0 Komentar
Wajib Baca Ini 7 Keunggulan dan Jenis Makanan yang Bisa Diolah Panci Presto

Anda pasti sudah familier dengan bandeng presto. Makanan ini diminati karena rasanya yang lezat dan mempunyai kandungan gizi tinggi. Selan itu, duri dalam ikan bandeng juga bisa dinikmati, jadi Anda tidak akan tersedak dan repot membuangnya satu per satu. Lantas, bagaimana cara membuat bandeng presto? Adalah panci pressure cooker atau panci presto yang berperan penting dalam proses mengolah bandeng.Panci presto mempunyai banyak keunggulan dibandingkan dengan peralatan masak lainnya. Apa saja kelebihan tersebut? Mari kita simak di bawah ini : 

1. Membunuh Mikroorganisme Jahat

Seperti halnya bandeng presto, kualitas makanan yang diolah dengan panci presto akan tetap terjaga. Malah peralatan memasak ini akan membuat makanan semakin sehat. Hal tersebut dikarenakan panci presto sanggup membunuh mikroorganisme jahat seperti virus dan bakteri yang mengancam kesehatan tubuh Anda. Temperatur tinggi yang dihasilkan panci presto berfungsi untuk melunakkan duri ikan serta tulang ayam. Bahkan rasanya tak kalah lezat dengan dagingnya.

2. Menjaga Kualitas Makanan

Meski menggunakan suhu tinggi, kandungan gizi, nutrisi, dan rasa makanan akan tetap terjaga. Anda juga hanya membutuhkan sedikt air dan waktu singkat saat memasak dengan panci presto. Banyak studi menyatakan kalau makanan yang dimasak terlalu lama dan terlalu encer akan menghilangkan kandungan gizi dan nutrisinya. Rasa dari sayuran, daging, atau ikan yang dalam waktu yang terlalu lama pun tidak akan enak lagi. Maka dari itu, panci presto hadir untuk mengatasi masalah tersebut. Sehingga menyantap makanan sehat dan nikmat bukan lagi khayalan semata.

3. Tidak Membuang Banyak Waktu

Seperti yang sudah disebutkan, Anda tidak akan membuang banyak waktu kalau menggunakan panci presto. Kecepatan memasak dari peralatan ini bisa mwncapai 70% lebih cepat dibandingkan dengan cara biasa. Anda yang sedang menghindari makanan berminyak pun dapat memakai panci presto. Peralatan ini juga tidak akan meninggalkan cipratan atau bekas minyak setelah Anda mengolah ikan atau ayam di dalamnya. Cukup praktis dan tidak boros air juga, bukan?

4. Keamanan Memasak yang Terjamin

Panci presto menggunakan desain yang menjamin keamanan saat memasak di dapur. Peralatan memasak ini menggunakan enam katup dan sistem ventilsai keselamatan. Sehingga Anda akan terhindar dari kecelakaan saat memakai panci presto. Kemudian, panci presto juga mempunyai mekanisme gasket serta pelepasan tekanan untuk mengeluarkan tekanan berlebih. Panci presto berbahan stainless steel juga tidak menuntut perawatan yang banyak.

5. Peralatan Masak yang Serbaguna

Panci presto bukan hanya bertugas untuk memasak saja. Anda bisa mengubah fungsinya menjadi oven, steamer, hingga loyang. Dengan perannya yang multifungsi, panci presto bisa menghemat pengeluaran Anda untuk peralatan dapur. Selain itu, Anda juga tidak akan kerepotan mengganti alat dapur kalau sedang menyediakan banyak hidangan. Sebab, panci presto sendiri sudah sanggup membuat makanan pembuka, makanan utama, hingga makanan penutup. Benar-benar alat masak yang diidamkan banyak orang.

6. Membuat Suhu Dapur Lebih Dingin

Suhu dapur akan semakin meningkat saat Anda melakukan aktivitas di sana dalam waktu lama. Apalagi kalau ventilasi dan penataan ruang di dapur Anda kurang baik. Hal itu bisa menyebabkan udara panas dari kompor atau panci naik ke atas dan terperangkap. Exhaust fan juga hanya bisa membuang sebagian udara panas tersebut. Masalah ini tidak akan terjadi kalau Anda memakai panci presto. Sebab, alat masak tadi sudah dirancang untuk mempertahankan panas di dalam panci. Jadi tidak akan terjadi kebocoran sama sekali dan membuat suhu dapur Anda lebih sejuk serta dingin.

7. Lebih Mudah Membersihkan Dapur

Dengan alat masak yang banyak, rasanya mustahil dapat mempertahankan kebersihan dapur dalam waktu lama. Tak terhitung berapa kali Anda harus membersihkan kompor, panci, wajan, dan alat masak lainnya dalam waktu sehari. Selain boros air, Anda juga bisa membuang waktu. Berbeda kalau Anda menggunakan panci presto untuk memasak. Seperti yang sudah tertera di atas, panci ini bersifat multifungsi. Sehingga Anda dapat mengolah makanan dengan cara berbeda dalam satu alat yang sama. Kotoran yang ada di dapur juga akan berkurang, jadi Anda tidak kerepotan lagi.

Jenis Makanan yang Dapat Diolah Panci Presto

Keberadaan panci presto melekat dengan bandeng presto bagi masyarakat Indonesia. Padahal, alat masak ini juga bisa mengolah berbagai aneka makanan. Sesuai dengan perannya yang multifungsi dan efisien. Selain itu, panci presto juga bisa dipakai oleh pemula maupun koki terkenal. Cara pakai yang mudah dengan berbagai keunggulan jelas dapat menjaring perhatian banyak peminat.

Jenis makanan pertama dan paling mudah berasal dari kategori rebusan dan kari. Bahan-bahan yang mudah ditemukan serta populer membuatnya gampang diolah dalam panci presto. Kemudian, ada jenis makanan dengan daging alot yang biasanya memakan makan waktu lama untuk dimasak. Jika Anda memakai panci presto, Anda akan memperoleh daging empuk dan enak dalam waktu singkat.

Suka camilan atau sayuran kukus? Panci presto dapat mengukus kacang kering, kentang, wortel, dan sayuran lainnya hingga kematangan sempurna dalam waktu cepat. Bukan hanya sayuran, Anda juga bisa mengukus atau merebus beragam jenis buah dengan panci presto. Pecinta makanan penutup pun dapat berkreasi membuat puding kukus hingga kue keju dengan alat serbaguna ini.

Menentukan Ukuran Panci Presto yang Sesuai

Ada banyak panci presto dengan berbagai ukuran yang beredar di pasaran. Anda bisa memilih panci dengan ukuran yang sesuai dengan kebutuhan. Hal ini dapat memaksimalkan hasil dari masakan, terutama kalau Anda ingin menggunakannya dalam bisnis kuliner. Tiga ukuran panci presto yang cukup terkenal di pasaran adalah ukuran empat, enam, dan delapan liter.

Panci presto empat liter sangat cocok bagi Anda yang sedang indekos atau masih lajang. Ukuran ini memungkinkan Anda untuk mengolah resep untuk porsi satu atau dua orang dengan baik. Panci presto enam liter adalah yang paling terkenal dan cocok dipakai untuk porsi keluarga kecil. Lantas, panci presto delapan liter bisa Anda pakai saat akan mengolah banyak makanan untuk pertemuan keluarga besar.