0 komentar
Bahaya Yang Belum Anda Tahu Jika Menyalakan AC Saat Masuk Mobil

Pada saat cuaca panas dan Anda menggunakan mobil, kira-kira apa yang akan Anda lakukan? Jika mendapat pertanyaan ini, kemungkinan besar orang akan menjawabnya dengan menyalakan AC. Namun tahukah Anda, apa bahaya yang akan terjadi ketika Anda menyalakan AC segera setelah naik mobil disaat cuaca panas tanpa membuka jendela mobil terlebih dahulu? Penelitian ilmiah membuktikan ketika cuaca di sekitar sedang panas terik, radiasi matahari yang masuk kedalam mobil akan membuat akumulasi senyawa karsinogenik yaitu benzena semakin meningkat. Hal tersebut terjadi karena adanya akumulasi dari Material plastik pada area dashboard dalam mobil, Bahan pelapis jok yang terurai udara, Penguraian bahan kabin yang terpapar sinar matahari, Akumulasi debu yang masuk kedalam mobil maupun yang menempel di jok.Dari beberapa hal diatas, ada banyak akibat yang akan diterima oleh tubuh, yaitu:

Anemia

Keadaan dimana tubuh akan mengalami kekurangan sel darah merah dan kemampuan untuk mengikat oksigen berkurang karena banyaknya racun yang lebih mudah terikat oleh hemoglobin darah. Akibat yang dirasakan umumnya tubuh menjadi mudah lelah, pusing, lemas, pucat, dan tidak konsentrasi.

Kanker paru-paru

Benzena adalah zat karsinogenik yang bisa menyebabkan penyakit kanker seperti kanker paru-paru, terutama ketika kadarnya dalam tubuh mencapai lebih dari 400-800mg. Hal tersebut karena tingkat benzena yang mampu ditolerir oleh manusia adalah sekitar 50mg/ft2. Keberadaannya yang menumpuk dalam tubuh akan menyebabkan pertumbuhan sel abnormal dan berakibat pada menurunnya fungsi metabolisme dan berakhir pada kanker.

Leukimia

Ketika kadar benzena yang terhirup oleh tubuh cukup banyak, salah satu resiko penyakit yang dapat dialami adalah leukimia, dimana sel darah putih mengalami pertumbuhan abnormal dan menyerang sel darah merah. Ketika berbagai penyakit tersebut mengancam tubuh, terutamapadasaat Anda menyalakan AC dalam mobil yang tertutup, tentunya harus ada upaya yang dilakukan untuk menjaga kesehatan dan membuat tubuh menjadi lebih segar. Berikut adalah beberapa upaya yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi efek benzena maupun racun lain yang dalam mobil yang tertutup.

  1. Membiasakan segera membuka kaca jendela atau membuka pintu mobil selama 2-5 menit untuk sirkulasi udara sebelum Anda menjalankan AC dan melakukan perjalanan.
  2. Mencari lokasi parkir yang teduh seperti dibawah pohon agar udara yang masuk cukup segar.
  3. Ketika Anda parkir di area basemen, jangan menyalakan rokok atau menyemprotkan parfum yang bisa mengakumulasi racun dalam mobil. Cukup buka sedikit kaca jendela Anda untuk membiarkan udara yang ada dalam mobil tetap bersirkulasi dengan baik. Namun demikian, ketika Anda membuka jendela, pastikan lokasi Anda parkir benar-benar aman dari resiko tindak kejahatan.
  4. Tidak menyimpan bahan makanan atau perlengkapan yang membuat bau terasa pengap dalam mobil.
Komentar Anda (0)