0 Komentar
Laundroid Mesin Cuci Masa Depan Pelipat Pakaian

Mesin cuci merupakan salah satu alat penunjang dalam kegiatan rumah tangga, khususnya untuk membersihkan pakaian. Alat ini meringankan tugas ibu yang kerap merasa pegal setelah mencuci dan menjemur pakaian. Selama beberapa tahun pula, tugas mesin cuci hanya berpusat pada mencuci atau mengeringkan pakaian.

Namun, Jepang, salah satu negara paling inovatif di dunia, telah sukses mengembangkan ‘tugas’ baru untuk mesin cuci. Alat ini bisa melakukan satu tugas yang kadang dinilai melelahkan oleh sebagian orang. Apakah itu? Mari kita simak penjelasannya di bawah ini.

Laundroid Sang Mesin Cuci Masa Depan

Bukan Jepang namanya kalau tidak mengeluarkan produk out of the box. Baru-baru ini, Daiwa House Industry dan Panasonic Corporation merancang mesin modern dan amat canggih. Adalah Laundroid, mesin cuci masa depan, yang digadang dapat melipat semua pakaian Anda. Menurut perusahaan tadi, Laundroid dibekali sebuah teknologi robotic yang menunjangnya untuk melakukan tugas rumah yang dilakukan semua orang.

Robot bernama Seven Dreamers Laboratories membantu Laundroid untuk melipat pakaian yang baru Anda cuci. Sebenarnya, teknologi tersebut bukan hal baru lagi, karena sudah diperkenalkan pada ajang CREATEC 2015 pada bulan Oktober 2015. Namun, saat itu belum banyak yang tahu tentang teknologi tadi. Sehingga kedua perusahaan pencipta Laundroid kembali mempertontonkannya pada ajang CES 2016. Teknologi tadi dengan cepat menarik perhatian banyak pengunjung.

Pengenalan Laundroid

Ketika diperlihatkan untuk kali pertama, Laundroid masih berbentuk mockup. Mesin cuci tersebut pun memakai image recognition untuk melipat pakaian. Ketika pakaian dimasukkan, mesin cuci akan melakukan scan untuk mengenali tipe dan jenis bahan yang digunakan. Kemudian, Laundroid akan melipat pakaian tersebut dalam hitungan menit.

Sejauh ini, Laundroid membutuhkan waktu sekitar lima hingga sepuluh menit untuk melipat baju. Namun, pihak pengembang berharap kalau mereka bisa terus meningkatkan performa dari mesin cuci tersebut. Salah satunya adalah untuk mempersingkat waktu pelipatan pakaian. Apalagi, nantinya Laundroid harus melipat banyak pakaian dalam tempo waktu yang cepat.

Harapan untuk Laundroid

Laundroid tentunya menjadi mesin cuci yang diidamkan banyak orang, terutama keluarga dengan anggota yang banyak. Pekerjaan mencuci hingga melipat tentunya akan terasa berat kalau dilakukan oleh satu orang. Jika Laundroid berhasil diwujudkan dengan pengembangan yang baik, ia akan membantu tugas rumah tersebut dalam waktu cepat. Anda juga dapat melakukan pekerjaan lain.

Lantas, kapan Laundroid akan secara resmi beredar di pasaran? Pihak pengembang menyatakan bahwa mesin cuci masa depan ini akan mulai dijual pada tahun 2018. Selain itu, mereka berharap bisa menjual Laundroid versi rumahan pada tahun 2020. Versi rumahan atau built-in tersebut akan digabungkan dengan kloset maupun perangkat lainnya.

 

Pusat Panduan AC Terlengkap #1