0 Komentar
Panduan Yang Tepat Saat Memilih Kompor

Kompor merupakan bagian dari peralatan memasak yang paling utama bagi ibu rumah tangga. Kompor itu sendiri terdiri dari beberapa jenis yang berbeda, seperti halnya kompor gas, induksi, dan juga kompor elektrik. Bagi Anda yang hendak membeli kompor untuk kebutuhan rumah tangga, sebaiknya ikuti beberapa panduan di bagian bawah ini, yang dapat menunjukkan perbedaan diantara ketiganya, baik dari segi desain, atau bahkan kelengkapannya.

1. Panduan memilih jenis kompor gas

Perhatikan kebutuhan memasak Anda Kompor gas biasanya terdiri dari 2 tungku, hal ini sangat tepat bagi Anda yang ingin membelinya untuk kebutuhan harian, karena dengan 2 tungku proses memasak pun akan lebih efisien. Ada pula yang diserati dengan alat pembakaran, sehingga Anda bisa mendapatkan 3 fungsi sekaligus.Beberapa tungku memiliki bentuk pengapian yang berbeda, ada yang diperuntukkan bagi wajan cekung  dan juga wajan biasa. Untuk mendapatkan kedua fungsinya sekaligus, maka pemilihan pengapian ini juga sangat penting untuk Anda perhatikan.

Menyesuaikan ukuran kompor dengan meja penyimpanannya Setiap kompor memiliki ukuran yang berbeda, termasuk untuk tingkat ketebalannya. Karena itulah sebaiknya Anda pilih kompor yang sesuai dengan tampat menyimpannya Memperhatikan jarak diantara dua bagian tungku.

Jarak diantara dua tungku mempengaruhi proses memasak, karena tidak jarang pada panci yang digunakan saling bersenggolan sehingga menghambat proses memasak Bahan anti karatKompor dengan bahan anti karat seperti halnya stainless stell atau pun enamel sangat bagus untuk Anda pergunakan agar tungku lebih mudah untuk dibersihkan Katup otomastis juga sangat berguna bagi kompor gas, utamnya jika kompor gas mengalami kebocoran, sehingga kebakaran pun dapat dicegah olehnya.

2. Panduan memilih jenis kompor induksi 

Bagi Anda yang tidak ingin melakukan penggantian gas, maka kompor induksi adalah solusi yang paling tepat. Kompor ini menggunakan tenaga listrik, sehingga tidak mengeluarkan api, karena hanya menghantarkan panas melalui logam di bagian atasnya. Berikut beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk memilih kompor induksi Hal pertama yang dapat Anda lakukan dalam memilih kompor induksi itu dilihat dari segi bahan yang digunakan olehnya, sehingga proses pembersihan pun akan lebih mudah untuk dilakukan.

Kebutuhan daya, kompor induksi pada dasarnya membutuhkan daya yang cukup besar, utamanya dalam penggunaan awal. Karena itulah hindari penggunaan listrik secara bersamaan untuk menghindari mati listrik atau pun tegangan pendek.Pemilihan bahan tungku yang tepat juga akan mempengaruhi tingkat kepanasan dari kompor tersebut apakah lebih cepat atau bahkan lambat.Kompor induksi biasanya disertai derngan beberapa bentuk tombol pemanasan yang terdiri dari tingkat berbeda. Fitur ini sangat membantu Anda dalam mengatur panas yang dimiliki olehnya sehingga mudahkan proses memasak yang Anda lakukan.

3. Panduan memilih jenis kompor listrik

Kompor ini sama dengan kompor induksi yaitu menggunakan tenaga listrik, hanya saja jika terdapat pemadaman listrik, maka proses memasak pun harus ditunda. Berikut kelebihan dari kompor listrik Kompor listrik memerlukan daya yang besar, sehingga dibuat dengan satu bentuk tungku saja. Kompor ini juga tidak tepat jika digunakan sebagai bentuk kompor harian.

Tungku dari kompor listrik tersedia dalam berbagai macam pilihan sehingga lebih memudahkan Anda dalam menggunakannya. Bahannya pun terbuat dari anti karat sehingga lebih mudah untuk dibersihkan.Kompor ini juga terdiri dari dua bentuk cara kerja yang berbeda, yaitu bentuk manual serta digital. Kompor manual biasanya lebih tahan lama, sedangkan untuk kompor digital memiliki resiko yang lebih tinggi dan mudah rusak karena pengaruh suhu yang ditimbulkannya.