315 Komentar
Cara Menghitung Berapa Ukuran PK AC Yang Anda Butuhkan

Penyejuk udara atau dalam bahasa Inggris disebut Air Conditioning (AC) adalah mesin yang dirancang agar menjaga kestabilan suhu udara dan kelembaban dalam suatu area.

Elektronik satu ini memang sering kita banyak temui di dalam ruang tertutup umumnya. Namun apakah PK AC yang kamu pilih saat ini sudah cocok dengan besar ruangan kamu?

Nah kamu bisa tau ukuran PK yang pas dengan menggunakan tools populer kami PK Calculator jadi kamu tidak perlu lagi ribet menghitung menggunakan rumus karena sudah otomatis dihitungkan.

Saat kita mulai memilih untuk membeli AC, mungkin yang kita ketahui secara umum semakin besar ukuran PK AC maka AC lebih dingin.

Kesalahan memilih PK  AC untuk ruangan sebenarnya dapat merugikan. Misalnya saja memilih AC dengan ½ PK ditaruh pada ruangan yang terlalu luas alhasilnya ruangan tidak dingin. Begitu juga sebaliknya saat kita memilih PK yang besar karena tidak mau pusing lalu ditaruh pada ruangan yang kecil, tentu saja pastinya jadi dingin tapi tidak luput dari pemborosan listrik.

Sebetulnya ada rumusan untuk menghitung berapa besar PK yang cocok dengan luas ruangan jadi kamu bisa membeli AC yang tepat untuk ditaruh pada ruanganmu. Mari kita kenali istilahnya dan cara menghitung untuk menemukan AC yang tepat.

Pada sebuah AC, ada 3 faktor penting yang harus kita kenali, yaitu :

  • BTU/h (British Thermal Unit per hour), Bisa dikatakan daya pendingin ac, BTU menyatakan kemampuan mengurangi panas / mendinginkan ruangan dengan luas dan kondisi tertentu selama 1 jam.
  • Daya listrik (Watt), Besarnya tenaga yang dibutuhkan ketika AC dalam kondisi menyala.
  • PK kompresor, PK adalah singakatan dari bahasa Belanda ‘Paarkdekracht’ yang berarti tenaga kuda, sedangkan dalam bahasaa Inggrisnya HP (Horse Power). Ini merupakan satuan daya pada kompresor AC, bukan daya pendingin AC.

Rumusan untuk menghitung :

Panjang (P) x Lebar (L) x 537 BTU/h

Kalkulasi ini diasumsikan bahwa tinggi ruangan disesuaikan dengan standar tinggi yang yang ada di Indonesia  yang pada umumnya 2,5m – 3m.

Selain itu, perhitungan ini juga tidak memperhitungan faktor eksternal lainnya seperti, banyaknya orang dalam 1 ruangan, seberapa sering pintu terbuka dan tertutup, dan lain sebagainya.

Rumus ini akan menghasilkan angka dalam satuan BTU/h kemudian angka tersebut dicocokkan dengan kemampuan AC untuk mendinginkan ruangan dalam satuan BTU/h yang ada di setiap AC.

Sebagai catatan, saya cantumkan daya pendingin AC berdasarkan PK :

  • AC ½ PK = ± 5.000 BTU/h → ukuran ruangan 10m²
  • AC ¾ PK = ± 7.000 BTU/h  → ukuran ruangan 14m²
  • AC 1 PK = ± 9.000 BTU/h   → ukuran ruangan 18m²
  • AC 1½ PK = ± 12.000 BTU/h  → ukuran ruangan 24m²
  • AC 2 PK = ± 18.000 BTU/h  → ukuran ruangan 36m²

Saya akan berikan contoh kasus agar lebih mudah dipahami.Ruangan dengan Panjang 3m dan Lebar 3m. Hasil perhitungan 3m x 3m x 537 BTU/h = 4.833 BTU/h. Berarti untuk ruangan sebesar 9m² minimal memerlukan AC 1/2 PK, karena AC 1/2 PK mempunyai BTU/h sebesar 5000.

