483 Komentar
Cara Hitung Berapa Tagihan Listrik AC Kamu Per Bulannya

Kalau kamu masih tidak tahu AC 1 PK itu berapa watt, mudahnya bisa langsung dicek disetiap halaman produk dibagian tabel spesifikasi. Kalau di website Selka posisinya bisa discroll kebawah sedikit sampai ke tabel spesifikasi dan akan ada informasi wattnya.

Tapi kalau gak ketemu model tipe AC nya bagaimana? nah kalau itu kita bisa memakai patokan tipe serupa. Untuk Daya AC 1 PK tipe standard Secara rata-rata ada di 750-800 Watt. Sedangkan untuk Daya AC 1/2 PK tipe standard secara rata-rata ada di 350-400 Watt.

Buat AC Inverter lebih kompleks karena tiap teknologi inverter punya daya efisiensi yang berbeda-beda tergantung grade kualitas dari bahan dan teknologi AC. Untuk Inverter nanti kita akan ulas lebih lanjut.

Patokan Perhitungan Biaya Tagihan Listrik Per Bulan Oleh PLN 

Untuk tahu berapa biaya listrik yang kita bayarkan untuk AC per Bulannya maka kita bisa mengalikan informasi Watt yang sudah kita dapat dengan rate dari PLN.

Memang AC ini adalah penyebab utama kita bayar listriknya bengkak, karena secara pemakaian kan suka non-stop, apalagi kalau yang lebih sering dirumah bisa sampai 24 jam pemakaiannya. Sementara AC sendiri itu wattnya memakan cukup besar. Jika pemakaian lama bisa lumayan sekali biayanya.

PLN menggunakan patokan menggunakan kWh atau Ribuat Watt per jam. Kalau mau perhitungan mudah bisa pakai fitur Listrik Calculator dilakukan langsung melalui website Selka.id, sehingga perhitungannya dilakukan secara otomatis.

Atau kalau mau hitung manual, anggaplah kamu membeli AC 1/2 PK dengan besaran watt 350 Watt. Lalu AC dipasang di rumah dan mulai dinyalakan. Kita anggap saja hitungan gampangnya kamu menyalakan AC 10 jam dalam sehari. dari jam 08.00 pagi sampai jam 18.00 sore hari.

Artinya kita harus kalikan 350 Watt dengan 10 jam = 3.500 Watt lalu dibagi 1000 untuk mendapatkan hitungan kWh menjadi 3.5 kWh.

Nah berarti kita sudah dapatkan perhitungan 3.5 kWh per hari. kita kalikan pemakaian sebulan penuh dikali 30 hari = 105 kWh.

Berapa Biaya Listrik Jika sudah tau penggunaan kWhnya

Kalau kamu melihat meter pada mesin PLN yang ditempel di depan rumah, itu angkanya berdasarkan pada perhitungan kWh yang sudah kita hitung diatas.

Angka di mesin meter tersebut berkurang berdasarkan pemakaian seluruh perangkat listrik dirumahmu, bukan hanya AC saja tapi termasuk TV, Vacuum Cleaner, Kulkas, dan lainnya.

Kita mencoba menghitung anggapnya dari AC saja dulu ya. Dengan melanjutkan perhitungan diatas yakni 105 kWh dalam sebulan.

Kalau golongan listrik kamu sudah diatas 1.300 VA maka sudah termasuk golongan yang non-subsidi dengan biaya per kWh nya adalah 1.444,70.

Sementara yang dibawah 1.300 VA termasuk golongan bersubsidi dengan biaya per kWh lebih murah karena mendapatkan subsidi dari pemerintah.

Kalau ada yang bingung menentukan VA ini darimana? ini ditentukan saat kamu mau melakukan pemasasangan listrik PLN di rumahmu.

Kalau VA terlalu kecil bisa jadi listrik gak ngangkat, yang terjadi listrik bisa jebret karena kegedean daya yang nyala bersamaan.

Kebutuhan VA kamu itu dihitung sesuai berapa Watt yang nyala bersamaan. Misalnya AC kan 400 Watt, hitung lagi alat listrik yang lain butuh berapa watt. Sisihkan sekitar 10-20% watt dilebihin karena biasanya beberapa perangkat daya angkat awalnya membutuhkan watt lebih besar.

Misalnya AC dan elektronik lainnya total 1000 Watt. Ambil aman naikin 20% jadi 1.200 Watt. Maka baiknya memilih kapasitas PLN yang > 1.200 VA supaya gak jebret.

Menggunakan patokan 105 kWh dikali biaya per kWh golongan non subsidi 1.444.70 mendapatkan total biaya 152.000. Inilah perkiraan konsumsi biaya kamu per bulannya. 

