0 Komentar
9 Penyakit Yang Harus Anda Ketahui Akibat Menonton Televisi Terlalu Lama

Belakangan ini orang orang banyak yang kurang aktif dalam menggunakan waktunya dan menghabiskannya dengan kegiatan yang kurang bermanfaat. Salah satunya adalah menonton televisi. Menonton televisi adalah salah satu kegiatan yang banyak dilakukan oleh orang orang mulai dari anak anak hingga orang yang telah dewasa. Kegiatan ini meski merupakan suatu hiburan tapi juga tidak baik jika dilakukan terlalu lama. Selain membuang waktu secara sia sia kegiatan menonton televisi yang terlalu lama ini juga bisa menyebabkan banyak penyakit yang berbahaya. Beberapa penyakit berbahaya tersebut antara lain adalah:

1. Penyakit jantung

Penyakit jantung adalah sebuah penyakit yang menyerang jantung yang disebabkan karena peredaran darah yang tidak lancar dan berakibat pada gangguan fungsi jantung. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan. Menonton televisi merupakan salah satu faktor resiko yang menyebabkan penyakit jantung. Hasil penelitian tersebut menyatakan bahwa setiap kali orang menonton televisi orang tersebut memiliki resikokematian akibat serangan jantung sebanyak 18%. Semakin lama ia menonton faktor resiko akan bertambah.

2. Gangguan tidur

Menonton tv adalah salah satu hal yang menyebabkan anda mengalami gangguan tidur. Terlalu sering menonton TV ternyata membuat ritme tubuh alami menjadi berubah. Tubuh yang secara alami menghasilkan hormon melatonin menjadi kurang aktif membentuk hormon tersebut. Padahal hormon melatonin adalah hormon yang menyebabkan anda mengalami rasa mengantuk. Selain menyebabkan gangguan tidur kurangnya hormon melatonin pada tubuh dapat menyebabkan anak wanita mengalami perbertas lebih dini.

3. Mindless Eating

Menonton televisi telalu lama juga bisa menyebabkan gangguan kebiasaan. Salah satunya adalah kebiasaan makan, ketika anda sedang menonton televisi anda akan memiliki kesempatan lebih besar untuk makan. Selain kesempatan, dorongan untuk mengkonsumsi makanan akan semakin besar ketika anda sedang menonton televisi.

Kebiasaan makan yang tidak beraturan ini bisa menyebabkan anda mengalami obesitas atau kegemukan. Selain disebabkan karena kebiasaan makan yang tidak menentu, terlalu lama menonton televisi bisa menyebabkan anda kurang bergerak. Kurang bergerak dapat membuat otot otot anda tidak aktif dalam jangka waktu yang panjang. Hal ini bisa menyebabkan gangguan metabolisme yang menyebabkan kenaikan berat badan yang berujung dengan obesitas.

4. Diabetes

Seperti penyakit jantung, ternyata menonton televisi memiliki kaitan yang sangat erat dengan penyakit diabetes. Bagi anda yang sedang senang menonton televisi anda perlu hati hati sebab berdasarkan hasil penelitian, mereka yang menonton televisi setiap 2 jam sehari akan meningkatkan kemungkinan diabetes sebanyak 14% setiap harinya.

5. ADD atau Attentition Deficit Disorder

ADD adalah gangguan yang terjadi pada anak anak. Gangguan ini adalah gangguan pemusatan pikiran dimana anak yang menonton televisi sejak usianya 3 tahun disebutkan memiliki kecenderungan lebih sulit melakukan pemusatan pikiran daripada mereka yang tidak menonton televisi. Gangguan pemusatan pikiran ini juga bisa menyebabkan efek yang lebih berbahaya yaitu terjadinya hiperaktif pada anak.

6. Gangguan mental

Bagi anak anak yang terlalu banyak menonton televisi akan cenderung memiliki kemampuan intelektual yang kurang dibanding dengan anak yang lebih sedikit menonton televisi.

7. Asma

Selain jantung dan diabetes, penyakit asma juga merupakan penyakit yang siap mengancam anak anak yang memilikikebiasaan menonton televisi. Anak anak yang memiliki kecenderungan menonton televisi biasanya memiliki resiko 2 kali lebih besar untuk terserang asma daripada mereka yang tidak memiliki kebiasaan menonton televisi.

8. Potensi tindakan agrasif

Di dalam televisi sering kali kita tidak bisa melakukan sortir terhadap hal hal yang muncul di televisi. Salah satunya adalah tindakan tindakan kekerasan. Tindakan tindakan kekerasan ini adalah contoh buruk bagi anak, dengan menonton acara yang menyertakan adegan tersebut membuat anak berpotensi lebih besar untuk bertindak lebih agresif.

9. Kurang bersosialisasi

Terlalu banyak menonton televisi bisa menyebabkan anak anak terlalu fokus pada televisi, akibatnya frekuensi interaksi antara anak dengan keluarga dan teman menjadi berkurang. Kurangnya interaksi ini bisa menyebabkan kemampuan komunikasi anak berkurang dan pada akhirnya membuat anak sulit bersosialisasi dan menimbulkan ketakutan untuk masuk ke pergaulan.

Menonton televisi mungkin memiliki manfaat hiburan dan juga menambah informasi yang sedang banyak diperbincangkan akan tetapi ternyata menonton televisi terlalu lama bisa menyebabkan gangguan pada kesehatan. Jika anda dan keluarga tetap ingin menonton televisi maka tontonlah televisi maksimal 2 jam sehari.