0 komentar
7 Masalah Pada Printer Yang Belum Anda Ketahui

Apakah anda pernah ataupun sering mengalami masalah dengan printer anda? Mungkin bagi anda yang memiliki printer sering mengalami masalah-masalah yang menyangkut printer anda seperti kecepatan cetak yang lambat ataupun hasil cetak yang kurang maksimal. Kebutuhan akan printer memang menjadi salah satu kebutuhan yang sangat penting. Meskipun di era digital ini orang-orang lebih sering menggunakan media digital seperti laptop, komputer ataupun handphone untuk menunjang kegiatannya namun itu tidak lantas menjadikan penggunaan kertas dan cetak tidak dimanfaatkan lagi. Sebaliknya kertas dan cetak ini menunjang kegiatan yang sedang anda kerjakan. Sebagai contoh seorang pelajar yang mengerjakan tugas dengan menggunakan laptop tidak lantas selesai sampai disitu, tetpai juga harus mencetak tugasnya untuk diserahkan kepada pengajar. Contoh lain ialah laporan kegiatan ataupun presentasi yang anda lakukan di tempat kerja tentunya selain menampilkan melalui proyektor anda juga perlu mencetaknya dalam bentuk file yang nyata.

Masalah yang terjadi pada printer tentunya dapat menghambat kegiatan anda yang lain apalagi ketika sedang dikejar deadline dan harus segera menyerahkan tugas, laporan dan lainya dalam bentuk file yang sudah dicetak. Terlebih pengguaan printer ini tidak terbatas di instansi-instansi ataupun kantor-kantor saja namun juga seudah hadir di rumah-rumah sebagai suatu kebutuhan. Bagi anda yang sudah sering mengalami masalah-masalah pada printer tentunya tahu apa saja masalah yang umumnya terjadi pada printer anda dan ingin mengetahui cara mengatasinya agar memaksimalkan kerja dan waktu anda. Dan bagi anda yang baru memiliki printer dan belum mengalami masalah apapun, tidak ada salahnya untuk mengetahi masalah-masalah apa saja yang biasanya terjadi pada printer dan mengetahui cara mengatasinya agar anda sudah tahu apa yan harus dilakukan ketika masalah tersebut terjadi. Sehingga dengan begitu anda tidak perlu repot-repot membawa printer anda ke tempat servis perangkat computer dan dapat mengatasinya sendiri. Biasanya masalah yang terjadi pada printer berjenis inkjet atau laser ialah:

1. Proses cetak yang lama

Pertama, apa yang anda rasakan ketika printer anda memakan waktu yang lama saat mencetak? Tentu kesal bukan? Terlebih lagi bila anda sedang dikejar deadline untuk mengumpulkan tugas kepada pengajar anda bagi anda yang seorang pelajar, atau sedang terburu-buru karena harus mempresentasikan hasil kerja anda kepada rekan kerja serta bos anda bagi anda yang seorang karyawan. Tentunya hal ini sangat mengganggu dan dapat merusak aktivitas anda. Oleh karena itu ketahi mengapa hal itu terjadi dan cari solusi untuk mengatasinya tidak perlu membawa printer anda ke tempat servis, lakukan sendiri dengan mengubah beberapa pengaturan di computer ataupun laptop anda.

2. Pengeluaran yang mahal untuk tinta

Kemudian masalah kedua yang sering dikeluhkan dan sering terjadi ialah pengeluaran untuk membeli tinta yang terlalu mahal, sebenarnya anda bisa mengurangi biaya pengeluran tinta sebelum membeli printer dengan memilih printer yang tidak boros pengguannya. Namun anda bisa mengatasinya dengan mengganti cartridge pada printer anda dengan cartridge dengan kapasitas yang lebih tinggi dari cartridge pada printer anda.

3. Kesalahan mentransfer tugas cetak

Bagi anda yang bekerja di kantor mungkin pernah mengalami masalah yang ketiga ini, yaitu mencetak dengan printer yang salah dikarenakan di kantor bisanya terdapat lebih dari satu printer untuk mencetak berbagai dokimen atau file yang berbeda, sehingga windows mengalami kesalahan dalam mengirimkan tigas cetak ke printer yang lainnya. Jadi sebaiknya di periksa lagi pengaturan printer pada computer ataupun laptop di kantor anda, pilihan printer mana yang akan digunakan untuk mencetak dokumen atau file anda.

4. Hasil cetak yang kurang bagus

Hasil cetak yang kurang bagus, tebal, dan bergaris juga merupakan masalah yang sering dijumpai. Ini sering terjadi pada printer jenis inkjet atau laser. Kenapa bisa demikian? Karena head printernya buntu disebabkan oleh jarangnya pemakaian printer. Untuk printer jenis inkjet memang harus ditingkatkan frekuensi pemakaiannya agar menjaga hasil cetak tetap stabil dan tidak bergaris maupun bernoda. Namun sebenarnya setiap printer memiliki program perawatan (utility program), jadi bila anda mengalami masalah denga hasil cetak, lakukanlah test page pada printer memalui program yang terdapat di computer atau laptop anda.

5. Pemberitahuan tinta habis

Kemudian masalah yang selanjutnya ialah sering adanya pemberitahuan tinta habis pada komputer ataupun laptop anda. Ketika hal ini terjadi tentunya akan membuat bingung dan panik, namun sebaiknya anda menunda rasa panik serta bingung itu dan memeriksa tinta printer di cartridges. Karena sering terjadi pemberitahuan tinta habis padahal tinta pada cartridges belum habis dan masih ada. Maka dari itu, anda dapat mereset ulang cartridges printer anda.

6. Printer wireless yang lamban

Apakah anda pengguna printer wireless? Jika iya tentunya anda pernah bahkan sering mengalami masalah dikarenakan performanya yang lamban. Mengapa performanya bisa lamban? Ada beberapa hal yang menyebabkan hal tersebut, diantaranya ialah jumlah pengguna.  kalau pengguna printer tersebut banyak, sementara kapasitasnya terbatas sehingga anda harus menentukan berapa jumlah pengguna yang boleh menggunakan printer ini. Selain jumlah pengguna, anda juga harus memperhatikan jarak printer dengan pengguna. Karena performa yang lambat pada printer wireless juga dapat disebabkan oleh jarak yang terlalu jauh antara printer dengan penggunanya, sehingga proses pengiriman tugas atau data dari computer atau laptop serta perangkat ke printer semakin lama. Jadi perhatikan jarak antara anda dan printer wireless anda.

7. Penggunaan tinta pihak ketiga

Dan yang terakhir ialah penggunaan tinta dari pihak ketiga atau dengan kata lain bukan berasal dari produsen aslinya. Memang harga tinta dari pihak ketiga lebih murah dibandingkan dengan harga tinta dari produsen aslinya, namun penggunaan tinta pihak ketiga pada cartridge printer dapat merusak cartridgenya itu sendiri. Sehingga penggunaan tinta pihak ketiga tersebut sebaiknya dihindari.

Itulah beberapa masalah yang sering dijumpai pada printer terutama jenis inkjet atau laser, mengetahui apa saja masalah yang sering terjadi pada printer dan menemukan solusi untuk masalah-masalah tersebut  lebih baik dilakukan agar dapat mempelajarinya dan dapat mengaplikasikannya apabila mengelami masalah-masalah pada printer.

 

Komentar Anda (0)