Namun ingat ada pajak 10% yang perlu ditambahkan yaitu PPJ (Pajak Penerangan Jalan) dan ada biaya materai 3.000 setiap melakukan pengisian tagihan listrik.

Apakah Listrik 900 Watt cukup untuk ngangkat AC 1 PK ?

Kalau kita ambil rata-rata AC 1 PK itu ada di 750-800 Watt. Belom lagi ketika awal menyalakan AC itu butuh daya lebih besar lho, jadi ini harus hati-hati. Anggaplah butuh 20% daya lebih besar. Berarti 800 * 120% = 960 Watt. Kalau bgini pasti listrik langsung jebret turun.

Dan juga kebutuhan rumah tangga kan tidak hanya AC saja, ada kebutuhan lampu dan benda-benda lainnya yang juga harus diperhitungkan ya. Kalau memang cuman 900 Watt baiknya sih pakai yang 1/2 PK saja.

Lalu kalau listrik kita dayanya cuman 450 Watt Gimana, Cocoknya pake AC berapa PK dong ? Prinsipnya sama, karena keterbatasan daya maka kita harus memilih AC yang paling kecil dayanya yaitu 1/2 PK. 

Bisa saja kita mengakali AC dinyalakan duluan sebelum menggunakan perangkat-perangkat lainnya, supaya ketika dibutuhkan daya angkat dengan daya 20% lebih besar diawal tidak jebret, nantinya ketika daya AC sudah mulai stabil dan turun, baru bisa menyalakan peralatan listrik lainnya.

Coba juga pertimbangkan lihat AC dengan brand seperti Panasonic yang punya kategori AC Low Watt, 1/2 PK nya ada yang 330 Watt saja jadi bisa lebih tenang gak berisiko sampe jebret.

Kenapa Hitungan Watt Listrik Inverter itu ada Rentangnya ?

Misalnya ada 1 tipe AC inverter yang daya listriknya tertuliskan seperti ini di website Selka.id 380 Watt (280 - 650). Ini artinya daya minimum 280 Watt, berarti dalam kondisi udara tidak begitu panas, inverter akan menghemat kerja listrik sampai di 280 Watt.

Lalu disaat udara lagi terik, inverter bisa meningkat sampai 650 watt untuk memastikan ruangan tetap dingin. Lalu secara rata - rata penggunaan bisa diperkirakan disekitar 380 Watt.

Inilah mengapa pembelian AC inverter itu harus tepat PKnya, karena jika keliru malah menjadi sangat boros listriknya.

Diskusi & Pertanyaan (483)
Informasi yang kamu berikan kami jamin keamanan & kerahasiaannya. Kami akan menggunakan saluran email hanya untuk keperluan komunikasi.
heri
22 February 2024
kak kalau ac daikin r32 1pk itu 1 bulannya brp y kak
Official Admin
Selka.id - Dahlia
22 February 2024
hai ka ^^ untuk ac nya memiliki daya listrik berapa watt ya dan dalam sehari pemakaiannya berapa jam ka?
Jojo
18 February 2024
halo kak, saya masih bingung mau beli ac 1/2pk standar atau inverter untuk ukuran kamar saya yg 3x3. saya tinggal di surabaya jd hawanya memang panas bgt dan di kamar saya ada ventilasi udara lubang 1 biji yg mengarah lgsg keluar rencana mungkin saya tutup kl sudah pasang ac. boleh rekomendasikan ac mana kak yg sekiranya pas untuk saya dan lebih menghemat biaya? saya masih bingung antara daikin, sharp, atau panasonic atau mungkin ada rekom lain serta estimasi biaya nya untuk ac inverter dan stan
Official Admin
Selka.id - Dahlia
19 February 2024
hai ka ^^ Kami menyarankan menggunakan AC Standard : Ruang Tamu (Ruang terbuka) AC Inverter : Ruang kamar, kantor (Ruang tertutup). Standar PK : AC 1/2 PK untuk 0-10 m2 AC 3/4 PK untuk 11-13 m2. Brand yang disarankan : Daikin made in Thailand, untuk standard ada seri FTC, untuk inverter ada seri FTKQ ya ka
Dani ramdani
12 February 2024
Hai ka untuk biaya 105 kwh itukan perbulan nya 152000 belum termasuk pajak dan itu di kwh yang nonsubsidi, yang mau saya tanyakan kalau 105 kwh tapi saya pakai yang 900va bersubsidi berarti saya bayar berapa mohon di jawab ya ka terimakasih
Official Admin
Selka.id - Dahlia
12 February 2024
hai ka ^^ Perhitungan listrik calculator™ didasarkan pada golongan 1.300 VA keatas, hanya untuk acuan rata-rata saja, untuk tipe inverter dapat berbeda tergantung cara pemakaian.
Show All Comments
Pusat Panduan AC Terlengkap #1