0 Komentar
Mengenal Insulasi, Material Yang Empuk dan Melekat Pada Pipa

Kalau kamu perhatiin pipa itu kan bahan dasarnya tembaga ya, keras, lalu kok ada pembungkus yang empuk ya, biasanya warnanya putih walaupun ada warna - warna lain juga sih macam - macam. Pembungkus itu namanya insulasi, fungsinya adalah mencegah kondensasi. Aduh pusing ya apa itu insulasi, kondensasi, kita jelaskan satu per satu ya.

Pre Insulated Pipe

Untuk penggunaan AC Split umumnya, pipa yang dijual di toko itu sudah Pre Insulated. Pre itu artinya sebelum, artinya pipa itu sudah dibungkus dengan insulasi sebelumnya, jadi kita gak perlu ribet - ribet lagi beli pipa nya terpisah dan insulasinya terpisah karena insulasi ini sifatnya wajib untuk pipa agar tidak kondensasi. Mengenai kondensasi nanti kita akan jelaskan berikutnya, nah dengan pre insulated ini maka pipa bisa langsung siap untuk proses pemasangan.

Semakin tebal insulasi pada pipa, maka semakin bagus mencegah kondensasi pipa tebal insulasi bermacam" tergantung dari merk pipanya, biasanya semakin tebal ketebalan pipa tersebut, maka insulasinya juga ikut lebih tebal. Maka untuk memastikan kualitas yang bagus sebaiknya anda menggunakan pipa AC yang tebal dengan grade yang tinggi.

Pre Insulated Pipe itu ketebalan insulasinya standar, ada lagi yang lebih aman dan lebih mantap yaitu dengan menggunakan insulasi terpisah. Biasanya insulasi terpisah ini warnanya hitam, beda dengan pre insulated yang warnanya cenderung putih. Insulasi terpisah ini ketebalannya juga bervariasi bahkan ada yang sampai 1 inch. Pada beberapa proyek yang benar - benar ingin memastikan safety dan tidak kondensasi pada pipa, melakukan double insulasi. Jadi pipa pre insulatednya di bungkus lagi dengan insulasi terpisah, sebenarnya insulasi terpisah saja harusnya sudah cukup, tapi memang sah - sah saja jika mau melakukan seperti demikian. Beberapa merk insulasi yaitu armaflex, insuflex, superlon.

Kondensasi

Kondensasi atau disebut juga pengembunan, membuat pipa AC seperti berkeringat dan menetes. Ini bisa terjadi ketika ada perbedaan suhu yang terlalu jauh antara pipa AC dengan kondisi diluar pipa. Hal ini bisa dicegah dengan penggunaan insulasi yang tepat dan tebal.

Maka ketika terjadi kondensasi, air akan menetes keluar dari pipa, dan terjadi bocor deh, apalagi kalau pipa ada di atas pralon, basah semua pralon kita menetes. Belom kalau ada sudah dibobok di dinding, embun pipa bisa membasahi dinding. Biasanya ini terjadi ketika kualitas insulasi sudah berkurang karena umur pemakaian yang sudah bertahun - tahun, maka untuk proyek yang penggunaannya untuk jangka panjang 10 tahun keatas, pastikan lebih baik menggunakan insulasi pipa yang lebih tebal dan terpisah.

Follow IG @selka.id
Diskusi & Pertanyaan (0)
Informasi yang kamu berikan kami jamin keamanan & kerahasiaannya. Kami akan menggunakan saluran email hanya untuk keperluan komunikasi.
Pusat Panduan AC Terlengkap #1