0 Komentar
4 Tips Meningkatkan Efesiensi Penggunaan AC Di Rumah Anda

Air conditioner atau AC adalah teknologi elektronik yang sejak lama digunakan masyarakat untuk mengurangi suhu udara yang kurang nyaman. Bukan hanya untuk mendinginkan suhu ruangan, AC juga digunakan untuk menetralisir ruangan steril seperti di rumah sakit, pabrik hingga ruangan lain yang memiliki tingkat kontaminasi udara terlalu buruk. Saat ini, AC sudah mulai menjadi kebutuhan pokok masyarakat seiring dengan meningkatnya suhu bumi dan bertambahnya kepadatan penduduk. Sehingga tak hanya kalangan atas, kalangan bawah pun sudah mulai melirik alat elektronik ini.

Permintaan pendingin ruangan yang meningkat membuat pihak produsen berlomba-lomba menciptakan inovasi teknologi terbaru yang disisipkan pada pendingin ruangan sehingga memiliki fitur-fitur menarik dan tentunya menguntungkan konsumen. Produk AC yang bermacam-macam tersebut ujung-ujungnya membuat konsumen menjadi bingung memilih yang mana. Ada yang mengacu pada harga murah, merk tertentu, fungsi, hingga kualitas. Maka dari itu, disini kami akan berbagi 4 tips tentang beberapa hal yang perlu kita pertimbangkan saat memilik alat elektronik pendingin ruangan yaitu AC.

1. Perhatikan Kondisi Instalasi Listrik

Yang pertama harus di cek sebelum membeli AC adalah instalasi listrik. Jangan sampai ketika kita terlanjur membeli AC ternyata listrik dirumah kita tidak sanggup mengangkat beban AC. Belum lagi jika terjadi konsleting listrik secara tiba-tiba ketika Anda baru mencoba AC, itu sangat penting untuk dicegah. Maka dari itu ada baiknya jika Anda berkonsultasi dengan ahlinya mengenai instalasi lisrtik di rumah Anda agar aman ketika AC baru terpasang.

2. Pertimbangkan Untuk Membeli AC Inverter

AC inverter adalah pendingin ruangan yang dilengkapi dengan teknologi terbaru dimana Anda dapat mengontrol besarnya pemakaian daya listrik AC tersebut. selain dapat lebih hemat listrik, AC juga dapat mendinginkan ruangan sesuai dengan kebutuhan ruangan saat itu dengan lebih cepat. AC inverter memang masih dipatok dengan harga yang sedikit lebih mahal, tetapi jaminan keamanan dan kenyamanan saat Anda menggunakannya juga lebih dari pada AC tanpa inverter.

3. Tentukan Letak Yang Tepat

AC terdiri dari dua bagian yang arus diletakkan terpisah yakni indoor dan outdoor. Indoor adalah bagian AC yang biasa terdapat didalam ruangan yang mengeluarkan udara segar. Sementara outdoor adalah bagian AC yang harus diletakkan diluar ruangan dan berfungsi sebagai pengatur utama AC indoor. Peletakan keduanya minimal harus berjarak 3m untuk mengurangi noise dan berbaliknya oli yang dapat terjadi apabila jarak keduanya terlalu dekat. Rencanakan pipa saluran pembuangan air agar jika terjadi kerusakan dapat dengan mudah dijangkau dan diservis.

4. Pilih Fitur Dan Model Sesuai Kebutuhan

Pada tips yang terakhir ini Anda harus benar-benar selektif didalam menilai. Pilihlah AC dengan fitur-fitur yang membawa dampak positif bagi tubuh seperti mampu mengikat kuman dan bakteri, melembabkan kulit, membunuh virus atau yang lainnya. Kemudian pilihlan model atau desain yang sesuai dengan tatanan ruangan rumah Anda agar tidak tampak terlalu kontras.

Dalam memilih alat elektronik terutama AC memang memerlukan sedikit kerewelan. Karena harapan kita alat elektronik yang kita pilih tentunya dapat digunakan dalam jangka waktu lama serta benar-benar memberikan kenyamanan sesuai yang kita harapkan. Maka dari itu jadilah konsumen yang cerdas agar tidak tertipu dengan harga mahal tetapi kualitas tidak memuaskan.

Diskusi & Pertanyaan (0)