0 Komentar
Fungsi Duct Tape atau Lakban Untuk Installasi AC

Pipa AC itu perlu dilakban lho ternyata, menggunakan duct tape namanya. Tapi apa sih sebenarnya kegunaan duct tape ini dan apakah sifatnya wajib untuk setiap pemasangan ? 

Fungsi Lakban AC

Kan pemasangan pipa itu membutuhkan beberapa material seperti Pipa AC, Kabel & Pipa Drain, maka itu dilakukan pelakbanan menggunakan duct tape membungkus semua material tersebut secara diagonal spiral untuk menutupi seluruh bagian material tersebut dan menjadikannya terlihat lebih rapih. Kerapihan secara estetika ini adalah fungsi pertama duct tape.

Karena terbungkus rapat, maka duct tape ini sedikit banyak membantu juga nih, ketika misalnya pipa ternyata ada bocor halus, karena duct tape nya rapat, maka yang seharusnya freon sudah keluar, ketahan oleh duct tapenya sehingga tidak jadi bocor. Namun duct tape tidak bisa diandalkan penuh dalam menahan kebocoran pipa yang rongganya sudah besar.

Kemudian juga duct tape ini membantu untuk mencegah kondensasi yang dapat terjadi jika antara pipa dan insulasi pipa terdapat rongga udara atau air gap. Mengenai insulasi dan kondensasi sudah dijelaskan di artikel lain, nah mengenai rongga udara sendiri ini biasanya terjadi karena insulasi terlalu besar atau insulasinya sedikit renggang. Dengan duct tape bisa mengencangkan insulasi supaya lebih ketat dan melekat pada pipa, sehingga air gap tidak ada. 

Jenis Duct Tape dan Kegunaannya

Kalau yang umum kita gunakan paling banyak itu adalah duct tape lem, karena ada lem ini membantu teknisi lebih cepat dalam melakukan pengerjaan perapihan installasi AC. Sementara versi lebih murahnya adalah duct tape tanpa lem.

Khusus untuk pengerjaan AC ducting ada duct tape alumunium, yang berfungsi sebagai insulasi untuk menangkal panas masuk ke dalam sistem pendinginan AC

Pengertian Fungsi Duct Tape Yang Keliru

Duct tape ini tidak berfungsi untuk mencegah hawa dingin AC keluar dari pipa, jadi tidak perlu takut jika tidak di duct tape maka AC menjadi tidak dingin. Karena pada dasarnya pipa tembaga ini adalah bahan yang solid, sehingga hawa dingin AC tidak keluar dari pipa tersebut. 

Follow IG @selka.id
Follow IG @selkapedia
Diskusi & Pertanyaan (0)
Kami akan mengirimkan email balasan dan update informasi melalui email kamu. Anda bisa unsubscribe kapan saja jika tidak berminat.
Pusat Panduan AC Terlengkap #1