0 Komentar
Bahaya Mengisi Baterai Smartphone dari Lubang Lighter Mobil

Di zaman sekarang, banyak sekali orang yang tak pernah bisa lepas dari penggunaan smartphone. Smartphone memang benda berguna untuk menunjang banyak aktifitas. Tak hanya mempermudah komunikasi, kegunaannya untuk mendapatkan informasi pun memang sangat menguntungkan pengguna. Tak hanya itu, banyak sekali aplikasi dalam smartphone yang bisa mempermudah aktiitas para penggunanya.

Berkaitan dengan banyaknya kegunaan smartphone bagi kegiatan sehari-hari, biasanya para pengguna smarthphone sangat menjaga smarthphonenya untuk tetap menyala dalam waktu yang lama. Biasanya mereka pun membawa power bank untuk mengatasi baterai yang lemah dan harus segera diisi. Bagi sebagian pengguna smartphone yang memiliki mobil, mereka pun biasanya sering mengisi baterai smartphone mereka dari lubang lighter yang ada dalam mobil. Namun, apakah hal tersebut aman untuk dilakukan?

Mengisi baterai dengan menggunakan power output dari lighter mobil memang sangat praktis dan mudah sekali untuk dilakukan, namun hal tersebut malah bisa membuat usia baterai menjadi pendek, apalagi jika dilakukan dalam jangka waktu yang lama. Hal tersebut terjadi karena tegangan listrik yang dihasilkan dalam mobil tidak stabil. Putaran mesin dalam mobil turun naik sehingga tegangan listrik yang dihasilkan pun tidak stabil. Terlebih, tegangan listrik tersebut pun digunakan untuk AC, lampu-lampu dan juga audio. Hal ini akhirnya mempengaruhi tegangan output pada alternator.

Efek jangka panjang dari pengisian baterai lewat lighter mobil bisa membuat baterai smartphone menggembung, bahkan meledak. Untuk itu, sebaiknya hindari mengisi baterai smartphone dari lighter mobil kecuai saat keadaan mendesak. Kalaupun anda benar-benar terdesak untuk melakukan pengisian baterai dengan menggunakan lighter mobil, cobalah tips-tips berikut ini:

  1. Jauhkan lighter dari benda-benda yang mudah terbakar seperti kertas, kain dan lain-lain.
  2. Pastikan charger yang anda gunakan untuk mengisi adalah charger dengan kualitas baik atau original.
  3. Jika smartphone menjadi panas, cabutlah kabel charger tersebut.
  4. Jangan gunakan smartphone untuk menelepon saat sedang dicharger. Jika anda akan menggunakannya, lebih baik cabut dulu smartphone tersebut dari chargernya.

Itulah beberapa tips untuk menghindari bahaya pengisian baterai pada lighter mobil. Melihat beberapa dampak buruk yang bisa ditimbulkan, sebaiknya anda pastikan untuk bepergian dengan menggunakan baterai smartphone yang terisi penuh. Juga, anda  pun sebaiknya menggunakan power bank dan isi power bank tersebut sampai penuh agar bisa digunakan disaat yang genting. Bagaimanapun juga, anda harus bisa merawat smartphone anda dengan menghindari pengisian baterai yang tidak aman. Terlebih bukan hanya smartphone anda yang bisa rusak, tapi anda pun bisa ada dalam keadaan bahaya jika memiliki kebiasaan mengisi baterai pada lighter mobil. Pastikan jika keadaan mendesak, anda melakukan tips-tips diatas untuk mencegah hal-hal buruk yang bisa terjadi.

Pusat Panduan AC Terlengkap #1