0 Komentar
Hal Menarik Mesin Cuci Ini Perlu Anda Simak

Mencuci adalah hal yang sangat rutin dilakukan oleh setiap ibu rumah tangga. Namun, sering kali jika mencuci menggunakan mesin cuci baju menjadi rusak dan bahkan pudar. Dan berikut beberapa tips agar terhindar dari hal tersebut.

Memilah Baju

memilah baju dengan dengan mudah (Rinso)

Proses ini cukup penting dilakukan untuk memilah mana baju yang berwarna terang dan gelap, juga harus memperhatikan pakaian yang sangat kotor agar dipisah dengan pakaian yang tidak terkena noda.

Dan ada juga baju yang harus diperlakukan khusus pada saat mencuci dimesin cuci karena dapat merusak pakaian tersebut atau bahkan merubah warnanya sehingga pakaian lain tercemar oleh warna pakaian yang pudar tersebut.

Penggunaan Sabun dan Pengering Pakaian

Wanita sedang mengecek kebersihan pakaian ( SindoNews )

Sangat tidak disarankan anda menabur deterjen atau sabun cuci ke pakaian kotor yang akan dicuci. Alangkah lebih baik bila deterjen atau sabun cuci tersebut dilarutkan dahulu kedalam air lalu kemudian dimasukkan kedalam mesin cuci. Menabur secara langsung deterjen pada pakaian dapat berakibat fatal, yaitu dapat membuat warna pakaian lebih cepat pudar dan lebih baik anda memasukkan air terlebih dahulu kemudian anda memasukkan campuran deterjen atau sabun cuci tadi kedalam mesin.

Usahakan juga tidak mengeringkan pakaian anda dengan pengering mesin cuci jika masih dapat memanfaatkan sinar matahari. Selain dapat menghemat listrik juga dapat menghindarkan pakaian anda agar tidak melar. Pakaian akan lebih cenderung melar karena pada saat pengeringan pakaian dimesin cuci akan diputar dengan sangat cepat sehingga pakaian akan saling tarik-menarik akan berakibat pakaian melar.

Memisahkan Kaos Kaki, Pilah Baju Luntur, dan Menutup Risleting

Pengecekan pakaian sebelum dimasukkan kedalam mesin cuci ( shopius )

Memisahkan kaos kaki dengan pakaian lainnya akan menghindari kaos kaki terbelit dengan pakaian lain pada saat proses pencucian karena pada saat mencuci seluruh pakaian yang ada didalam akan saling terbelit sehingga mempersulit mencari kaos kaki jika disatukan dengan pakaian lainnya.

Memilah baju pudar sebuah hal yang harus dilakukan pada saat ingin mencuci dengan mesin cuci. Anda dapat memastikan pakaian anda pudar atau tidak dengan cara membasuhkan pakaian yang menurut anda pudar dengan air, apabila dititik tertentu pakaian tersebut pudar anda harus segera memisahkan dengan pakaian lainnya. Menutup resleting pada saat pencucian dapat menghindarkan pakaian lain agar tidak tersobek pada saat proses pencucian.

Membersihkan Filter Mesin Cuci

Wanita sedang memilah pakaian dan membersihkan bagian filter mesin cuci ( Okezone )

Usahakan agar selalu memperhatikan kebersihan filter ataupun penyaring dan selang untuk saluran air pada mesin cuci dan setidak-tidaknya anda harus membersihkannya setahun sekali agar air yang masuk kedalam mesin cuci terjaga kejernihannya.

Dalam memilih mesin cuci juga harus penuh dengan kehati-hatian, kenali mesin cuci anda dengan baik jika tidak pengeluaran rumah tangga akan membengkak karena perlakuan yang salah. Dengan menggunakan tipe front load atau bukaan depan karena memberikan hasil yang optimal. Secara teknis mesin cuci dengan bukaan depan diklaim memiliki kinerja yang maksimal.

Mengapa mesin cuci front load lebih baik, secara teknis mesin ini mencuci pakaian dengan cara diputar dan seperti dibanting. Cara mesin cuci seperti ini dinilai paling baik dan memberikan hasil cucian yang optimal dan juga penggunaan air dan deterjen dapat lebih menghemat namun memberikan hasil yang maksimal.

Jika pada mesin cuci Top Load saat mencuci anda harus menggunakan air yang cukup banyak, mesin akan memutar jika cucian terendam dengan air. Mesin cuci jenis ini hanya mengeringkan sekitar 80% sisanya anda harus mengeringkannya secara manual.

“Deterjen berbusa rendah sangat baik untuk mesin cuci karena tidak meninggalkan noda kerak pada mesin cuci. Deterjen dengan formulasi anti busa dan zat aktif yang optimal juga mempengaruhi hasil cucian dengan mesin cuci. Deterjen dengan zat aktif surfaktan belum ramah lingkungan, sedangkan deterjen dengan zat aktif yang meninggalkan residu akan membuat baju menjadi apek setelah lima kali pencucian.  

Sumber Artikel : solopos.com , kompas.com
Sumber Gambar : sindonews.com , rinso.co.id , okezone.com , shopious.com
Pusat Panduan AC Terlengkap #1