0 Komentar
Antara Microwave dan oven Serupa Namun Tak Sama

Microwave dan oven, sekilas dari luar memang terlihat mirip namun pada dasarnya secara teknis dan penggunaannya sangatlah berbeda. Saat akan membeli, sebaiknya pastikan terlebih dahulu dengan baik apa itu microwave dan oven beserta dengan fungsinya masing-masing mengingat kamu harus mengeluarkan dana yang relatif mahal untuk 2 benda elektronik ini. Artikel kali ini saya akan mengulas mengenai perbedaan oven dan microwave dan saya tujukan untuk kaum wanita yang gemar memasak.

Oven

Disadur dari Wikipedia, oven adalah sebuah peralatan berupa ruang termal terisolasi yang digunakan untuk pemanasan, pemanggangan, atau pengeringan suatu bahan dan umumnya digunakan untuk memasak. Oven sebenarnya masih terbagi lagi jadi beberapa jenis yaitu oven kompor, oven listrik, dan oven gas. Saya akan memakai oven listrik sebagai perbandingan dengan microwave karena biasanya oven jenis ini yang paling sering disamakan dengan micowave.

Fungsinya memanggang makanan dari mentah sampai matang, tidak hanya sekedar memanaskan makanan.

Mekanisme kerja : energi panas yang didapatkan dari sumber tenaga listrik akan menyebar dengan merata karena terdapat kipas pada bagian dalam oven, sehingga makanan juga akan matang dengan sempurna. Namun dibutuhkan waktu beberapa saat untuk mendapatkan panas diinginkan dari oven dari mulai dinyalakannya oven.

Cara memasak : pemakaiannya lebih luas tidak hanya dapat memanaskan makanan saja tapi untuk memasak makanan hingga matang.  Diperlukan waktu yang lebih lama untuk mendapatkan hasil kematangan yang sempurna untuk sebuah masakan, namun hasil masakan lebih renyah dan matang merata. Wadah yang digunakan untuk memasak harus wadah yang tahan penas seperti stainless atau kaca. Menggunakan oven listrik tidak akan merusak struktur dan rasa pada makanan walau maknanan membutuhkan waktu yang cukup lama di dalam oven.

Pemakaian listrik : sebenarnya daya yang dihasilkan tidak sebesar microwave namun karena pemakaian dalam waktu yang agak lama untuk mematangkan makanan sehingga konsusmsi listrik cukup banyak.

Microwave

Disadur dari Wikipedia, microwave adalah sebuah peralatan dapur yang menggunakan radiasi gelombang mikro untuk memasak atau memanaskan makanan. Pemanasan yang terjadi di dalam microwave ini sangat efektif terhadap air, namun kurang efektif terhadap lemak dan gula. Jadi bisa dikatakan untuk memasak makanan dengan bahan baku yang berat dan banyak elemen misalnya kue, kurang cocok untuk menggunakan microwave.

Fungsi : Terbaik hanya untuk memanaskan makanan, jika untuk digunakan untuk memasak maka level kematangan tidak akan sempurna.

Mekanisme kerja : hampir sama seperti oven, microwave mendapatkan energi panas dari sumber tenaga yaitu listrik namun panas yang disebarkan lewat gelombang mikro melalui elemen pemanas hanya pada bagian bawah microwave. Untuk mendapatkan pemanasan yang diperlukan, kamu tidak perlu harus menunggu lama seperti pada oven.

Cara memasak : dengan microwave kamu akan langsung mendapatkan panas yang diinginkan ketika mulai menekan tombol Start tanpa harus menunggu lagi. Ketika menghangatkan harus menggunakan wadah yang dapat dipakai untuk microwave yang tahan panas dan wadah tidak boleh dalam keadaan tertutup karena akan beresiko meledak. Microwave akan langsung memanaskan cairan yang ada di dalam makanan, hal ini akan membuat makanan akan cepat kering dan akan terasa keras jika semakin lama dipanaskan. Yang terbaik untuk microwave adalah memasak makanan yang sudah setengah matang atau makanan dingin yang baru saja dikeluarkan dari kulkas.

Pemakaian listrik : daya yang diperlukan cukup besar untuk sekali pemakaian, namun karena pemakaian hanya sebentar hingga tidak terlalu banyak listrik yang dikonsumsi.

Tips Elektronik Berguna

Selain tips mengenai Microwave, kamu juga bisa mengakses tips mengenai AC di Selka.id. Kebutuhan barang - barang elektronik memang perlu juga memahami cara penggunaan dan pemilihannya yang benar, supaya tidak salah pilih.

Misalnya saja, ini yang paling banyak sekali ditanyakan, karena orang bingung harus pakai AC berapa PK sebenarnya ya. Bisa juga sebenarnya kamu mencoba sendiri kalau mau hitung pakai PK calculator.

Follow IG @selka.id
Diskusi & Pertanyaan (0)
Informasi yang kamu berikan kami jamin keamanan & kerahasiaannya. Kami akan menggunakan saluran email hanya untuk keperluan komunikasi.
Pusat Panduan AC Terlengkap #1