8 Komentar
5 Penyebab Kulkas Anda Cepat Rusak

Kulkas adalah alat untuk menyimpan makanan agar makanan tahan lama, kebanyakan sebagian orang memasukan makanan dan minuman terlalu banyak dan juga kebersihan kulkas sangat kecil untuk di perhatikan, Menyimpan bahan makanan di dalam kulkas harus disesuaikan dengan tempatnya. Karena kulkas memiliki fungsi masing-masing. Agar lemari es tetap awet, berikut beberapa kesalahan umum yang sebaiknya anda hindari :

1.Terlalu Penuh

Menyimpan banyak makanan yang penuh bukan solusi yang baik, kemudian dengan mudahnya disimpan di dalam kulkas. Agar tetap efisien, berikan ruang agar tetap dingin,dan tanpa udara dingin makanan akan cepat rusak, Isilah kulkas secukupnya.

2. Pintu Kulkas

Bagian pintu kulkas tidak seperti lemari biasa, karena pintu kulkas memiliki sepotong karet untuk menutupnya dan fungsinya adalah menjaga suhu dingin di dalam kulkas agar tidak keluar, permasalahannya adalah anda terlalu banyak menaruh makanan di pintu kulkas. Dengan demikian, udara dingin akan keluar lewat sela pintu.

3. Suhu Udara

Pintu kulkas yang terbuka lebar membuat udara di dalamnya keluar. anda pasti mengetahui lemari es membutuhkan banyak tenaga listrik sehingga akan banyak es membeku di bagian luar freezer. jika pintu kulkas terbuka selama satu menit, maka suhunya otomatis perlahan akan menghilang dan  makanan akan cepat rusak. Untuk menghasilkan suhu yang baik, maka biarkan suhu kulkas naik hingga satu sampai dua jam untuk mencapai zona yang tepat.

4. Makanan Panas

kulkas yang dimasukkan makanan panas,akan cepat rusak dan perlu anda ketahui jika suhu diatas 4,4 derajat celcius bakteri akan berkembang dengan cepat dan makanan tidak baik untuk dimakan. Untuk menyimpan makanan panas maka lakukan pendinginan terlebih dahulu dan pindahkan ke wadah kecil. Cara ini akan mensirkulasikan udara lebih banyak.

5. Pembersihan

Dalam membersihkan kulkas harus dilakukan secara rutin, karena bakteri yang ada di dalam kulkas bisa mencemari makanan lain sehingga tidak bisa bisa digunakan dan pembersihan kulkas haruslah dilakukan seminggu sekali.

Diskusi & Pertanyaan (8)
Afif
24 April 2019
Kulkas tidak menyalah setelah stop kontak di cabut tetapi belum di tekan tombol off
Official Admin
Selka.id
24 May 2019
Langsung di service aja gann Terimakasih atas kunjunganya :)
Lalu Widiarsa
17 April 2019
apabila kulkas tidak dihidupkan terlalu lama, apakah cepat rusak?
Official Admin
Selka.id
24 May 2019
Kulkas adalah alat yang sangat mudah rusak jika tidak dialirkan listrik. Kalau memang ingin mencabut aliran listrik pada kulkas, setidaknya setengah blan sekali, biarkan kulkas dialirkan listrik beberapa jam agar tidak rusak Terimakasih atas kunjungannya :)
Nurlaila
14 March 2019
Lemari es lg pintu dua sering dimatiin hanya seminggu sekali, berhubung sy ada dirumah seminggu sekali
Official Admin
Selka.id
24 May 2019
Selamat Pagi gann, Berikut beberapa cara membersihkan kulkas - Bersihkan dengan seksama kulkas anda dari debu meski masih baru. - Segera pasang perlengkapannya seperti rak, kotak es, dll, pada tempatnya. - Hindari lokasi yang lembab maupun terkena sengatan matahari langsung. -Berilah jarak 1 inchi atau lebih dari dinding, 10 inchi atau lebih jarak dari bagian atasnya, dan minimal 2,5 cm dari lantai. Karena hal demikian bermanfaat bagi sirkulasi udara pada kulkas anda. - Sebaiknya hubungan listrik kulkas lewat stop kontak tunggal. Karena mencegah alat listrik lain maupun lampu rumah anda dari beban yang dapat membuat listrik turun. Saat pertama kali digunakan, putar pengatur suhu pada posisi 1. Biarkan kulkas anda beroperasi tanpa beban selama 2-3 jam untuk menstabilkan suhu operasinya. Jika pengoperasian tersebut terganggu/terputus karena listrik maka tunggulah 5 menit sebelum anda menyalakan kembali. Terimakasih telah berkunjung di website kami
Putra Fandela
21 November 2017
Ternyata beberapa penyebab diatas yang bikin kulkas saya jadi rusak. Saya baru tau. Makasih ya gan, dengan membaca artikel agan saya ga akan mengulangi kesalahan yang sama:)
Official Admin
Selka.id
24 May 2019
Terimakasih atas kunjungannya ke website kami :)