0 komentar
5 Hal Tentang Lemari Es Ini Perlu Anda Ketahui

Di zaman Sekarang orang berlomba-lomba menciptakan teknologi terbaru dan mutakhir, Diantaranya adalah Lemari Es. Kini Lemari Es di sulap sedemikian rupa yang dulu hanya sebagai tempat menyimpan makanan agar tidak cepat rusak, Kini sudah memiliki fitur yang sangat canggih yang menjadikannya menjadi salah satu produk rumah tangga dengan banyak teknologi, dan disini saya akan berbagi kepada anda tips dan trik dalam memilih dan merawat Lemari Es.

1. Simpan Produk Kecantikan Ini Dalam Lemari Es

Apakah anda tahu bahwa produk kecantikan anda dapat disimpan didalam lemari es? Produk kecantikan anda dapat disimpan dilemari es agar lebih awet dan tidak cepat rusak.
     
Eyeliner yang sebelumnya telah disimpan dalam lemari es kurang lebih 10 menit akan memberikan anda hasil yang lebih baik untuk kelopak mata anda. Anda juga dapat memasukkan kedalam freezer jika anda sedang dalam keadaan buru-buru untuk menggunakannya.

Jika disimpan dilemari es produk ini akan lebih baik lagi dalam merangsang pembuluh darah serta menyamarkan kemerahan dan puffiness pada kulit.

Organic skincare biasanya tidak awet jika disimpan ditempat yang tidak sesuai, lebih baik disimpan ditempat yang bersuhu dingin layaknya lemari es. Agar memperlambat proses pertumbuhan bakteri dan memperlama masa kadaluarsanya.

Fragrance akan lebih awet jika disimpan didalam lemari es, namun akan mempengaruhi aroma aslinya. Jadi jangan heran jika produk kecantikan yang anda masukkan kedalam lemari es tidak wangi lagi setelah didinginkan dalam jangka waktu lama.

Jika nail polish anda masukkan kedalam lemari es akan menjadi terpisah antara air dan bahan kimia yang ada didalamnya, itu membuat nail polish tidak akan sempurna tertata pada kuku anda. Sebelum menggunakan nail polish yang baru diambil dari lemari es kocok terlebih dahulu dan diamkan sebentar agar bahannya tercampur rata.

Lipstik yang biasanya anda simpan disuhu yang panas akan berubah menjadi cair dan itu dapat diatasi dengan cara menyimpannya selama satu jam pada area dalam pintu lemari es.

2. Menyimpan ASI Perah didalam Lemari Es

Banyak ibu-ibu yang tidak sempat menyusui anaknya, maka dari itu mereka melakukan cara dengan ASI perah. Namun salah satu kendalanya ASI tersebut jika tidak disimpan dengan benar akan cepat basi. Dan salah satu cara terbaik agar ASI tidak cepat basi ialah dengan menyimpannya didalam lemari es. Dengan suhu hingga 4 derajat celcius atau bahkan kurang ASI perah bisa bertahan 3-5 hari. Bahkan juga jika disimpan didalam freezer ( untuk lemari es 2 pintu) bahkan dapat bertahan hingga 3 bulan.

3. Lemari Es Yang Unik

Para ilmuwan di tokyo menemukan sebuah inovasi terbaru yang disematkan pada Lemari Es,yaitu terbuka jika si pengguna tersenyum ketika ingin membukanya. Para ilmuwan itu menyebut penemuan mereka itu dengan sebutan “The Happiness Counter“, The Happiness Counter diciptakan para ilmuwan Jepang dengan tujuan agar warganya agar selalu tersenyum setiap saat. Berbagai uji coba pun dilakukan untuk memastikan bahwa fitur ini berfungsi baik untuk digunakan sehari-hari dan para ilmuwan percaya dengan meningkatkan senyuman pada penggunanya akan menambah produktifitas kegunaan fitur tersebut.

4. Tips dan Trik dalam Merawat serta Membersihkan Lemari Es

Menyimpan makanan dalam Lemari Es tidak boleh seenaknya kita harus memperhatikan ukuran Lemari Es yang kita punya agar tidak terlihat berantakan, salah satunya dengan tidak menyimpan makanan dengan ukuran yang terlalu berat agar tidak merusak bagian dalam Lemari Es. Yang perlu di perhatikan adalah tidak memasukkan makanan maupun minuman yang panas kedalam Lemari Es karena itu dapat merusak Lemari Es anda.

