71 Komentar
5 Keunggulan AC Multi Split Daikin Inverter

AC Split biasa kan hanya bisa 1 : 1, jadi 1 indoor konek dengan 1 outdoor juga, ini bisa menjadi masalah untuk rumah yang memiliki banyak outdoor. Misalnya saja 3 AC berarti harus juga terdapat 3 outdoor yang memakan tempat.

Apalagi untuk apartemen yang space outdoornya cenderung terbatas, selain tidak akan muat juga secara penampilannya jadi kurang menarik.

Tidak semua toko elektronik bisa menjual produk AC Multi Split, karena selain butuh pengetahuan produk yang baik, juga beberapa principal brand selektif dalam memilih dealer-dealer khusus. Biasanya yang menjual adalah toko elektronik yang spesialis AC.

Menggunakan AC Multi S secara biaya jadi jauh lebih murah, daripada beli AC secara satuan. Selain itu secara penggunaan lebih irit karena sudah berteknologi inverter.

Untuk pemilihan kombinasinya bisa berdasarkan kebutuhan ruangan anda, bisa dikombinasikan mulai dari 1/2 PK - 2 PK untuk indoornya, kamu bisa memilih sendiri kombinasinya menggunakan tools bantuan Multi Split Mix & Match.

Apa Saja Keunggulan AC Multi Split Daikin Inverter?

Berikut 5 Keunggulan jika anda menggunakan AC Multi S Daikin

  • Lebih murah daripada beli 2 unit AC Daikin Inverter secara terpisah
  • Hemat tempat outdoor, sirkulasi udara outdoor juga jauh lebih efektif cocok untuk tempat yang terbatas untuk peletakan outdoornya
  • Menggunakan teknologi inverter hemat listrik
  • Low Watt Mode 2 Step, Yaitu Mode 650 Watt dan 380 Watt sehingga tagihan listrik bisa terkontrol dan tidak jebol
  • Panjang Pipa maksimum 35m 

AC Multi S Merk Daikin 2 Connection Inverter Hemat Listrik

Untuk Kombinasi 1/2 PK + 1/2 PK, Jika nyala bersamaan maka watt maksimum adalah 980 Watt. Jika hanya satu AC nya yang menyala secara otomatis AC yang 1/2 PK ini bisa terupgrade sampai maksimal kekuatannya menjadi 3/4 PK dengan maksimal di 660 Watt.

Untuk Kombinasi 1/2 PK + 3/4 PK, Jika nyala bersamaan maka watt maksimum adalah 1.030 Watt. Jika hanya 3/4 PK yang menyala maka secara otomatis AC yang 3/4 PK ini bisa terupgrade sampai maksimal kekuatannya menjadi 1,25 PK dengan maksimal di 860 Watt.

Watt minimum penggunaan AC ini adalah 190 Watt saat digunakan dengan beban yang minimal. Untuk Multi Split Daikin 2 Koneksi hanya ada 2 macam kombinasi seperti di atas ya, tidak ada kombinasi lain. Khusus untuk multi Split Daikin 2 connection hanya ada 1 tipe outdoor yaitu 2MKC30QVM4. 

Jika anda menemukan kombinasi lain untuk 2 Koneksi diatas, itu sebenarnya adalah Multi S Daikin 3 connection yang hanya dihubungkan dengan 2 indoor, dan 1 sambungan dibiarkan tidak tersambung. Nah khusus untuk kombinasi seperti ini, tipe outdoornya menggunakan tipe outdoor yang 3 connection dan juga tipe indoornya menggunakan tipe indoor 3 connection.

AC Multi Split Daikin 3 Connection Inverter Hemat Listrik

Memilih AC Multi Split Daikin 3 Koneksi sedikit berbeda, karena sistemnya Mix and Match antara indoor dengan outdoornya. Simpelnya begini, anda tentukan dulu kebutuhan anda 3 ruangan ini masing - masing berapa PK. Baru nanti keluar hitungannya perlu menggunakan outdoor yang tipe 2 PK atau 3 PK.

Kapasitas indoor yang tersedia mulai dari 1/2 PK - 2 PK, semuanya sudah menggunakan teknologi inverter sehingga prinsip kerjanya kurang lebih sama seperti Multi Split 2 Connection.

Seperti disebutkan sebelumnya diatas, bisa saja jika anda tidak menggunakan keseluruhan 3 koneksi, dan hanya menggunakan 2 koneksi saja. Dengan menggunakan hanya 2 koneksi, anda dapat memiliki varian kombinasi yang lebih luas daripada menggunakan outdoor yang 2 koneksi. Karena varian 3 koneksi memungkinkan Indoor yang tersedia mulai dari 1/2 PK - 2 PK.

Outdoor untuk Multi Split 3 koneksi terdapat 2 tipe yaitu, Outdoor dengan kapasitas 2 PK dengan tipe MKC50RVM4 dan dengan kapasitas 3 PK dengan tipe MKC70RVM4.

Tipe indoor untuk 3 koneksi yaitu, CTKC15RVM4 dengan kapasitas 1/2 PK, CTKC20RVM4 dengan kapasitas 3/4 PK, CTKC25RVM4 dengan kapasitas 1 PK, CTKC35RVM4 dengan kapasitas 1,5 PK dan CTKC50RVM4 dengan kapasitas 2 PK.

