193 Komentar
Apakah Boleh AC Indoor dan Outdoor Dipasang Beda Merk

Misalnya nih, AC dirumah kebetulan rusak sebelah doang, indoornya aja yang rusak atau outdoornya aja yang rusak. Kan sayang banget tuh kalau kita musti beli AC baru. Lebih murah nih kalau kita beli yang rusak aja sebelah ke toko, cuman memang nyari AC sebelah itu gampang gampang susah, cocok - cocokan pas ada ketemu tipe atau merek yang sama, malah bisa juga mereknya berbeda yang tersedia, bolehkah ?

AC Beda Tipe, Merk Masih Sama

Kita mulai dari yang paling gampang dulu, anggaplah merknya Gree lalu ACnya beda tipe. AC lama kita tipenya 5MOO2 rusak 4 tahun kemudian. Udah coba cari" ke toko dimana" udah gak jual tuh 5MOO2, adanya 5MOO3 tipe barunya. Tipenya berbeda, namun karena fitur dan teknologinya sama - sama standard maka AC boleh" saja dan akan bekerja sama baiknya dengan sebelumnya.

Jadi pada prinsipnya adalah jika AC tersebut beda tipe tapi secara fitur dan teknologi sama, serta freonnya juga sama jenis, maka AC tersebut boleh digunakan. Namun yang tidak boleh itu kalau sudah beda teknologi, misalnya AC Standard Indoornya, dikombinasikan dengan outdoor AC Inverter atau AC Low Watt.

AC Beda Tipe, Beda Merek

Misalnya indoornya AC Gree, Outdoornya AC Daikin, selama Fitur & Teknologi dasarnya sama, misal Standard ketemu Standard, maka aman - aman saja jika beda merek. Namun perlu diperhatikan, pada teknologi selain standard, biasanya tiap merek mengadopsi teknologi yang sedikit ada ciri khasnya masing - masing, maka disini kita ada risiko sedikit tidak compatible.

Misalnya inverter merk Gree dengan AC inverter merek Panasonic, masing - masing memiliki teknologi dasar inverter, namun secara inverternya punya cara kerja yang bisa berbeda tiap merek, ada yang teknologi inverternya hemat diawal lalu mulai pelan - pelan menyesuaikan, namun ada juga brand yang menggunakan sistem diawal BTU nya maksimal, namun setelah sudah sesuai baru konsumsinya semakin efisien.

Bisa juga terjadi beberapa fitur yang tidak bisa digunakan setelah indoor dan outdoor beda merk digunakan, biasanya fitur - fitur ini adalah fitur tambahan masing - masing brand yang unik, namun jika kamu gak gtu masalah dan hanya penting asal dingin ya gak apa - apa juga kan.

Larangan Yang Perlu Diperhatikan

Oke sekarang kita jabarkan ya apa larangannya, yaitu tidak boleh berbeda PK, misal indoornya 1/2 PK, outdoornya 1,5 PK, kemudian tidak boleh berbeda freon, tidak boleh berbeda teknologi dasarnya misalnya standard dengan inverter.

Kalau soal made in mana itu tidak terlalu menjadi masalah, bisa saja dikombinasi asal larangan diatas tidak dilanggar. Saran saya sih tetap usahakan sama merk saja, jadi fitur tambahan masih bisa berfungsi dan lebih sedikit risiko pada AC tersebut. Kombinasi ini sifatnya ada yang kompatibel dan ada yang tidak, biasanya sih ngaruhnya paling banyak ke fungsi tambahannya, tau - tau ada yang gak jalan jika kombinasinya tidak cocok.

Diskusi & Pertanyaan (193)
Informasi yang kamu berikan kami jamin keamanan & kerahasiaannya. Kami akan menggunakan saluran email hanya untuk keperluan komunikasi.
Hari
25 March 2024
hallo,,,. ac 1/2 pk samsung R-410 A indoor sudah rusak.., ada rekomen ganti indoor merk lain bisa ? Misal daikin ?
Official Admin
Selka.id - Padila
25 March 2024
Hai kak, untuk ac yang kami jual harus 1 set kak, dan tipe freonya R32 ^^
Arie
17 February 2024
Kak kalau saya punya outdoor sharp 1PK mau ubah indoornya buat 2 ruangan masing2 1/2 PK indoornya
Official Admin
Selka.id - Dahlia
17 February 2024
hai ka ^^ kami tanyakan tim terkait ya, mohon ditunggu
Official Admin
Selka.id - Dahlia
17 February 2024
untuk ac sharp saat ini belum bisa dijadikan ac multi split ya ka
Ambar
21 January 2024
Kompresor AC Daikin saya 1 PK, kalo saya mau ganti kompresor nya dengan menggunakaan 3/4 PK apakah bisa ?
Official Admin
Selka.id - Dahlia
22 January 2024
hai ka ^^ untuk ganti kompresor ketentuannya seperti ini ya ka : 1. tidak boleh berbeda PK, misal indoornya 1/2 PK, outdoornya 1,5 PK 2. tidak boleh berbeda freon 3. tidak boleh berbeda teknologi dasarnya misalnya standard dengan inverter.
Show All Comments
Pusat Panduan AC Terlengkap #1