Saya akan berikan contoh kasus lainnya dengan hasil yang berbeda. Ruangan dengan Panjang 3m dan Lebar 4m.Hasil perhitungan 3m x 4m x 537 BTU/h = 6.444 BTU/h

Nah pasti kamu akan dilema akan memakai AC 1/2 PK memiliki 5.000 BTU/h atau dan AC 3/4 PK memiliki 7.000 BTU/h, karena dari hasil dapat dilihat nilai BTU/h berada diantaranya. Tentu saja saya menjawab pilih yang 3/4 PK. Alasannya.. Mari kita lihat perbandingannya.

Kondisi AC di ruangan saat menggunakan 1/2 PK :

  • AC harus bekerja 100% dengan kecepatan fan maksimum dan suhu remote di temperatur terendah (16 derajat misalnya), barulah ruangan terasa dingin, terutama di siang hari saat sedang panas.
  • AC tidak akan bertahan lama karena kompresor harus terus bekerja maksimal.
  • Listrik lebih boros karena kompresor lebih banyak hidup dari pada mati.
  • Saat kompresor menyala konsusmsi listrik sebesar PK AC terus terkonsumsi (contoh konsumsi listrik dari AC 1/2 PK sebesar 400 watt untuk tipe low).

Kondisi AC di ruangan saat menggunakan 3/4 PK :

  • Kamu cukup mengeluarkan kecepata 1 fan, suhu remote 22 derajat maka ruangan sudah terasa dingin.
  • Hal diatas akan berdampak pada konsumsi listrik walau sebesar 600 watt namun kompresor akan lebih sering mati dan tidak perlu bekerja maksimal.
  • AC lebih awet karena kompresor tidak perlu bekerja maksimal terus menerus.

Dengan kinerja kompresor pada AC 3/4 PK maka dalam bulan berjalan pemakaian listrik terhitung lebih hemat dibandingkan AC PK.

Jadi sudah paham khan bagaimana menemukan PK yang cocok untuk ruangan kamu? Tools PK Calculator disediakan juga untuk membantu kamu melakukan perhitungan dengan lebih mudah. Sekarang tinggal kamu praktekkan dan berburu AC pilihan kamu.

Diskusi & Pertanyaan (315)
Informasi yang kamu berikan kami jamin keamanan & kerahasiaannya. Kami akan menggunakan saluran email hanya untuk keperluan komunikasi.
Delfi
23 April 2024
Halo kak, ijin bertanya.. jika ruangan P: 3.4m, L: 3,2m, Dan T: 3,5m itu butuh ac brp PK? Terima kasih.
Official Admin
Selka.id - Dahlia
24 April 2024
hai ka ^^ Kebutuhan : 3/4 s/d 1 PK. idealnya pakai 1 pk ya agar saat cuaca panas ekstrem ruangan tetap terasa dingin ka
Yahya
23 April 2024
Kak untuk dua ruangan yg digabung jadi 1 AC , dengan lebar 5mx3,2m dengan tinggi 3,5m idealnya pakai brp PK ya?
Official Admin
Selka.id - Dahlia
23 April 2024
hai ka ^^ Kebutuhan : 1,5 s/d 2 PK. Idealnya pakai 2pk ya ka agar saat cuaca panas ekstrem ruangannya tetap terasa dingin ka.
Novan
23 April 2024
Kak ruangan saya P : 4, L : 3.5, T : 4, butuh berapa PK, sedangkan kondisi voltase nya sering turun, bisa recomenin yg jenis inverter plus low voltage nya ?
Official Admin
Selka.id - Dahlia
23 April 2024
hai ka ^^ Kebutuhan : 1,5 s/d 2 PK. Idealnya pakai yang 2pk agar saat cuaca panas ekstrem ruangan nya tetap terasa dingin ka. Rekomendasi kami ada FTKF35AV14 Super PCB - Fitur ini berguna untuk menahan lonjakan tegangan listrik rendah mulai dari 130 - 415V, sehingga dapat mencegah kerusakan pada unit outdoor.
Show All Comments
Pusat Panduan AC Terlengkap #1