2 komentar
Lebih Mengenal Beberapa Merk AC Paling Laku di Indonesia

AC sudah menjadi kebutuhan bagi setiap orang yang memiliki rumah baru ataupun para perusahaan yang ingin membangun dan memperbesar kantornya. Sudah Pastilah orang tentu tidak ingin ruang tinggal dan kerjanya panas. Masalahnya adalah dengan banyaknya merk AC yang dijual terkadang kita bingung saat memilih merk mana sebenarnya yang cocok untuk anda beli.

Daikin Airconditioning Indonesia

Dengan slogannya yaitu Everywhere With You, Daikin sebagai brand yang menguasai pasar AC terutama di Jepang. Daikin terkenal pemegang merk dagang untuk sebuah produk andalannya untuk pasar commercial, AC Variable Refrigrant Volume atau VRV sistem AC Sentral untuk hotel, apartemen dan gedung perkantoran.

Daikin didirikan pada tahun 1924 dengan kantornya yang berpusat di Osaka, Jepang. sampai saat ini sudah lebih dari 199 anak perusahaan yang terdiri dari lebih dari 40.000 karyawan tersebar di seluruh penjuru dunia. Suatu kemajuan bagi pasar Daikin di Indonesia adalah ketika dibentuknya PT. Daikin Airconditioning Indonesia di tahun 2012 silam dengan melakukan merger bersama distributor Daikin yang sudah memahami pasar Indonesia terlebih dahulu.

Lini Produk Daikin

Mencakup tipe Standard, Deluxe dan Inverter dalam variasi mulai dari ½ - 3 PK. Untuk tipe Standard, Daikin memiliki 2 versi yang dibedakan dari asal pabrik produksi ACnya yaitu tipe Standard China dan tipe Standard Thailand.

Tipe inverter adalah teknologi mutakhir untuk AC, dimana penggunaan listrik akan menjadi lebih hemat apabila ukuran PK yang digunakan sesuai dengan kebutuhan pendinginan ruangan.

Lini premium yaitu tipe AC Urusara 7 dan European Design menjadi produk Daikin yang ditujukan untuk kelas menengah ke atas. Dipasarkan dengan harga 10 juta ke atas, harga yang fantastis untuk sebuah produk AC.

European Design menyertakan fungsi on/off menggunakan smartphone android melalui aplikasi yang bisa didownload sehingga dapat berfungsi sebagai pengganti remote AC. Selain itu desain juga menjadi poin unggulan untuk AC tipe ini.

Panasonic Gobel

Menjadi pionir dengan market share terbesar AC di Indonesia selama beberapa tahun, dengan brand image yang cukup dikenal masyarakat melalui produk – produk elektronik lainnya selain AC, Panasonic sudah cukup membuktikan bahwa kualitas produk mereka tidak perlu diragukan lagi.

Panasonic maupun Daikin sudah menggunakan freon baru R-32 yang sudah lebih ramah lingkungan karena mengurangi terjadinya efek Global Warming yang bisa ditimbulkan oleh freon yang terlepas ke udara bebas.

Freon yang dulu dipakai adalah Freon R22 yang masih dapat merusak ozone terlihat dari angka ODP yang masih ada, sementara freon R32 ODPnya udah 0. Sementara GWP adalah efek global warming, Freon baru R32 lebih aman 1/3 kali daripada freon yang lama.

Panasonic juga memiliki teknologi inverter pada Acnya ditambahkan dengan teknologi plasma dan sensor pada AC. Dengan teknologi sensor, Panasonic mengklaim konsumsi listrik akan lebih hemat, dan plasma membunuh bakteri yang ada di dalam ruangan.

Mitsubishi Electric & Mitsubishi Heavy Industries

Terdapat 2 perusahaan dengan merk Mitsubishi di Indonesia, tapi jangan salah Mitsubishi Electric dan Mitsubishi Heavy Industries adalah 2 perusahaan dengan manajemen yang berbeda, direksi yang berbeda serta lini produk yang juga berbeda. Keduanya juga memiliki varian produk AC yang memiliki keunggulan masing- masing.

Mitsubishi Heavy Industries merupakan merk dari PT. Berkat Graha trading sempat mengenalkan AC tipe CMP yang diklaimnya sebagai AC dengan indoor paling kecil di dunia. Sehingga tipe ini cocok sekali dengan desainnya yang mungil untuk ditempatkan di ruangan yang tidak memiliki banyak space kosong. 

Tipe baru dari Mitsubishi Heavy Industries sudah mulai beralih ke freon yang lebih ramah lingkungan yaitu tipe R-410a, karena tidak merusak ozon. Lini produk yang lain yakni tipe Deluxe dan Inverter juga tersedia.