Contoh kombinasi umum untuk Multi S 3 Koneksi adalah MKC50RVM4 (1/2 PK + 1/2 PK + 1/2 PK) yang menggunakan 3 indoor CTKC15RVM4 dengan total kapasitas menjadi 1,5 PK.

Maksimal koneksi untuk Outdoor dengan kapasitas 3 PK, bisa menjalankan indoor sampai dengan kapasitas 4.5 PK. Disinilah salah satu letak keunggulan Multi S Daikin sehingga koefisien performanya bisa tinggi dan lebih menghemat biaya,

Untuk Pemilihan AC Multi Split 3 Connection, agak sulit kalau mengecek melalui halaman produk karena banyaknya kombinasi mulai dari 1/2 Pk - 2 PK. Karena itu menggunakan tools Multi Split Mix & Match bisa membantu kamu.

Informasi Penting Mengenai AC Multi S

Baik 2 connection maupun 3 connection, sama - sama hanya menggunakan 1 buah outdoor saja. Untuk itu hanya diperlukan bracket outdoor 1 buah saja. Untuk tipe 2MKC30QVM4, dan MKC50RVM4 bisa menggunakan bracket ukuran kecil yang biasa digunakan untuk AC 0,5 - 1 PK.

Sementara khusus untuk outdoor dengan tipe MKC70RVM4 harus menggunakan bracket ukuran lebih besar yang biasa digunakan utnuk AC 1,5 - 2,5 PK karena dimensi outdoornya lebih lebar dan lebih tebal ke dalam.

Kompressor inverter untuk tipe Daikin Multi S ini semuanya masih buatan asli dari pabrik Thailand, sehingga kualitasnya terjamin dan sangat efisien untuk menghemat pemakaian listrik.

Target market yang cocok untuk penggunaan AC multi Split ini cocok untuk anda yang :

  • Tinggal di apartemen atau lokasi dengan tempat outdoor yang kecil
  • Ingin menggunakan AC inverter lebih dari 1 indoor
  • Memiliki ruangan lebih dari 1 yang perlu ber-AC
  • Ingin merasakan teknologi terbaru dari Daikin

Jika ada berminat untuk membeli AC ini, silahkan infokan kebutuhan AC indoor anda berapa PK dan kami akan bantu hitungkan untuk total biaya berikut pemasangannya.

Follow IG @selka.id
Diskusi & Pertanyaan (71)
Informasi yang kamu berikan kami jamin keamanan & kerahasiaannya. Kami akan menggunakan saluran email hanya untuk keperluan komunikasi.
olly
06 September 2020
saya perlu 3 ac 1pk dan ingin memakai daiin multi split. apakah bisa dan apa tipe yg terbaik sehingga harganya tidak mahal?
Official Admin
Selka.id - desmi
07 September 2020
multi s kombinasi terbaiknya baru ada daikin aja kak kalo mau semua indoor maksimal kerja nya, kakak bisa pilih kombinasi dengan menggunakan outdoor mkc70 ya kak
Ahmad
11 August 2020
Kalo beli multi split, indoornya apakah sudah bisa auto swing horizontal ? Kalau belum apakah bisa membeli tipe indoor tersendiri seperti yg digunakan seri FTKC ?
Official Admin
Selka.id - desmi
12 August 2020
untuk produk multi s memang setara dengan ac split wall type ftkc ya kak jadi swing nya memang horizontal ya kak
steffi
21 July 2020
hallo min, sy mau coba pasang multi split, lt1 ruang tamu 33m2, lantai 2 , kamar anak 1 = 12 m2, kamar anak 2 = 16 m2, lt 3 kamar utama 25 m2, sy mau tanya 1. masing2 brp Pk dan bagaimana pembagian multi splitnya ya? bisa jadi 1 outdoor? atau 2 outdoor? 2. apakah ada jarak maksimal pipa ac ke outdoor kalau beda lantai kan pipa jd panjang, pengaruh ke dinginnya nggak ya? 3. apabila dinyalakan bersamaan setiap malam apakah unit outdoornya jd gampang rusak? 4.
Official Admin
Selka.id - desmi
21 July 2020
ruang tamu 33m2 bisa pakai ac 2pk kamar anak 1 = 12 m2 bisa pakai ac 3/4pk kamar anak 2 = 16 m2 bisa pakai ac 1pk kamar utama 25 m2 bisa pakai ac 2pk kak 1. kakak bisa gunakan kombinasi ac 2pk + 1pk untuk kamar utama dan kamar anak 2 dan kakak bisa gunakan kombinasi 2pk + 3/4pk untuk ruang tamu dan kamar anak 1 2. untuk pipa tidak ada maksimal nya, namun jika penggunaan pipa lebih dari 10m untuk 1 indoor, maka harus di lakukan penambahan freon nya supaya tingkar dingin yang diinginkan tetap tercapai 3. untuk ac multi s memang sudah di set supaya bisa hidup keduanya, jadi masih aman ya kak, yang penting daya listrik dirumah kakak di perbesar supaya gak berpengaruh ke ac nya kak
Show All Comments
Pusat Panduan AC Terlengkap #1