191 Komentar
Berapa Panjang Atau Jarak Pipa AC Yang Ideal

Suatu waktu kami pernah mendapatkan permintaan proyek untuk mengisi AC di sebuah rumah di kawasan jakarta Selatan. Daftar kebutuhan proyek tersebut ada 10 AC dengan total panjang pipa 20 meter. Nah disini kami menolak untuk melakukan pengerjaan AC tersebut, dan berusaha mencoba mengedukasi pengguna bahwa minimal panjang penggunaan pipa per unit adalah 3 meter.

Kebetulan karena proyek ini dalam masa pembangunan, maka pemasangan AC bisa dilakukan lebih agak santai, lantas si owner melakukan uji coba. Bgini yang dia lakukan, karena team dari kami tidak mau melakukan pemasangan kebutuhan 1m - 2m karena menurut kami diluar standard, dia mencoba melakukan pemasangan 2 unit AC dengan teknisi lain. Sekitar 2 minggu berselang, owner yang menggunakan teknisi lain ini kembali dan minta kami rombak total pemasangan 2 AC sebelumnya karena mengalami kendala kurang dingin pada 2 AC tersebut.

Jarak yang paling baik itu adalah dalam rentang 3m - 10m, dibawah 3m memang tidak disarankan, sementara diatas 10m bisa namun memerlukan penambahan freon.

Kenapa Harus Minimal 3m ?

Pipa Tembaga penghubung indoor dengan outdoor memiliki fungsi mengalirkan freon, kalau jaraknya terlalu dempet maka freon ini ngalirnya kurang lancar sehingga sirkulasinya jadi kurang baik dan mempengaruhi kinerja pendingan ruangan.

Sebagai info, pabrikan sudah menyiapkan freon di dalam unit AC yang siap untuk pipa 5-7 meter. Bahkan beberapa tipe AC ada yang sampai 12m sebenarnya tidak perlu nambah freon, tapi ini berbeda - beda ya, harus dicek kembali di lapangan. Lalu teknisi taunya darimana yang harus tambah dan tidak? dengan melakukan pengecekan tekanan.

Cara Mengecek Freon Supaya Pas

Teknisi menggunakan alat yang disebut manifold gauge atau analyzer, lalu keluar tuh angka menunjukkan tekanannya berapa psi. Sekaligus juga bisa ketahuan jika ada kebocoran atau kesalahan pemasangan karena ukuran tekanannya pasti kan ngaco. Sayangnya analyzer kadang tidak bisa mendeteksi kebocoran halus, dan harus menggunakan metode lain seperti menggunakan air sabun, atau menggunakan leak detector.

Ibaratnya kamu lagi ngisi angin ban deh, kan pasti tau tekanannya berapa ban depan, ban belakang kan. Kalau ngisi ban, terlalu sedikit kan gak boleh, terlalu berlebihan juga kurang baik, jadi paling baik tekanannya harus pas. Freon pun juga begitu, terlalu sedikit AC jadi kurang dingin, terlalu banyak kinerja kompressor jadi berat, jadi sebaiknya tekanannya pas.

Kalau AC yang ukurannya panjang diatas 10 meter sih udah siap - siap aja nambah freon, daripada risikonya kurang dingin nanti pelanggan juga kecewa, karena pipa yang panjang itu membutuhkan freon yang lebih banyak dari biasanya jadi memang harus ditambahkan sampai sesuai.

Tapi ada batas maksimalnya juga lho panjang pipa, beberapa unit AC itu batas maksimalnya 15m. Jika diatas 15m maka akan turun spek, atau turun derajat kedinginannya. Ibaratnya kamu beli AC 1 PK, nanti ngerasa dinginnya kayak AC 7/8 PK atau bahkan bisa lebih rendah lagi jika panjangnya bisa lebih dari 25m. Belom lagi kompressornya bakal mati"an bekerja keras demi menyedot dan mengalirkan freon ke pipa yang panjang tersebut, sehingga umur kompressor akan lebih rendah dan gampang rusak.

Tips Tambahan

Nah gini caranya misalnya kamu kebutuhannya dibawah 3m, tapi kan ada minimal harus panjangnya 3m. Maka pipa tersebut bisa digulung di plafon atau digulung di dekat outdoor saja, yang penting freon itu tetap harus bisa bersirkulasi dengan baik ya.

Kemudian juga teknisi biasanya selalu melakukan pengecekan tekanan, nah disini jika tekanannya terlalu tinggi karena kebanyakan freon tidak perlu khawatir, tinggal buang sedikit freonnya sampai tekanannya sesuai.

Diskusi & Pertanyaan (191)
Informasi yang kamu berikan kami jamin keamanan & kerahasiaannya. Kami akan menggunakan saluran email hanya untuk keperluan komunikasi.
HERMAN KURNIAWAN. ST
03 March 2024
Untuk merk pipa untuk di tanam apakah merk ripeng Yg baru keluar rekomendasi min..untuk tahan 10-25 th tks
Official Admin
Selka.id - Dahlia
04 March 2024
hai ka ^^ untuk pipa di kami belum bisa request merk ka, namun di kami ada ketebalan 0,76mm yang bisa ditanam di tembok ka
Prima
27 November 2023
Hai kak, saya mau tanya, kalo saya beli ac daikin seri ftkc atau ftkq tp dipasangnya 6 bulan kedepan apakah masih aman dan tidak rusak acnya selama di dusnya. Biasanya beli barang dipasang nanti itu karena harga barangnya promo tp masih nunggu rumah mau sekalian di renov. Terimakasih
Official Admin
Selka.id - Padila
27 November 2023
Hai kak, kemungkinan masih aman kok kak, selama di taru di tempat yang aman ^^
Lihat 1 komentar lainnya
Official Admin
Selka.id - Dahlia
27 November 2023
untuk set ac nya terdiri dari unit indoor, unit outdoor, remote, dan garansi produk ya ka, tidak ada baterai di dalam set ac nya
danny
31 October 2023
pagi min. saya baru akan pasang ac 1PK untuk diameter bobokan pipa ac di tembok minimal berapa cm ya. supaya tidak terlaku kecil dan tidak terlalu besar. karena lubang di tembok selain untuk pipa freon juga untuk selang buangan air . terima kasih min
Official Admin
Selka.id - Padila
31 October 2023
Hai kak, kalau diamter bobok itu tergantung dari diamter pipanya kak jadi di sesuaikan saja dengan pipanya ^^
Show All Comments
Pusat Panduan AC Terlengkap #1