0 komentar
Cara Menghitung Berapa Ukuran PK AC Yang Anda Butuhkan

Setelah membaca habis artikel ini, akan terjawab semua pertanyaan untuk AC 1 PK Itu Berapa Btu, Untuk Ruangan Berapa Meter, Apa sih Rumus Cara Menghitung Kebutuhan dan Ukuran AC. Artikel ini akan mengupas semuanya dalam bahasa yang sesederhana dan seawam mungkin. Anda juga dapat menggunakan PK Calculator kami jika anda tidak ingin ribet, karena Alat tersebut akan secara otomatis menghitungkannya untuk anda

Arti Btu pada AC atau Satuan Pendinginan AC ?

Btu dapat dianggap sebagai kekuatan pendinginan AC, semakin besar berarti semakin mampu sebuah AC mendinginkan ruangan. Rumus Konversi Btu ke PK adalah dibagi 9.000. 

AC 1 PK Itu Berapa Btu ?

Berikut adalah hitungan dasar konversi PK ke kebutuhan Btu pada AC

  • AC 1/2 PK itu 5.000 Btu/h
  • AC 3/4 PK itu 7.000 Btu/h
  • AC 1 PK itu 9.000 Btu/h
  • AC 1,5 PK itu 12.000 Btu/h
  • AC 2 PK itu 18.000 Btu/h
  • AC 2,5 PK itu 24.000 Btu/h

Butuh AC Berapa PK Untuk Kamar Ukuran 3x3 ?

Jika anda sudah bisa mendapatkan ukuran ruangan anda, anda bisa saja menggunakan PK Calculator kami untuk langsung mendapatkan ukuran PK yang dibutuhkan berapa. Sebagai gambaran berikut ukuran yang umum berikut dengan berapa PK yang dibutuhkan

  • Kamar 3x3 membutuhkan AC 1/2 PK
  • Kamar 3x4 membutuhkan AC 3/4 PK
  • Kamar 3x5 membutuhkan AC 1 PK
  • Kamar 4x4 membutuhkan AC 1 PK
  • Kamar 4x5 membutuhkan AC 1,5 PK
  • Kamar 4x6 membutuhkan AC 2 PK
  • Kamar 5x5 membutuhkan AC 2 PK
  • Kamar 5x6 membutuhkan AC 2 PK

Cara Menghitung Rumus Simpel Ukuran Kamar Sekian Meter Butuh AC Berapa PK

Pertama - tama anda harus mengukur kebutuhan Btu ruangan anda, Banyak artikel yang menyebutkan untuk menghitung Btu/H itu rumusnya (Luas Ruangan x 500), namun nilai ini sudah tidak lagi berlaku dan kurang akurat untuk cuaca Indonesia yang sekarang sudah semakin terik.

Perhitungan yang paling akurat bukanlah dikali 500, tapi dikali 537 untuk perumahan. Angka ini adalah hasil riset dari team R&D Daikin yang menemukan angka tersebut adalah angka yang paling cocok untuk kamar rumah di Indonesia.

Angka tersebut dapat digunakan pada kondisi yang paling normal yakni, tinggi plafon standar pada umumnya sekitar 3m, ruangan tertutup, kamar dihuni 1-2 orang dan AC cukup sejuk tidak dingin beku. Jika memiliki kondisi khusus anda dapat menggunakan advanced mode PK Calculator dengan mengklik tombol advanced mode.

Kita contohkan untuk ruangan dengan ukuran 3x4 berarti luas ruangan anda 12 m2. Kita kalikan 12 * 537 = 6.444 Btu/h. Artinya ruangan anda butuh AC yang bisa memenuhi kebutuhan tersebut. Apakah kita akan menggunakan AC 1/2 PK, yang hanya 5.000 Btu/h? Bisa saja sih, tapi jangan jamin ruangan anda akan cepat dinginnya.

Disarankan apabila sudah melewati kapasitas dari AC tersebut, misalnya 6.444 Btu/h sudah melewati kapasitas 1/2 PK, maka langsung menggunakan AC setingkat diatasnya yaitu 3/4PK dengan 7.000 Btu/h. Bahaya jika dipaksakan karena AC jadi tidak akan awet apalagi jika menggunakan teknologi inverter, yang ada bukannya hemat listrik malah akan jadi boros.

Konversi Btu/h ke Ukuran PK AC

Simpelnya jika anda memiliki ukuran yang lebih besar lagi, contohnya 8x8 = 64m2. Lalu anda coba kalikan 64 * 537 = 34.368 Btu/h. Anda dapat menghitung berapa kebutuhan PK nya dengan membaginya dengan 9.000. Karena 9.000 Btu/h itu sama dengan kebutuhan AC 1 PK.

Maka anda dapat membaginya 34.368 / 9.000 = 3.81 PK atau kita bulatkan keatas 4 PK. Jangan dibulatkan kebawah, karena AC anda akan kurang dingin, kurang awet dan jadi boros listrik jika tidak sesuai ukuran yang seharusnya.

Yang Mempengaruhi Perhitungan PK Selain Luas Ruangan

Ukuran dapat berbeda jika ukuran plafon lebih panjang dari 3m, karena kebutuhan AC akan lebih tinggi. Selain itu yang mempengaruhi adalah jenis lampu yang anda gunakan di kamar anda, karena lampu menimbulkan panas. Kemudian jenis kacanya juga mempengaruhi akan meredam sinar matahari atau tidak.

Penting juga mengetahui rumah anda menghadap ke Utara atau Barat, karena jika menghadap Barat maka rumah anda akan lebih panas sehingga membutuhkan PK yang lebih tinggi atau juga memperhitungkan akan ada berapa orang per 10m2 ruangan anda, jika ruangan tersebut digunakan untuk aktivitas lebih banyak, maka sebaiknya PK nya juga lebih tinggi. 

Sebaiknya anda menggunakan advanced mode PK Calculator untuk lebih akurat menghitung dengan kondisi" diatas.

Ada lagi yang mempengaruhi apakah yang dihitung adalah kebutuhan untuk rumah atau untuk restoran, karena perhitungan diatas adalah rumus untuk perhitungan di rumah. Sementara untuk perhitungan diluar itu bisa berbeda.

 

Komentar Anda (0)