0 Komentar
Apa Itu AC Cassette, AC Floor Standing, AC Ceiling & AC Ducted ?

Kita akan sama" mempelajari golongan kategori AC Commercial, apa itu kategori AC Commercial ? Sesuai dengan namanya Commercial atau Komersil karena kategori AC tersebut biasanya digunakan untuk area - area komersil seperti restoran, kantor, pabrik dan sebagainya. Kita akan membahas satu per satu jenis AC tersebut, bentuknya, kegunaannya, dan saran kapan cocok untuk memakainya

Apa Itu AC Cassette ?

AC Cassette dipasang dilangit" ruangan, dan cenderung digunakan jika ruangan tersebut memiliki plafon. Dibutuhkan plafon yang kurang lebih 30cm untuk memuat unit Indoornya. Kenapa kebanyakan dipasang menggunakan plafon? karena dengan adanya plafon, penampilan dari AC Cassette ini jauh lebih cantik dan rapih, karena hanya terlihat grill" nya saja kalau dilihat dari aspek estetika jauh lebih menawan.

Namun tanpa plafon pun sebenarnya bisa, banyak juga kita dapat lihat di mall ataupun di restoran yang memasang AC Cassette ini tanpa plafon, meskipun jadinya sedikit lebih berantakan, karena jalur pipa dan sebagainya kelihatan semua, tapi ini balik kepada selera pengguna. Kami sendiri lebih menyarankan apabila ruangan tidak berplafon maka menggunakan AC Ceiling. Mengenai AC Ceiling akan dijelaskan di bagian selanjutnya.

AC Cassette cocok digunakan untuk ruangan yang luasnya melebar kesamping, karena peletakan AC Cassette ini dilangit", maka bisa diletakkan di tengah" ruangan. Lalu udara akan dihantarkan dari unit Indoor ini secara 4 arah, ke atas, bawah, kiri & kanan sehingga merata ke seluruh ruangan. Biasanya Office Space, atau restoran yang lebar, menggunakan AC tipe ini karena luasnya lebar menyamping.

AC Cassette tidak cocok digunakan untuk Ruangan yang tinggi keatasnya lebih dari 4m. Karena posisi AC Cassette terletak diatas, jika ruangan terlalu tinggi antara jarak plafon ke jarak lantai, maka udara kurang begitu tersebar. Untuk ruangan yang tinggi lebih cocok menggunakan AC Standing.

Apa itu AC Ceiling ?

AC Ceiling bisa dibilang sebagai alternatif bagi AC Cassette yang plafonnya tidak cukup atau tidak menggunakan plafon sama sekali. AC Ceiling sama seperti AC Cassette diletakkan di langit" ruangan. Bentuknya dibuat lebih cantik, sehingga tidak membutuhkan plafon, penampilan estetikanya sudah lebih menarik dibandingkan AC Cassette.

Apa Itu AC Floor Standing ?

AC Floor Standing, sesuai namanya terletak di lantai (Floor) dan berbentuk berdiri (Standing), menyemburkan udara dingin ke arah depan dengan fungsi satu arah. AC ini menjadi favorit bagi pengusaha restoran ataupun di mall, atau gedung wedding karena biasanya ruangannya tinggi", jika pakai AC Cassette terlalu tinggi jadi udara tidak merata, sementara jika pakai AC Split juga kurang dingin.

AC Floor diletakkan di pojok" ruangan, sehingga menyemburkan udara ke arah tengah supaya seluruh ruangan pendinginannya menjadi merata. AC Floor terlihat dengan bentuknya ciri khas yang memanjang keatas, setinggi orang berdiri.

Apa Itu AC Ducted ?

Jika anda memasuki sebuah ruangan, merasakan sejuk dan dingin namun tidak melihat ada indoor AC terlihat ataupun tidak melihat adanya Floor Standing di pojok - pojok ruangan, berarti ruangan tersebut menggunakan Ducting System.

Ducting System adalah struktur pendinginan ruangan menggunakan AC tipe Ducted yang aliran anginnya melalui jalur - jalur ducting yang biasanya ditaruh diatas plafon supaya tidak kelihatan. Kemudian udara ini akan dialirkan keluar ke ruangan melalui grill - grill atau lobang udara ke ruangan.