Bersihkan juga kulkas anda dengan air secara rutin agar tidak kotor dan mengeluarkan bau yang tidak enak akibat ada makanan yang sudah tidak segar didalam Lemari Es anda. Jika membuka Lemari Es jangan sesekali meninggalkan Lemari Es dengan keadaan terbuka atau tidak tertutup rapat karena akan merusak Lemari Es dan akan boros listrik. Meletakkan Lemari Es juga harus di tempatkan dengan baik dan jangan menempatkan Lemari Es di sebelah kompor karena dapat merusaknya.

Membersihkan Lemari Es anda dapat membuat Lemari Es anda menjadi awet dan lebih tahan lama. Bersihkan bagian Freezer yang sudah mengeras agar bagian freezer anda menjadi awet dan dinginnya maksimal dan jangan sesekali membersihkan bagian freezer yang sudah mengeras dengan pisau karena akan merusak lapisan dan merusak Lemari Es. Membersihkan kondesor juga menjadi salah satu hal yang penting, membersihkan kondesor dari debu dan kotoran, jika sudah berkarang akan merusak kondesor karena terhambatnya sistem pembuangan Hawa panas dari Lemari Es.

Cuka dan Baking soda merupakan salah satu cara yang baik untuk mencegah kotoran dan bakteri berada didalam Lemari Es anda serta mencegah bakteri berkembang biak dan menyebarkan penyakit. Membersihkan dengan cuka dapat di lakukan dengan menuangkan cuka pada sehelai kain bersih kemudian membersihkan bagian dalam Lemari Esnya, Baking Soda juga berguna untuk membersihkan jamur pada Lemari Es anda dengan cara menuangkan baking soda secukupnya pada wadah bersih dan mencelupkan sehelai kain lalu bersihkan bagian Lemari Es yang kotor dengan kain tersebut.

Mengatur suhu Lemari Es menurut kebutuhan karena kalau suhu Lemari Es rendah bila kita menempatkan Ikan atau Ayam akan menjadi bau. Jika terjadi pemadaman listrik, jangan terlalu sering menggunakan kulkas karena akan merusak kompresor dan menyebabkan kerusakan pada bagian tersebut. Memperhatikan jarak antara Lemari Es dengan dinding juga menjadi salah satu hal penting agar panas pada kondesor dapat keluar. Jarak yang ideal antara Lemari Es dengan Dinding antara 15 – 20cm.

5. Aneka Makanan yang Tidak Boleh Berada di dalam Kulkas

Banyak orang terkadang tidak tahu bahwa tidak semua makanan dapat di masukkan kedalam Lemari Es karena akan menyebabkannya menjadi bau dan tempat berkembang biaknya jamur dan bakteri.

Kopi bisa kehilangan rasa bila disimpan di dalam kulkas karena kopi menyerap berbagai bau,tempat menyimpan kopi adalah di dalam toples tertutup  karena kopi mengandung  senyawa cafein yang cukup tinggi sehinggamenimbulkan aroma yang tajam. Penyimpanan kopi yang baik adalah suhu yang bersuhu rendah.

Menyimpan buah-buahan di dalam Lemari Es juga harus memperhatikan tekstur dan ketahanan buah tersebut, jika asal memasukkan buah kedalam kulkas tanpa memperhatikan akan membuat buah tersebut cepat bau dan menyebabkan sayuran lain cepat busuk. Berikut buah-buahan yang dapat berubah tekstur dan cepat busuk jika di masukkan ke dalam Lemari Es, diantaranya : melon, durian dan alpukat.

Sayuran juga menjadi salah satu bahan makanan yang dapat membuat seluruh makanan di Lemari Es anda menjadi bau dan juga dapat menyebabkan sayuran dan bahan makanan lain menjadi cepat busuk. Berikut sayuran yang tidak boleh dimasukkan kedalam Lemari Es, diantaranya : bawang, kentang, tomat, daun mint, rosemary dan daun ginseng.

Sumber Artikel : Republika.co.id , Cosmopolitan.co.id
Sumber Gambar : Kompasiana.com , Solopos.com
Komentar Anda (0)