1 komentar
Ketahui Permasalahan pada Setrika dan Cara Mengatasinya

Setrika merupakan alat elektronik yang sangat dibutuhkan oleh manusia. Alat ini sangat berguna untuk membuat baju menjadi rapi. Namun karena setrika dibuat oleh manusia, tentu saja alat elektronik ini bisa mengalami kerusakan. Saat kerusakan terjadi, kita pasti akan merasa sangat kewalahan. Kerusakan yang biasanya terjadi pada setrika adalah; setrika yang tidak mau panas, setrika yang mengeluarkan tegangan listrik dan setrika yang lengket saat digunakan untuk menyetrika kain. Lalu, bagaimanakah cara memperbaikinya? Berikut, akan dijelaskan cara pemecahan masalah untuk setrika yang bermasalah

Permasalahan Setrika yang Tidak Mau Panas

Salah satu masalah yang sering terjadi pada setrika adalah setrika yang tidak mau panas. Hal ini biasanya terjadi karena masalah pada kabel power ataupun elemen panas pada setrika yang sudah tidak berfungsi dengan baik. Untuk memastikan hal tersebut, anda bisa mengecek kabel power pada setrika. Jika kabel tersebut masih dalam kondisi baik, maka anda harus memeriksa element pemanas pada setrika dengan menggunakan suatu alat yang disebut multitester.

Untuk menggunakan alat tersebut, anda bisa membuka badan setrika. Setelah itu, tempelkan bagian ujung pertama dari elemen pemanas pada kabel berwarna merah yang ada pada multitester, lalu bagian ujung panas lainnya tempelkan pada kabel berwana hitam pada multitester.

Jika pada layar multitester tak ada gerakan pada jarum, artinya elemen panas pada setrika sudah tidak berfungsi. Anda bisa mengganti elemen pemanas tersebut dengan elemen pemanas yang baru.

Permasalahan Setrika yang Mengeluarkan Tegangan Listrik

Setrika yang baik dan normal adalah setrika yang saat dipegang tidak mengeluarkan tegangan listrik. Berbeda dengan setrika yang sudah tua atau pernah terjatuh, setrika tersebut biasanya mengeluarkan tegangan listrik. Hal berbahaya tersebut bisa diatasi dengan mengecek seluruh komponen di dalam setrika untuk melihat ada atau tidaknya kebocoran pada arus listrik. Tentu saja untuk mengecek semua itu adalah dengan menggunakan multitester. Namun, adanya tegangan listrik pun bisa terjadi akibat adanya kerusakan pada kabel power. Untuk itu, periksa juga kondisi kabel power pada setrika anda.

Permasalahan Permukaan Setrika yang Lengket

Permasalahan setrika yang lain adalah permukaan setrika yang lengket. Sebenarnya, hal ini terjadi disebabkan oleh penggunanya. Biasakan untuk tidak menekan kain terlalu keras dengan setrika agar tidak banyak partikel kain yang menempel pada setrika. Sebaiknya, gunakan juga cairan pelembut atau pewangi pakaian untuk memudahkan anda saat menyetrika baju. Jika ada partikel kain yang menempel, sebaiknya gunakan lilin untuk membersihkan kain-kain tersebut dari permukaan setrika. Gunakan lilin saat permukaan setrika masih panas, lalu gosoklah dengan kain bersih sampai patikel-partikel kain yang menempel bisa dibersihkan dengan baik. Setrika pun bisa digunakan lagi dengan nyaman. Dengan cara ini pun, setrika akan lebih awet dan nyaman saat digunakan.

Mungkin masih ada permasalahan-permasalahan lain yang bisa anda temukan dari sebuah setrika. Namun, ketiga permasalahan diatas adalah permasalahan paling umum yang bisa anda dapatkan. Anda bisa mengikuti tips diatas hingga permasalahan setrika di rumah anda bisa teratasi dengan baik. Tetapi terkait dengan permasalahan setrika yang tetap tidak mau panas walaupun sudah mengecek kondisi kabel power dan mengganti element panas, sebaiknya anda membawa setrika tersebut ke tukang service untuk menemukan solusi terbaik. Juga jangan pernah melakukan service sendirian jika anda tidak terlalu mengerti tentang elektronik, karena hal tersebut terkadang bisa membahayakan diri anda sendiri.

Komentar Anda (1)