Grill ini terletak di plafon, atau bisa juga di drop ceiling sehingga bisa tersembunyi dan tidak kelihatan. Jika pun kelihatan grill yang digunakan sudah berestetika bagus sehingga cocok dengan design dari ruangan tersebut.

AC Ducted cocok digunakan untuk ruangan yang ingin terkesan premium dan eksklusif, seperti rumah mewah, perkantoran premium, gedung wedding, mall, restoran elite karena biaya dari sistem ducting sendiri tidak murah dan terkadang bisa sampai 2x lipat jika menggunakan AC biasa.

Mau Lihat Harga & Tipe AC Lengkap Secara Online ?

Selka.id menyediakan daftar harga lengkap AC yang dapat anda bandingkan, lengkap dengan spesifikasinya. Anda dapat mengklik Link Berikut Ini untuk melihat semua AC yang tersedia di website Selka.id dan sudah lengkap juga dengan pilihan pemasangan.

Diskusi & Pertanyaan (0)
TRENDING
Kebutuhan PK AC Berdasarkan Luas Ruangan
257 Komentar
AC Low Watt vs AC Inverter Bedanya Apa ? Pilih Yang Mana
169 Komentar
10 Tips Menggunakan AC Yang Benar Supaya Hemat Listrik & Lebih Awet
66 Komentar
Harga AC Daikin Lengkap Berikut Jasa Pasangnya
54 Komentar
5 Keunggulan AC Multi Split Daikin Inverter
53 Komentar
Cara Mudah Klaim Garansi AC Jika Rusak & Tidak Dingin
42 Komentar
Perbedaan Ketebalan Pipa AC & Merk Yang Paling Bagus
21 Komentar
Apa Perbedaan Freon AC R32, R410a & R22 Lebih Dingin Yang Mana
12 Komentar
Lebih Mengenal Beberapa Merk AC Paling Laku di Indonesia
11 Komentar
Harga AC Panasonic Lengkap Berikut Jasa Pasangnya
6 Komentar
Kenapa AC Harus di Servis Cuci Secara Berkala ?
4 Komentar
Ternyata Ini Gunanya Akrilik AC atau AC Reflector
2 Komentar
Kenapa Ya AC Saya Jadi Tidak Dingin, Apa Penyebabnya
0 Komentar
Alasan Mengapa Memilih AC Standing Floor
0 Komentar
AC Hemat Energi dan Murah Pilih Yang Mana
0 Komentar
Ketahui Penyebab AC Bocor dan Cara Mengatasinya
0 Komentar
Apa Itu AC Cassette, AC Floor Standing, AC Ceiling & AC Ducted ?
0 Komentar
Perbedaan AC 1 Phase dengan AC 3 Phase Harus Pilih Yang Mana
0 Komentar
Berapa Panjang Atau Jarak Pipa AC Yang Ideal
0 Komentar
Apa Bedanya AC Split Dengan AC Portable ?
0 Komentar
Apakah Boleh Menggunakan Pipa AC Bekas atau Unit AC Bekas ?
0 Komentar
Kenapa Pasang AC Sebaiknya Di Vakum Terlebih Dahulu ?
0 Komentar
Beda Kegunaan Kabel AC Dengan Pipa Tembaga Pada Installasi AC
0 Komentar
Fungsi Duct Tape atau Lakban Untuk Installasi AC
0 Komentar
Mengenal Insulasi, Material Yang Empuk dan Melekat Pada Pipa
0 Komentar
Pipa AC Kalau Disambung Itu Boleh Tidak Ya
0 Komentar
Apa Itu Fitur Plasma, Sensor & IoT Wifi Apps Pada AC
0 Komentar
Apakah Boleh AC Indoor dan Outdoor Dipasang Beda Merk
0 Komentar
Macam - Macam Tipe AC Gree dan Apa Bedanya
0 Komentar
Jenis Toko Yang Menjual AC & Perlengkapannya
0 Komentar
Membedah Isi Perut dari Barang Elektronik AC
0 Komentar