0 Komentar
5 Tips Memilih Vacuum Cleaner Rumah Tangga Yang Perlu Anda Ketahui

Masih dilanda kebingungan untuk memilih penyedot debu yang beredar dipasaran? Diawali dengan harga yang relatif terjangkau di kisaran 800.000 hingga 4 jutaan pun tidak sedikit dan semakin membingungkan untuk Anda. Lalu apa yang harus anda perhatikan untuk membeli vacuum agar sesuai dengan kebutuhan anda. Berikut beberapa tips dan trik dibawah.

Pahami Fungsi Dasar Vacum Cleaner

Vacuum cleaner sebagai penyedot debu dengan kata lain, memindahkan debu di luar vacuum ke dalam vacuum. Debu memiliki 2 jenis yang perlu kita pahami, yaitu debu kering yang biasanya dari debu udara, dan kedua adalah debu basah, biasanya dari tumpahan air hujan atau tampiasan air yang masuk ke rumah anda. Perhatikan kegunaan dasar ini untuk kebutuhan yang anda inginkan, apakah hanya untuk debu kering, atau bisa untuk kedua fungsi diatas. Biasanya kebutuhan untuk debu kering lebih murah dibandingkan vacuum dengan 2 fungsi basah dan kering. Berikutnya daya tahan alat vacum. Merek Karcher dan Nilfisk buatan Eropa memang memiliki daya tahan dan kualitas yang bagus dibanding merek lainnya, terutama merek-merek China yang sudah banyak beredar dipasaran. Jika ukuran daya tahan alat itu adalah  pertimbangan ekstra untuk anda, Jadi tentukan merek branded mana yang paling cocok untuk anda. 

Watt dan Daya Motor

Jika vacuum cleaner memiliki watt yang lumayan tinggi, maka daya motornya juga akan lebih sangat kuat. Hal tersebut akan menjamin daya hisap vacuum cleaner akan jauh sangat lebih baik dibandingkan dengan vacuum cleaner yang memiliki watt yang lebih kecil. Tapi, Anda juga harus sangat menyesuaikan besar watt vacuum cleaner dengan daya listrik di rumah, jangan sampai daya listrik vacuum cleaner dengan daya tahan listrik rumah anda tidak sesuai, karna anda tidak akan bisa menggunakan vacuum cleaner tersebut karena benda tersebut tidak dapat dioperasikan.

Daya Tampung Debu

Desain nozzle atau ujung pipa pada silinder dan uprights dapat memberikan efek yang sangat luar biasa pada kinerja daya tampung debu vacuum cleaner anda. Semakin banyak variasi nozzle, akan sangat mudah anda menjangkau area-area yang susah di jangkau.

Filter

Fitur yang paling terakhir ini biasanya menyangkut teknologi yang disisipkan ke dalam vacuum cleaner. Teknologi yang disisipkan pada vacuum ini biasanya mempengaruhi harga cukup mahal dibanding vacuum dengan fitur standar. Misalkan teknologi HEPA atau disebut dengan saringan udara partikulat efisiensi tinggi yaitu Filter yang mampu menyaring debu yang masuk dan dikeluarkan dengan sangat bersih hingga 99,9999%. Teknologi saringan udara partikulat efisiensi tinggi ini cocok untuk penggunaan rumah tangga yang sangat sering kena dengan debu, biasanya untuk kamar anak. Teknologi lain yang jarang digunakan pada vacuum cleaner adalah vacuum berfilter dengan air, dimana penyaringan debu tidak melalui kantong debu melainkan denga air. Fitur ini memungkinkan adanya penghematan dalam penggunaan kantong debu, walau unit vacuum ini sendiri cukup mahal. Harga untuk vacuum cleaner dengan filter air sekitar 5 juta jika dengan fitur HEPA 12 seperti pada Karcher DS 5600. Investasinya cukup tinggi untuk Anda yang penikmat efisiensi. Demikian kiranya 3 parameter utama kala memilih vacuum cleaner yang paling pas untuk kebutuhan bersih-bersih rumah Anda.

Tingkat Kebisingan

Pilihlah vacuum cleaner dengan tingkat kebisingan yang cukup rendah agar tidak mengganggu kenyamanan Anda  di rumah. Tingkat kebisingan yang rendah menjadikan anda lebih leluasa membersihkan rumah dan tidak cepat bosan ataupun malas untuk menggunakan Vacuum cleaner anda. Rumah menjadi bersih serta suami dan anak anda menjadi betah berlama – lama dirumah karena rumah anda yang selalu bersih.