Mitsubishi Electric hadir di Indonesia memperkenalkan lini produknya yang diklaim berkualitas tinggi, dengan suku cadang yang terpilih untuk menghadirkan produk terbaik kualitas Jepang. Baru - baru ini Mitsubishi Electric membangun pabriknya yang besar di Thailand sebagai pusat penyedia unit AC untuk kawasan asia, dengan nilai investasi lebih dari 400 juta Bath untuk membangun kompleks industri sebesar 7.000 meter persegi.

Agar pertumbuhan lini Air Conditioningnya semakin pesat, Mitsubishi Electric juga kemudian mengakuisisi 75% saham dari perusahaan AC Italia DeLclima demi meningkatkan pertumbuhan AC Commercialnya dan lini produk Chiller.

Sharp Elektronik

Perusahaan elektronik asal Jepang, Sharp menghadirkan produk – produk berkualitas yang lebih membidik pasar menengah. Teknologi Plasmacluster Sharp dikenal masyarakat melalui produk Air Purifiernya kemudian diperkenalkan lagi pada produk AC nya yaitu produk Sayonara Panas.

Lini produk sharp mencakup tipe Standar, Plasma, Deluxe Plasma dan Inverter. Produk sayonara panas adalah tipe deluxe plasma.

2 Raksasa Korea

LG dan Samsung, kedua perusahaan ini sudah dikenal saling bersaing di berbagai negara untuk berbagai produk elektroniknya. Begitu juga dengan produk AC, masing – masing menunjukkan keunggulan produknya masing – masing.

Fitur Skin Care, ditawarkan oleh LG sebagai solusi AC yang ramah dengan kulit manusia, sehingga tidak membuatnya menjadi kering.

Tipe AC LG sempat dikenal oleh masyarakat melalui produk Hercules Mininya, yang diklaim sebagai AC paling hemat di dunia hanya menggunakan 260 Watt untuk AC 1/2 PKnya tapi kemudian tipe tersebut sudah discontinue digantikan dengan tipe Low Wattnya dengan konsumsi listrik 330 Watt agar tenaga ACnya lebih dingin.

Samsung hadir dengan desain AC dengan bentuk segitiga, desain yang unik ini memungkinkan aliran udara AC yang lebih efisien dan kemudahan dalam mengganti dan mencuci sparepart AC.

Brand dari korea memiliki harga yang lebih murah dari buatan Jepang, untuk itu bagi anda ingin produk berkualitas baik dengan budget yang terbatas bisa melirik merk dari korea.

Penguasa Tirai Bambu

Salah satu penguasa market share di Indonesia untuk produk AC adalah produk dari China. Tersedia dari 0,5 – 2,5 PK melalui beberapa tipe yaitu Standard, Low Watt dan Deluxe. Harganya yang ekonomis menarik minat pembeli yang menginginkan harga AC yang tidak terlalu mahal.

Brand – brand yang ternama di Indonesia antara lain Changhong, Haier dan Gree, hadir untuk memenuhi kebutuhan AC dengan kisaran harga 2 jutaan.

Tidak terlalu mementingkan fitur dan iklan agar dapat menghemat biaya produksi, membuat merk - merk tersebut dapat lebih bersaing secara harga.

Pelajari dulu sebelum membeli, masing - masing merk punya keunggulan baik dari segi fitur maupun dari segi harga. Dengan melakukan riset, dan mempelajari terlebih dahulu semoga produk mana yang nantinya anda pilih adalah produk yang memang cocok untuk anda.

Komentar Anda (2)
Yosef Setiawan
29 August 2015, 11:15
Artikel yang bagus, saya mau tanya dari merk - merk diatas apabila budget saya sekitar 3 jutaan. Mana yang paling cocok untuk saya ? Lalu untuk ruangan 4x4 PK cukup tidak menggunakan AC 3/4 PK ?
Irfan - Sejuk Elektronik
01 September 2015, 17:36
Untuk ruangan 4x4 membutuhkan 8000 btu/h, AC 3/4 PK mampu menyediakan pendinginan sebesar 7000 Btu/h sehingga kurang 1000 btu/h. Saran kami adalah menggunakan AC 1 yang sampai 9.000 Btu/h. Untuk AC 1 PK dengan budget sekitar 3 jutaan bisa memilih merk Sharp 09SEY harga 3.050.000 belum termasuk pasang. Apabila ingin yang sudah berikut pasang terima beres dengan harga 3 jutaan bisa memilih merk dari China seperti CSC09JR berikut pasang 3.150.000.