya karena penyumbatan pipa air pada AC.

AC ketika beroperasi itu menghasilkan embun air yang perlu dialirkan melalui saluran pembuangan air, terkadang saluran pembuangan ini mampet / kurang miring.

Jadi tidak selalu AC bocor menetes itu akan menimbulkan kerusakan pada AC kamu, part yang berdekatan dengan fungsi pembuangan ini sendiri sudah tahan air kok, tidak perlu khawatir.

Buktinya saja AC bisa diservis cuci juga menggunakan air yang disemprot, sehingga beberapa part memang sudah dibuat aman tahan kebocoran air.

AC Gak Dingin

Ciri-cirinya adalah AC kamu tidak dingin, angin keluar tapi hanya angin doang tidak berasa dingin sama sekali. Ini pertanda freon kurang atau sudah habis karena terjadi kebocoran.

Kebocoran freon ini memang sering terjadi dan banyak sekali faktor, karena itu kita juga sudah mengulasnya di artikel kebocoran freon secara lengkap.

Pastikan pada saat membeli atau mengganti pipa yang baru, gunakan pipa tebal dengan kualitas tembaga yang murni. Untuk mengurangi risiko pilihlah pipa dengan brand yang terjamin.

Kalau sudah terlanjur bocor pun bisa dilakukan metode pengelasan, untuk menutupi kebocoran yang ada.

AC Berbau Tidak Sedap

Komponen pada AC lama kelamaan akan menjadi kotor seiring dengan masa pemakaiannya, jika tidak diservis bisa timbul jamur, terutama juga karena kotoran dan sisa makanan dan minuman mulai menempel pada kisi-kisi evaporator.

Jika tidak dibersihkan secara rutin, akan mulai mengganggu fungsi kerja AC, dan mulai menimbulkan bau yang tidak sedap ke seluruh ruangan.

Solusinya adalah dengan melakukan servis cuci. Sementara untuk pencegahan bisa memilih AC yang sudah memiliki fitur lapisan anti jamur seperti blue fin pada evaporatornya.

AC Berderik atau Mengeluarkan Suara Berisik

Pada normalnya AC memang mengeluarkan suara saat beroperasi, namun jika suaranya terlalu kencang, atau menimbulkan bunyi seperti ada part yang lepas, kemungkinan memang ada masalah pada AC kamu.

Bisa jadi ada part yang kurang kencang, misalnya bautnya longgar dan perlu dikencangkan. Atau ada part yang hampir lepas karena cacat dari pabrik ataupun kesalahan pada saat pemasangan atau ada part yang patah di dalam AC.

Dalam beberapa kasus juga ternyata pipa yang terlalu nempel dengan AC menimbulkan suara karena menimbulkan gesekan, kalau ini mudah saja tinggal menggeser sedikir posisi pipa agar tidak menempel dengan cover AC.

AC Suka Mati Sendiri

Perlu dicek apakah daerah kamu termasuk tegangannya tidak stabil sehingga tegangannya bisa lebih rendah dibandingkan kondisi normal untuk AC bekerja.

Karena pada tegangan yang terlalu rendah, kompressor AC sudah memiliki fungsi mati otomatis untuk melindungi mesin kompressornya supaya tidak cepat rusak.

Kalau memang tegangan rumah kamu tidak stabil, bisa menggunakan mesin stabilizer supaya listrik lebih stabil. Atau membeli AC yang sudah ada toleransi low voltagenya.

AC tidak respon dengan Remotenya

AC dan remote AC berkomunikasi menggunakan sensor, bisa jadi sensor pengirim sinyal pada remote atau penerima sinyal di AC indoor mengalami kerusakan sehingga komunikasi terputus.

Solusinya mengganti part sensor atau membeli remote AC baru akan menyesaikan masalah tersebut. Namun kamu juga jangan lupa mengecek, yang sering terjadi yaitu kehabisan baterai pada remote AC

Yang Bisa Kita Lakukan

Tidak perlu panik, jika AC mu mengalami beberapa kondisi di atas, belum tentu AC kamu rusak total dan perlu diganti. Coba hubungi dulu teknisi brand jika memang masih dalam periode garansi.

Atau hubungi teknisi toko jika baru melakukan pemasangan, untuk melakukan pengecekan, karena dalam kondisi baru biasanya unit harusnya tidak ada masalah.

Hanya ketika kerusakan tidak bisa diperbaiki, ada juga opsi untuk membeli sebelah AC nya, misalnya Indoornya saja yang rusak atau outdoornya saja sebelah diganti.

Follow IG @selka.id
Follow IG @selkapedia
Diskusi & Pertanyaan (0)
Kami akan mengirimkan email balasan dan update informasi melalui email kamu. Anda bisa unsubscribe kapan saja jika tidak berminat.
Pusat Panduan AC Terlengkap #1