0 Komentar
6 Cara Mengatasi Printer Yang Bermasalah

Printer adalah satu dari sekian banyak aksesoris pelengkap komputer yang wajib dijaga jika Anda ingin urusan terkait pencetakan file atau lainnya berlangsung lancar. Namun demikian, pemakaian printer yang kurang hati-hati atau karena masalah lainnya bisa berakibat pembengkakan biaya di perbaikan saat Anda tidak bisa memperbaiki kerusakan yang ada. Oleh karena itu, agar printer yang dimiliki awet dan tahan lama, pandai-pandailah merawat dengan mengenali kerusakan yang mungkin terjadi. Berikut adalah beberapa permasalahan yang sering terjadi pada printer dan berbagai macam cara untuk mengatasinya.

1. kertas printer tersangkut

Ketika printer beroperasi, kemungkinan kertas untuk tersangkut saat pencetakan cukup besar dan hal tersebut bisa terjadi karena bermacam-macam hal. Jika Anda mengalaminya, metode pertama yang perlu dilakukan adalah meng-offkan printer dan mencabut kabel printer. Cabut kertas secara perlahan dari lokasi masuknya kertas. Periksa apakah ada sobekan kertas yang tersisa didalam, jika iya buka bagian printer dan tarik perlahan dengan menggunakan tusuk gigi atau alat lain yang sekiranya tidak membahayakan printer. Tutup kembali printer dan coba cetak satu halaman untuk memastikan printer Anda sudah dapat digunakan seperti sediakala.

2. printer menarik kertas yang tertumpuk

Ketika Anda melakukan proses pencetakan seringkali kertas printer akan tertumpuk dan untuk mengatasi hal tersebut, hal pertama yang dapat Anda lakukan adalah menyimpan kertas di lokasi yang kering dan meletakkan kertas secukupnya saja untuk melakukan proses pencetakan

3. Hasil cetak kosong

Ada banyak hal yang menyebabkan hasil cetak printer kosong, salah satunya adalah ketika Anda lupa menarik stiker refill yang umumnya tertempel pada bagian bawah cartridge. Oleh karena itu, sebelum melakukan pencetakan, pastikan stiker refill sudah dicabut dan Anda memastikan tinta dalam keadaan penuh.

4. Hasil printer bergaris

Ketika hasil cetak printer yang Anda miliki sudah mulai bergaris atau ada warna yang tidak tercetak jelas, bukan berarti tinta cartridge printer yang dimiliki sudah habis. Hal tersebut dapat berarti printer perlu diistirahatkan sejenak mengingat cetak tinta yang dihasilkan sudah terlalu banyak. Jika hal tersebut Anda alami, matikan printer sekitar 5 menit kemudian mulai lagi pencetakan. Sesaat setelah dihidupkan beri jeda sekitar 1 menit untuk mencetak lembaran berikutnya setelah sebelumnya sudah mencetak 15 lembar.

5. Warna dan kualitas cetak berkurang

Jika permasalahan yang Anda alami terkait dengan kualitas warna yang mulai memudar, maka hal tersebut umumnya berhubungan dengan tinta cartridge yang hampir habis. Jika hal itu terjadi, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan disaat darurat.Jika printer yang Anda miliki adalah printer laser, keluarkan cartidge tinta yang umumnya berbentuk balok panjang, kocok sekitar 3 kali dengan kecepatan sedang dan pasang kembali. umumnya setelah hal tersebut dilakukan, warna yang dihasilkan tinta masih terlihat cukup jelas.Jika printer yang Anda miliki adalah tinta infus, ganti teknik pewarnaan dengan mengatur kontras atau grayscale.

Dengan demikian, warna tinta yang dihasilkan sebelum diganti akan tetap terlihat jelas.Jika warna yang dihasilkan catridge benar-benar pudar, segera datang ke tempat isi ulang tinta dan pastikan Anda membawa cartridge dengan benar, mengingat metode yang salah dapat menyebabkan catridge Anda cepat rusak tanpa disadari. Namun demikian, jika Anda memilih mengisi tinta sendiri, pastikan Anda sudah ahli dalam mengisi tinta agar nantinya cartridge yang diisi tetap awet.

6. Driver printer hilang

Setiap printer baik printer yang dilengkapi dengan fasilitas scanner atau printer biasa umumnya akan dilengkapi dengan driver dan karena ukurannya kecil, besar kemungkinan Anda sebagai pemilik akan menghilangkannya, terlebih ketika Anda tidak hati-hati saat menyimpannya. Agar Anda tidak merasa kesusahan dan terhindar dari kepanikan ketika driver printer hilang, akan lebih baik jika Anda menyimpan file di komputer atau laptop serta flashdisk. Dengan demikian Anda bisa segera menginstall ulang printer Anda ketika Anda mengalami masalah instalasi printer. Jika ternyata Anda tidak menyimpan file cadangan, Anda bisa mengunjungi website resmi masing-masing media printer dan memasukkan model printer untuk mendapatkan software secara online. Download lengkap software beserta dengan crack codenya, agar nantinya software yang diinstallkan dapat segera digunakan.